Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMROGRAMAN C DI LINUX DAN KOMPILASI PROGRAM C DI LINUX Praktikum Sistem Operasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMROGRAMAN C DI LINUX DAN KOMPILASI PROGRAM C DI LINUX Praktikum Sistem Operasi."— Transcript presentasi:

1 PEMROGRAMAN C DI LINUX DAN KOMPILASI PROGRAM C DI LINUX Praktikum Sistem Operasi

2 Pretest  Jelaskan secara singkat apa yang Anda ketahui tentang Bahasa Pemrograman C? (30)  Dalam sistem operasi Linux, terdapat compiler untuk Bahasa Pemrograman C. Apakah yang dimaksud dengan compiler? (30)  Tuliskan sebuah program sederhana menggunakan Bahasa Pemrograman C yang bisa menghitung luas persegi panjang! (40)

3 Persiapan  Text Editor  Compiler  Compiler adalah program yang mengkonversi source code menjadi bahasa mesin (biasa disebut object code atau machine code) sehingga dapat dimengerti langsung oleh CPU.  C compiler termasuk dalam GNU Compiler Colection (GCC), salah satu komponen penting dalam distribusi linux.  Untuk mengecek GCC pada sistem ketikkan gcc pada command line, jika pesan yang diterima berupa : "no input files" berarti gcc telah terinstall dan siap digunakan, jika tidak pesan yang diterima adalah "command not found"

4 Pembuatan Program  Pembuatan program C pada linux bisa dilakukan dengan menggunakan text editor, contohnya adalah VIM dan gedit. Hal yang perlu diingat adalah script program harus disimpan dengan nama.c. Contohnya namafile.c, agar script tersebut bisa dibaca sebagai program C.

5 Pembuatan Program

6 Kompilasi Program  Kompilasi dengan $ gcc namafile.c  Kompilasi dengan $ gcc -o namafile namafile.c  Kompilasi dengan makefile

7 Kompilasi dengan makefile  Buatlah script makefile, yang disimpan dalam folder yang sama dengan script program.  Contoh makefile :  CFLAGS = -g -Wall CC = gcc SRSC = namafile.c OBJS = namafile.o all: make make: $(OBJS) $(CC) $(CFLAGS) -o namafile $(OBJS)

8 Kompilasi dengan makefile  Setelah disimpan, jalankan terminal dan tuliskan perintah $ make all atau $ make namafile pada folder tempat makefile dan script program.

9 Menjalankan Program  Jika script tersebut sudah dikompilasi dengan cara $ gcc namafile.c, maka untuk menjalankan programnya adalah mengetikkan./a.out  Jika script tersebut dikompilasi dengan cara $ gcc -o namafile namafile.c atau dengan makefile, maka caranya adalah mengetikkan./namafile

10 Langkah-Langkah Praktikum  Buatlah sebuah folder untuk setiap percobaan yang dilakukan  Untuk membuat script, gunakan text editor (misalnya gedit). Pada nama file, diisikan.c. Misalnya ingin membuat file dengan nama contoh. File tersebut harus bernama contoh.c.  Letakkan Kode Sumber (.c) untuk setiap percobaan dimasing-masing folder.

11 Langkah-Langkah Praktikum  Untuk melakukan kompilasi, Lakukan untuk setiap percobaan, masuk ke setiap folder tersebut.  lakukan $gcc namafile.c, perhatikan apa yang terjadi, ada file apa saja yg tercipta di folder tsb  lakukan $gcc -o namafile namafile.c, perhatikan file apa yang terbentuk dalam folder tersebut  untuk mengkompilasi dengan make, buat 1 file dengan nama makefile, kemudian - tentukan aturan-aturannya di dalam file itu. kemudian setelah selesai, jalankan perintah $make. perhatikan apa yg terbentuk dalam folder tersebut

12 Latihan Praktikum  Perbaiki Script-Script di bawah ini, kompilasi dengan $gcc, #gcc –o, dan makefile  Dalam laporan sertakan script, script yang sudah diperbaiki, script makefile, screenshot program yang sudah diperbaiki, serta  Jelaskan perbaikan script yang dilakukan  Jelaskan perbedaan hasil kompilasi dari ketiga jenis kompilasi tersebut.

13 Latihan 1 #include main() { printf("Hello, world!\n"); return 0; }

14 Latihan 2 #include void main() { printf( ); system( ; ) }

15 Latihan 3

16 Latihan 4

17

18 Tugas Tambahan  Buatlah dan jelaskan sebuah program yang dapat menghitung luas dan keliling dari segitiga, persegi panjang dan lingkaran.  Buatlah dan Jelaskan sebuah program yang dapat menampilkan segitiga seperti berikut : * *** ***** bisa memasukkan tinggi sesuai keinginan,gambar diatas berati segitiga mempunyai tinggi 3.

19 Tugas Tambahan  Eksekusi program berikut dengan menggunakan make file dan berikan penjelasan : #include void main() { printf(‘’Files in Directory are: \n’’); execl(‘’/bin/ls’’,’’ls’’, ’’-l’’,0); }

20 Pengumuman  Tugas dikumpul 5 April  Jam waktu server.  Format seperti laporan modul sebelumnya.  Pengumpulan terlambat atau selain pada elearning tidak akan diperiksa.


Download ppt "PEMROGRAMAN C DI LINUX DAN KOMPILASI PROGRAM C DI LINUX Praktikum Sistem Operasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google