Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Clik Perkembangan Islam di Mekkah Substansi dan Strategi Dakwah Rasulullah Saw Periode Mekkah  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA Kelas X.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Clik Perkembangan Islam di Mekkah Substansi dan Strategi Dakwah Rasulullah Saw Periode Mekkah  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA Kelas X."— Transcript presentasi:

1

2 Clik Perkembangan Islam di Mekkah Substansi dan Strategi Dakwah Rasulullah Saw Periode Mekkah  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA Kelas X

3 MENU UTAMA IDENTITAS PROGRAM 1 PETA KONSEP MATERI BELAJAR TUGAS DAN SOAL 2 3 4

4 IDENTITAS PROGRAM KOMPETENSI DASAR Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Mekah. TUJUAN PEMBELAJARAN 1.Siswa dapat mengidentifikasi subtansi dakwah Nabi Muhammad saw. periode Mekah. 2.Siswa dapat menjelaskan strategi yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Mekah.

5 PETA KONSEP PERKEMBANGAN ISLAM DI MEKKAH SUBTANSI DAN STRATEGI DA’WAH RASULULLAH SAW DI MEKKAH STRATEGI DAKWAH RASULULLAH SAW SUBSTANSI DAKWAH RASULULLAH SAW MEKKAH

6 MATERI BELAJAR

7 STRATEGI DAKWAH RASULULLAH SAW PADA PERIODE MAKKAH 1. Dakwah secara sembunyi-sembunyi sembunyi-sembunyi 2. Dakwah secara terang-terangan terang-terangan

8 MATERI BELAJAR STRATEGI DAKWAH RASULULLAH SAW PADA PERIODE MAKKAH Dalam mensyiarkan agama Islam pada periode ini, beliau menggunakan : a.Dakwah secara sembunyi-sembunyi Yang mula-mula beriman kepada Allah SWT adalah : Istri beliau yaitu Siti Khodijah, Putra paman beliau yaitu Ali bin Abi Tholib, Budak dan sekaligus putra angkat beliau yaitu Zaid Bin Haritsah Kemudian dari sahabat beliau adalah Abu Bakar As-Shidiq yang kemudian disusul oleh sahabat-sahabat yang lain yaitu : Utsman bin ‘Affan, Zubair bin ‘Awwam, Sa’ad bin Abi Waqosh, Abdurrohman bin ‘Auf, Thalhah bin ‘Ubaidillah, Abi ‘Ubaidillah bin Jarrah, Fatimah binti Khaththab, Sa’id bin Zahid Al ‘Adawi Karena mereka dalam mengimani tentang Allah SWT adalah yang pertama kali, maka mereka disebut dengan Assabiqunal Awwaluun. Mereka mendapat pelajaran tentang Agama Islam adalah dari Rasulullah SAW sendiri yang dilakukan di rumah sahabat Arqam bin Abil Arqam.

9 MATERI BELAJAR STRATEGI DAKWAH RASULULLAH SAW PADA PERIODE MAKKAH b.Dakwah secara terang-terangan Firman Allah Q.S. Al Hijr ayat 94 yang intinya memerintahkan kepada Nabi untuk mensyiarkan Islam secara terang-terangan, maka mulailah beliau mengajak secara terang-terangan kepada penduduk Makkah agar menyembah Allah SWT. Dengan cara dakwah ini mulailah Nabi dan agama Islam yang beliau sampaikan menjadi perhatian dan bahan pembicaraan masyarakat kota Makkah. Pada awalnya mereka menganggap dakwah beliau ini dianggap sebuah gerakan yang tidak mempunyai dasar dan tujuan yang benar sehingga mereka bersikap acuh kepada beliau dan ajarannya. Namun seiring dengan perjalanan waktu dakwah beliau tidak semakin surut, bahkan pengikut beliau semakin bertambah banyak. VIDEO

10 TUGAS DISKUSI KELOMPOK masing-masing peserta didik mengkaji/mencermati teks bacaan yang telah diberikan “tentang substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Mekah, lalu cari permasalahan untuk didiskusikan.

11 SOAL Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar ! 1.Apakah inti dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah ? 2.Bagaimana strategi dakwah Rasulullah SAW di Mekkah? 3.Sebutkan 5 orang yang mendapat gelar Assabiquunal awwaluun ! 4.Bagaimana sikap orang kafir Qurasy menyambut da’wah Rasulullah secara terangan-terangan ? 5.Tuliskanlah surat Al-Qur’an yang berkaitan dengan perintah berda’wah secara terang-terangan dan terjemahnya !

12 TUGAS INDIVIDU INTERNALISASI Isilah pernyataan-pernyataan berikut ini dengan jujur sesuai dengan kenyataan yang ada pada dirimu dengan memberikan tanda ( V ) pada kolom yang tersedia dan berikan alasannya !

13 TUGAS INDIVIDU INTERNALISASI BUDI PEKERTI ISLAMI Jawaban NoPernyataan SetujuTidak SetujuTidak tahu 1.Dakwah hendaknya dilakukan dengan bijaksana, pengajaran yang baik, dan bertukar pikiran yang baik pula. 2.Sebelum menyuruh orang lain berbuat baik, hendaknya dirinya sendiri harus menjadi orang baik 3.Kekerasan orang lain terhadap diri kita, hendaknya dibalas dengan kekerasan 4.Muslim yang suci jiwanya tidak akan bersikapsombong dan pendendam 5.Menyembah kepada selain Allah SWT, termasuk perbuatan syirik yang harus kita jauhi

14 شكرا الى للقاء CLIK DISIKO NAK BALE’ KE GENA UTAMO CLIK DISIKO NAK BALE’ KE GENA UTAMO والسلام


Download ppt "Clik Perkembangan Islam di Mekkah Substansi dan Strategi Dakwah Rasulullah Saw Periode Mekkah  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA Kelas X."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google