Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Surat Yunus : 101, surat Al Baqoroh : 164 dan surat / ayat lain yang terkait.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Surat Yunus : 101, surat Al Baqoroh : 164 dan surat / ayat lain yang terkait."— Transcript presentasi:

1 Surat Yunus : 101, surat Al Baqoroh : 164 dan surat / ayat lain yang terkait

2 Surat Yunus : 101 Katakanlah: "Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman".

3 Yang menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Tidak akan kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pengasih. Maka lihatlah sekali lagi, adakah kamu lihat sesuatu yang cacat ? (QS,67:3) Mengapa Allah memerintahkan kepada manusia untuk berjalan dan melihat apa-apa yang ada diatas bumi ? Apa alasan dan manfaatnya ?  Manusia senang berjalan-jalan ke tempat indah- indah untuk menghilangkan kejenuhan, stres, menjadikan fikiran lebih sehat kembali dll  Dengan berjalan dan melihat-lihat apa yang ada diatas bumi akan : omenambah wawasan pengetahuan omenambah pengalaman omendapatkan inspirasi untuk menciptakan hasil karya omenyadarkan manusia akan kebesaran Allah omenghilangkan kesombongan omenjadikan manusia semakin beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

4 Bagaimana ekspresi anda ketika berjalan dan melihat apa yang ada diantara langit dan Bumi ?

5 MAKA APABILA LANGIT TELAH TERBELAH DAN MENJADI MAWAR MERAH SEPERTI (KILAUAN) MINYAK MAKA NIKMAT TUHANMU YANG MANAKAH YANG KAMU DUSTAKAN (QS, 55: 37 )

6 • DARI PERUT LEBAH ITU KELUAR MINUMAN (MADU) YANG BERMACAM-MACAM WARNANYA, DIDALAMNYA TERDAPAT OBAT YANG MENYEMBUHKAN BAGI MANUSIA. SUNGGUH PADA YANG DEMIKIAN ITU BENAR-BENAR TERDAPAT TANDA (KEBESARAN ALLAH) BAGI ORANG YANG BERFIKIR • (AN-NAHL : 16:69)

7 YANG MENCIPTAKAN TUJUH LANGIT BERLAPIS- LAPIS. TIDAK AKAN KAMU LIHAT SESUATU YANG TIDAK SEIMBANG PADA PENCIPTAAN TUHAN YANG MAHA PENGASIH. MAKA LIHATLAH SEKALI LAGI, ADAKAH SESUATU YANG CACAT ( AL-MULK, 67:3 )

8 Mengapa ayat Allah dan peringatan Rosul itu tidak berguna bagi orang yang tidak beriman ? Mereka memang telah kafir dan tidak percaya kepada Allah dan Rosulnya Mereka tidak percaya pada Alqur’an sebagai pedoman hidup bagi manusia Hati mereka mungkin sakit, telah mati /tertutup sehingga tidak bisa menerima semua kebanaran yang datang dari Allah dan RosulNya

9 Bagaimana cara membuka hati mereka agar percaya kepada ayat-ayat Allah ? Kewajiban kita hanyalah berdakwah / menyampaikan informasi tentang ayat- ayat Allah, apakah mereka akan percaya / tidak, terserah kepada mereka Cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan berdiskusi untuk mencari kebenaran yang sesungguhnya

10 Pelajaran yang dapat diambil dari surat Yunus : Gunakan fikiran, hati dan perasaan kita dengan baik agar mampu menangkap tanda-tanda kebesaran Allah yang ada diatas bumi. perhatikan ayat berikut : surah Al a’rof 179 Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk isi neraka Jahanam kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.

11 2.Adanya perasaan tidak percaya, keraguan dalam hati akan membuat ayat-ayat Allah dan peringatan Rosul menjadi tidak berguna. 3. Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah agar manusia selalu berada di jalan yang benar 4. Sebagai orang yang beriman harus mampu menunjukkan ekspresi yang baik ketika berjalan dan melihat fenomena yang terjadi di alam ini

12 LKLK Surat Al Baqoroh : 164 Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering) -nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; Sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.

13 Isi Surat Al Baqoroh : Penciptaan langit dan bumi 2.Pergantinya malam dan siang 3.Bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia 4.Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya 5.Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan 6.Pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi Itu semua merupakan tanda-tanda kebesaran Allah yang hanya mampu ditangkap bagi orang yang berfikir !

14 Setiap Kebesaran Allah yang ditunjukkan pada manusia ada manfaat yang bisa diambil Dengan penciptaan langit dan bumi apa manfaatnya ?, teknologi apa yang bisa diciptakan oleh manusia ? Dengan pergantian siang dan malam, apa manfaatnya ? teknologi apa yang bisa diciptakan oleh manusia? Dengan Bahtera yang berlayar di lautan, apa manfaatnya ? teknologi apa yang bisa diciptakan oleh manusia?

15 Dengan Allah menurunkan air hujan dari langit apa manfaatnya ?, teknologi apa yang bisa diciptakan oleh manusia ? Dengan diciptakan dan disebarkannya berbagai binatang di Buni, apa manfaatnya ? teknologi apa yang bisa diciptakan oleh manusia? Dengan pengisaran angin antara langit dan bumi, apa manfaatnya ? teknologi apa yang bisa diciptakan oleh manusia?

16 Dari surah Al Baqoroh 164 manusia didorong untuk : Menggunakan kemampuan ilmu pengetahuan yang dimiliki agar mampu menjelajah keseluruh penjuru langit dan bumi. Menjadi orang yang berilmu pengetahuan dan berwawasan luas Hai jemaah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan. ( S. Ar Rahman : 33 )


Download ppt "Surat Yunus : 101, surat Al Baqoroh : 164 dan surat / ayat lain yang terkait."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google