Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kompetensi Dasar Mahasiswa mengenal beberapa sahabat yang dijamin masuk surga Mahasiswa memahami sebab sahabat dapat dijamin masuk surga.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kompetensi Dasar Mahasiswa mengenal beberapa sahabat yang dijamin masuk surga Mahasiswa memahami sebab sahabat dapat dijamin masuk surga."— Transcript presentasi:

1

2 Kompetensi Dasar Mahasiswa mengenal beberapa sahabat yang dijamin masuk surga Mahasiswa memahami sebab sahabat dapat dijamin masuk surga

3 10 Sahabat yang Dijamin Masuk Surga “Wahai Aisyah, inginkah engkau mendengar kabar gembira?” Aisyah menjawab, “Tentu, Ya Rasulullah” Lalu baginda Nabi SAW bersabda, “Ada 10 orang yang mendapat kabar gembira masuk surga, yaitu (1) ayahmu masuk surga dan kawannya Ibrahim; (2) Umar masuk surga dan kawannya Nuh; (3) Utsman masuk surga dan kawannya aku; (4) Ali masuk surga dan kawannya Yahya bin Zakariya; (5) Thalhah masuk surga dan kawannya Dawud; (6) Azzubair masuk surga dan kawannya Ismail; (7) Sa’ad bin abi Waqqash masuk surga dan kawannya Sulaiman; (8) Said bin Zaid masuk surga dan kawannya Musa bin Imran; (9) Abdurrahman bin Auf masuk surga dan kawannya Isa bin Maryam; (10) Abu Ubaidah ibnul Jarrah masuk surga dan kawannya Idris ‘alaihissalam” Abdurrahman bin AufAbu Ubaidah ibnul Jarrah

4 Abdurrahman bin Auf Potret entrepreneur muslim ulung Direkrut oleh Abu Bakar Dipersaudarakan oleh Rasulullah dengan Sa’id bin Rabi’ Al Anshari Suatu hari Sa’id bin Rabi’ menyambut kedatangannya dengan ramah. Ia menawarkan kedermawanannya kepada Abdurrahman bin Auf seraya berkata, “Wahai saudaraku, aku ini adalah orang terkaya di Madinah. Aku telah membagi seluruh hartaku menjadi dua bagian. Silahkan kamu ambil mana yang terbaik sesukamu. Dan aku memiliki dua orang isteri. Coba kamu pertimbangkan baik-baik, mana di antara keduanya yang menarik kamu. Maka aku akan menceraikannya, lalu kamu nikahi ia” Sa’ad bin Rabi’ menawarkan itu dengan sungguh-sungguh, bukan main-main atau bercanda. Ia melakukan itu hanya demi mendapat ridha Allah dan Rasul-Nya. Namun Abdurrahman bin Auf menjawab, “Semoga Allah memberkahi harta dan isterimu. Aku tidak menginginkan apa-apa darimu. Tetapi tolong, tunjukkan aku di mana letaknya pasar” Dalam waktu yang relatif singkat, Abdurrahman bin Auf menjadi salah satu saudagar kaya di Madinah Al munawwarah. Orang-orang berkata, “Segenggam pasir di tangan Abdurrahman bin Auf, bisa berubah menjadi batangan-batangan emas.

5 Abu Ubaidah ibnul Jarrah Tokoh Quraisy yang masuk Islam sejak awal atas ajakan Abu Bakar Ash Shiddiq Ketika Rasulullah mempersaudarakan antara sahabat Muhajirin dengan sahabat Anshar, Abu Ubaidah dipersaudarakan dengan Sa’ad bin Mu’adz Al Anshari Membunuh ayahnya sendiri yang berperang di pihak kafir Quraisy dalam perang Badar Komandan pasukan dalam perang Dzul Qushshash Rasulullah memberinya gelar “Orang Kepercayaan Ummat” Menjadi Bendahara Negara pada masa pemerintahan Khalifah Abu Bakar Ash Shiddiq karena kepiawaiannya mengurus harta kaum muslimin Meninggal pada tahun 18 H/639 M karena wabah penyakit tha’un. Waktu itu beliau berusia 85 tahun.


Download ppt "Kompetensi Dasar Mahasiswa mengenal beberapa sahabat yang dijamin masuk surga Mahasiswa memahami sebab sahabat dapat dijamin masuk surga."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google