Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Metaphoric Personal Transformation Model (MPT Model)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Metaphoric Personal Transformation Model (MPT Model)"— Transcript presentasi:

1 Metaphoric Personal Transformation Model (MPT Model)

2 Metaphoric Personal Transformation Model Basic Assumptions “Segala sumber daya telah tersedia di dalam diri.” “Setiap orang dalam keadaan berdaya di setiap saat dan di dalam segala keadaan.” Initial State “Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun, dan demi bukit Sinai, dan demi kota (Mekah) ini yang aman, sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik- baiknya.“ At-Tiin:1-4 All Time State “Sungguh menakjubkan perkara seorang mukmin. Semua perkara (yang menimpanya) adalah kebaikan baginya dan tidaklah hal ini terjadi kecuali hanya pada diri seorang mukmin. Jika dia tertimpa kebahagiaan dia bersyukur maka hal ini adalah baik baginya. Dan jika tertimpa musibah dia bersabar maka itu juga baik baginya.” HR. Muslim Potential State “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): ‘Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.’“ Ali Imran: “

3 SUCCESS DEFINITION SUCCESS COMPONENTS Happiness Achievement Significance Legacy (Laura Nash and Howard Stephenson, Harvard Business School)

4 Penerimaan Rasionalisasi Personalisasi “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): ‘Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.’“ Ali Imran:

5 WHY METAPHOR Metaphor (Adalah...) Simile (Seperti...) Analogy (Sebagai...) “Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?” Al-An’am: 32 “Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui.” Al-Ankabut:64 “Sesungguhnya kehidupan dunia hanyalah permainan dan senda gurau. Dan jika kamu beriman dan bertakwa, Allah akan memberikan pahala kepadamu dan Dia tidak akan meminta harta-hartamu.” Muhammad:36

6 WHY METAPHOR Lebih Mudah Diterima Menguatkan Re-Framing dan Asosiasi Menguatkan Pikiran dan Perasaan Mengkreasi Makna Menciptakan Hidup Disosiatif yang Asosiatif "Jadilah engkau di dunia seperti orang asing atau musafir.” - HR Bukhari - ”Manajemen pikiran dan perasaan? Bukankah segala hal tentang manajemen adalah pikiran? Tepat sekali. Ketika seseorang memutuskan menjadi part of the solution, dirinya butuh meletakkan pikiran dan perasaan menjadi obyek di luar subyek pemiliknya.” - Manajemen Pikiran dan Perasaan: Halaman Motto - Life is manageable, success is measurable.

7 METAPHOR ELEMEN METAPHOR Tenor (Subyek Asal – Teritori - Hakikat) Vehicle (Kata atau Konsep – Map – Meta – Abstraksi – Nominalisasi - Transcendence) Connecting Verb (Kata Kerja Penghubung) Dimensi (Makna – Refleksi Balik – Ma’rifat)

8 METAPHOR Physical Metaphor Sensory Metaphor

9 PHYSICAL METAPHOR - BENDA Benda – Obyektifikasi (cinta... ide...) Orang – Personifikasi (penyakit itu memakan tubuhnya... pemandangan yang memberi kebahagiaan...) Representasi – Metonymy (dia otaknya... saya naik Kijang...)

10 PHYSICAL METAPHOR - RUANG Bentuk (Permukaan: dia lembut... Perubahan: melambai... Ukuran: berhati besar... Bobot: hidupnya berat...) Posisi Relatif (Ketinggian: merasa di atas angin... Jarak: muke lu jauh...) Containment (Di dalam: saya termasuk... Di luar: nggak banget... Di batas: kesabarannya habis... Transisi: sudah berlalu...) Pergerakan (Arah: menuju bahagia... Kecepatan/Percepatan: dia itu apa-apa ngebut... Jejak: bicaranya ngalor-ngidul... Superioritas: selangkah di depan...) Lain-Lain (pegang ujungnya... semuanya mengambang...)

11 PHYSICAL METAPHOR - WAKTU Konstruksi Internal (Bentuk: waktu itu seperti anak panah...) Waktu dalam Ruang (Garis Lurus: masa depan.. masa lalu... Di dalam: kini saatnya... Di luar: hampir tiba...Cakrawala: kemarin sudah menjauh...) Tingkat Kepentingan (hiduplah untuk hari ini... yang lalu biarlah berlalu...)

12 PHYSICAL METAPHOR - ENERGI POTENSIAL (kemarahannya adalah bom waktu...) Kinetik (setelah kejadian itu ia segera bangkit lagi...) Cahaya (otaknya memang cemerlang...) Panas (darahnya mendidih...) Magnet (dia itu sangat-sangat menarik...) Listrik (petir di siang bolong...) Atom (rasa seninya bersenyawa dalam lagu-lagunya...)

13 SENSORY METAPHOR - SENTUHAN Rasa (Emosi: saya rasa itu ide yang bagus... Genggaman: pegang kuat keyakinanmu... Hubungan: kata-katanya menyentuh kalbu...) Bentuk (ringan tangan... benang kusut...) Tekanan (memeras keringat...) Temperatur (suasananya semakin memanas...) Sakit (nyelekit amat ngomongnya...)

14 SENSORY METAPHOR - PENGLIHATAN Visibilitas (saya bisa melihat arah pembicaraanmu...) Pengertian (uraiannya mencerahkan...) Ketidakpastian (ini semua masih abu-abu...) Kompleksitas (tak semuanya hitam-putih... tapi penuh warna...) Kebaikan (cahaya hidupku...) Keburukan (hatinya sehitam malam...)

15 SENSORY METAPHOR - SUARA Kebaikan (nasehatnya adalah musik yang indah...) Energi (suaranya menggelegar...) Koherensi (semua pikiran ini hingar bingar... tim ini menjadi orkestra yang apik...)

16 SENSORY METAPHOR – CECAP - BAU Kebaikan - Cecap (rayuannya semanis madu...) Keburukan - Cecap (hidupnya dalam kepahitan...) Pilihan - Cecap (seleranya rendahan banget...) Intensitas - Cecap (jawanya medok banget...) Kebaikan - Bau (harumnya kemuliaan...) Keburukan - Bau (rencana busuk...) Makan – Bau (Pemasukan: santapan rohani... Pengeluaran: melepas hajat...)

17 CONTOH MPT MODEL REFERENSIATRIBUSI NamaTuan A Tujuan/Target/VisiMenjadi Pengusaha Garmen Sukses Beromzet Seratus Juta Rupiah per Bulan Current SituationKaryawan PT X Bergaji Rp 4 Juta Rupiah per Bulan, Menyambi Berdagang Busana Muslim dengan Pasar Teman Sekantor ProblemTidak Yakin Mampu Mencapai Impian, Khawatir Keamanan Penghasilan, Yakin Mampu Karena Berhasil Menambah Penghasilan Rp 2 Juta Rupiah per Bulan dari Berdagang Busana Muslim, Khawatir Istri yang Tidak Bekerja dan Anak Tiga Masih Sekolah SD

18 CONTOH MPT MODEL MODELLING Titik Penerimaan (Berlandaskan Asumsi Dasar) Tuan A Yakin Mampu Metaphor Kekuatan (Berlandaskan Potential State) Tuan A Memiliki Potensi Berupa Belief, Tapi Belum Direalisir. Tuan A Juga Memiliki Potensi Masa Lalu dan Sekarang, Tapi Belum Direalisir Di Masa Depan MetaphorPhysical Metaphor – Energi Energi Potensial Energi Listrik TenorTuan A dan Tujuannya VehicleListrik Memiliki Muatan Positif dan Negatif Connecting VerbJika Muatan Positif Bertemu dengan Muatan Negatif, Energi Listrik Melompat dari Positif ke Negatif DimensiMuatan Positif adalah Belief Tuan A, Muatan Negatif adalah Limiting Beliefs Tuan A

19 CONTOH MPT MODEL - VISUALISASI - Konsekuensi Personality 35 Kecerdasan MPdP CTB Model ++ Potensi (+) Empowering Beliefs Achievement Technology (Hard Skill) Potensi (-) Limiting Beliefs Lompatan? Ledakan? Aliran?

20 Inspiration: Anthony Robbins’s “Success Cycle”

21


Download ppt "Metaphoric Personal Transformation Model (MPT Model)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google