Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMROGRAMAN VISUAL II Agenda Perkuliahan :

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMROGRAMAN VISUAL II Agenda Perkuliahan :"— Transcript presentasi:

1 PEMROGRAMAN VISUAL II Agenda Perkuliahan :
Satuan Acara Perkuliahan (SAP) Kontrak Perkuliah an Aturan Perkuliahan Sistem Perkuliahan Materi Pengantar PV II

2 SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Satuan Acara Perkuliahan (SAP) Pemrograman Visual II.

3 KONTRAK PERKULIAHAN Presensi : 10% Tugas & latihan : 20% Quiz : 15%
UTS : 25% Tugas Akhir (UAS) : 30% _______________________+ TOTAL : 100 %

4 ATURAN PERKULIAHAN Sebisa mungkin tugas individu dikerjakan sendiri, jangan hanya copy paste dari teman Penilaian nilai tugas bersifat relatif. Benar tapi jika hanya copy paste maka nilai pasti kurang. Lebih baik Anda berusaha dengan kemampuan sendiri untuk melatih dan mengembangkan skill Anda Tidak diperkenankan memakai kaos dan sandal saat perkuliahan teori dan praktikum.

5 ATURAN PERKULIAHAN Mahasiswa minimal hadir 4x dari 6x pertemuan, sebelum dan sesudah UTS, jika <4 maka tidak dapat mengikuti UTS atau UAS. Sekalipun Anda diperbolehkan ikut oleh kampus, maka dosen tidak akan memeriksa hasil ujian Anda Jika tidak mengikuti ujian/ujian susulan, maka dosen tidak menyediakan tugas atau apapun sebagai pengganti nilai ujian Dosen tidak akan merespon pertanyaan tentang tugas melalui telepon/SMS. Tanyakan secara langsung jika ada tugas yang tidak dipahami.

6 SISTEM PERKULIAHAN Dosen menyampaikan Pengantar (Teori )
Praktek dan pembahasan - Contoh Code : Mahasiswa Mengetik ulang - Latihan Tahap 1 : Melengkapi Code yang tidak lengkap - Latihan Tahap 2 : Membuat Code berdasarkan result rogram Seluruh informasi perkuliahan, materi dan tugas akan di share di schoology.com Seluruh mahasiswa harus terdaftar dan join dalam grup kelas dengan kode MCNJK-83KZF

7 PENDAHULUAN C# adalah sebuah bahasa pemrograman dari Microsoft yang diluncurkan pada tahun 2000. C# adalah bahasa pemrograman berorientasi objek dan memiliki beberapa kemiripan dengan C++, Java, dan VB. C# memadukan kekuatan dan keefisiensian dari C++, kesederhanaan dan “kemurnian” OO dari java, dan penyederhanaan bahasa dari Visual Basic.

8 Keyword : namespace , using , class , main method, Console, //
namespace : Adalah sebuah tempat kumpulan (collection / bundle) dari kelas kelas yang saling terkait di C# using : “using” mengijinkan kita untuk menggunakan kelas yang mengikut namespace “System” berdasarkan code diatas (java : import) class : class adalah kombinasi dari data (fields) dan fungsi (methods) yang dapat dipergunakan pada data tersebut yang bertujuan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Setiap program di C# mengandung minimal satu class.

9 Keyword : namespace , using , class , main method, Console, //
Main : static void Main (string [] args) adalah signature standart dari main method di C#. Semua baris code di C# akan dieksekusi mulai dari baris pertama di main method Console : class console , terdiri dari berbagai method // : double slash adalah penanda awal comments, short cut: Ctrl + k + c dan Ctrl + k + u)

10 METHOD Method adalah bagian dari tubuh program yang mengimplementasikan suatu action sehingga class atau object dapat bekerja. Method diimplementasikan didalam class dan menyediakan informasi tambahan yang mana class tidak dapat menangani sendiri.

11 METHOD STATIC & NON STATIC
Method dapat didefinisikan lagi, yaitu : Method yang memiliki parameter kosong atau memiliki beberapa parameter. Method dapat mengembalikan nilai (kecuali yang bersifat VOID) Method Static : Hanya dapat diakses dari class. Method Non Static : Dapat diakses melalui instances.

12 MODIFIER Modifier adalah keyword yang digunakan untuk menspesifikasi deklarasi pengaksesan suatu member atau tipe. Ada 4 jenis modifier pengaksesan yang digunakan oleh C#, yaitu : Access Modifier Keterangan Public Tidak ada batasan. Member dapat diakses dari method manapun dari class manapun Private Member dari Class X hanya dapat diakses oleh method dari dalam Class X itu sendiri Protected Akses dibatasi pada classnya saja atau tipe yang diturunkan dari class. Internal Akses dibatasi pada satu project yang sama

13 JENIS ERROR (KESALAHAN)
Error (kesalahan) dalam pemrograman dibagi menjadi 3 kategori, yaitu : Syntaq Error Run Time Error Logical Error

14 EXCEPTION Exception adalah kondisi pengecualian. Exception digunakan sebagai sarana melaporkan kondisi-kondisi kesalahan. Exception menyediakan pembangkitan kesalahan serta cara menanganinya. Secara teknis exception adalah obyek yang merepresentasikan error yang muncul pada saat aplikasi dijalankan.

15 KEYWORD EXCEPTION HANDLING
C# menangani Exception yang melibatkan 3 kata kunci, yaitu: Try : memuat inti proses program (yang mungkin menghasilkan exception) Catch : blok yang akan menangani exception-exception yang dihasilkan oleh blok try Finally : berisi langkah-langkah yang harus selalu dijalankan, baik bila exception dihasilkan atau tidak catch dan finally tidak harus semua ada, tetapi minimal salah satu harus menyertai blok try


Download ppt "PEMROGRAMAN VISUAL II Agenda Perkuliahan :"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google