Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRODI S1 PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON TAHUN 2012 29-10-2012 HAKIKAT PENDIDIKAN SEKOLAH.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRODI S1 PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON TAHUN 2012 29-10-2012 HAKIKAT PENDIDIKAN SEKOLAH."— Transcript presentasi:

1 PRODI S1 PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON TAHUN HAKIKAT PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR Disusun Oleh : SAMALI: NIM TETI RAHMAWATI: NIM KUNAENI: NIM LAELIYAH: NIM WAHDANIAH : NIM

2 Hakikat Pendidikan Sekolah Dasar 1 Fungsi, Tujuan dan Karakteristik Pendidikan Sekolah Dasar 2 Peran Guru, Orang Tua dan Masyarakat Dalam Pendidikan` 3 Tatanan Organisasi Pendidikan Sekolah Dasar

3 1 Fungsi, Tujuan dan Karakteristik Pendidikan Sekolah Dasar HAKIKAT PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR KELOMPOK 2 KELAS B18 KONVERSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON TAHUN 2012 FUNGSI PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR mengacu Pada Fungsi Pendidikan Nasional yaitu “ Mencerdaskan Kehidupan Bangsa dan Mengembangkan Manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan nalar, keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, serta rasa tanggungjawab kebermasyarakatan dan kebangsaan. TUJUAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR Kurikulum Pendidikan Dasar 1993 yaitu “ Memberikan bekal kemampuan dasar baca-tulis-hitung, pengetahuan dan keterampilan dasar yang bermanfaat bagi siswa sesuai dengan tingkat perkembanganya, serta mempersiapkan mereka untuk mengkuti pendidikan di SLTP.

4 HAKIKAT PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR KELOMPOK 2 KELAS B18 KONVERSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON TAHUN 2012 LANJUTAN Siswa : Siswa SD adalah anak-anak yang berusia 6-12 tahun. Dari batas usia ini dapat kita ketahui bahwa siswa SD berbeda dari siswa SLTP atau SLTA, baik dari segi fisik maupun kemampuan mental. Anak-anak usia SD mempunyai kemampuan yang berbeda dari siswa satuan pendidikan lainnya. Guru : Berbeda dengan guru SLTP ataupun SLTA, guru SD adalah guru kelas. Setiap guru dituntut untuk mampu mengajarkan semua mata pelajaran di SD, kecuali Agama dan Penjaskes. Sejalan dengan itu, guru SD mengajar dari jam pertama sampai jam pelajaran terakhir. Dia bertanggung jawab penuh terhadap kelas yang dipegangnya,mulai dari kehadiran siswa sampai pemberian rapor. KARAKTERISTIK PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR

5 HAKIKAT PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR KELOMPOK 2 KELAS B18 KONVERSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON TAHUN 2012 LANJUTAN Kurikulum : Lama pendidikan SD adalah 6 tahun, yang dibagi menjadi 6 tingkat kelas. Sesuai dengan fungsi dan tujuan pendidikan SD maka pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika mendapat porsi terbesar. Hal ini tentu berbeda dengan kurikulum satuan pendidikan lain. Kurikulum SD menggunakan sistem semester dengan lama satu jam pelajaran 30 menit untuk kelas I dan II, serta 35 menit untuk kelas III sampai kelas VI. Di SD terdapat 9 mata pelajaran termasuk muatan lokal, yang dimulai dari kelas I sampai kelas VI. Pembelajaran : Untuk mendapatkan pembelajaran yang ideal, seorang harus berpegang pada tujuan dan karakteristik siswa SD. Ada beberapa karakteristik pembelajaran di SD diantaranya adalah kegiatan konkret, kegiatan manipulatif dan pembelajaran terpadu. Ketiga karakteristik pembelajaran di atas merupakan pencerminan dari tingkat perkembangan anak SD. Gedung atau Peralatan Pembelajaran : Gedung dan peralatan SD sangat bervariasi. Ada SD yang gedung dan peralatan belajarnya sangat sederhana, ada yang sedang-sedang saja bahkan ada yang cukup mewah, namun pada umumnya gedung SD terdiri dari 3-6 ruang kelas, dan satu ruang guru adapun gedung perpustakaan masih belum merata.

6 2 PERANAN GURU DALAM PENDIDIKAN Pembimbing adalah peran yang sangat menentukan. Sebagai pembimbing kita diharapkan mampu menjadi panutan, menjadi sosok yang patut digugu dan ditiru, menguasai berbagai teknik untuk memberikan bimbingan. Pengajar seorang sebagai pengajar, guru harus menguasai materi, strategi, perencanaan dan pelaksanaan Pembelajaran, agar mampu menjalankan peran sebagai pengajar dengan baik. HAKIKAT PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR KELOMPOK 2 KELAS B18 KONVERSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON TAHUN 2012 Peran Guru, Orang Tua dan Masyarakat Dalam Pendidikan` PERANAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN Tidak dapat dipungkiri bahwa peran orang tua sesuai dengan ketentuan GBHN yang menyatakan bahwa “pendidikan menjadi tanggungjawab bersama antara keluarga, sekolah dan masyarakat”. Dalam rangka penuntasan wajib belajar pada SD peran utama orang tua yang utama adalah memasukan anaknya yang berusia 6 tahun ke SD dan membantu penyelenggaraan pendidikan.

7 HAKIKAT PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR KELOMPOK 2 KELAS B18 KONVERSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON TAHUN 2012 LANJUTAN PERAN MASYARAKAT DALAM PENDIDIKAN Peran serta masyarakat dalam pendidikan SD sangat besar. Dalam Bab XIII Pasal 47 Undang-undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, berbunyi “ masyarakat sebagai mitra pemerintah berkesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan serta dalam penyelenggaraan pendidikan nasional”. Dalam pendidikan, masyarakat juga berperan sebagai donatur bagi berlangsungnya satuan-satuan pendidikan tertentu. Tentunya pengelola satuan pendidikan harus bekerja sama dengan masyarakat terutama pengusaha dan para dermawan, untuk memperoleh sumber dana dalam rangka perluasan kesempatan belajar dan peningkatan mutu pendidikan (PP Nomor 28 Tahun 1990, Pasal 27). Peran masyarakat yang tidak kalah penting lagi adalah mengidentifikasi anak usia SD yang belum disekolahkan.

8 3 INSTANSI YANG BERTANGGUNGJAWAB DALAM PENDIDIKAN Tatanan Organisasi Pendidikan Sekolah Dasar HAKIKAT PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR KELOMPOK 2 KELAS B18 KONVERSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON TAHUN 2012 Menteri Pendidikan, sebagaimana halnya satuan pendidikan yang lain, yang bertanggung jawab dalam pengelolaan pendidikan SD adalah Menteri Pendidikan dan kebudayaan. Hal ini sesuai dengan UU No. 2/1989 tentang “Sistem Pendidikan Nasional” Pasal 49 yang menyatakan bahwa “Pengelolaan sistem pendidikan nasional adalah tanggung jawab Menteri”.

9 Bagan Alur Organisasi Pendidikan di SD Menteri P dan K Kepala Kantor Wilayah Depdikbud Kepala kantor Depdikbud Kabupaten Kepala kantor Depdikbud Kecamatan Kepala Sekolah Dasar HAKIKAT PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR KELOMPOK 2 KELAS B18 KONVERSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON TAHUN 2012 LANJUTAN

10 KELOMPOK 2 KELAS B18 KONVERSI Mata Kuliah Kapita Selekta Pendidikan Sekolah Dasar AYO.... Karena Long Life Education


Download ppt "PRODI S1 PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON TAHUN 2012 29-10-2012 HAKIKAT PENDIDIKAN SEKOLAH."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google