Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENULISAN KARYA ILMIAH III. TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH A.Mengutip B.Membuat daftar rujukan C.Membuat tabel, grafik dan gambar.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENULISAN KARYA ILMIAH III. TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH A.Mengutip B.Membuat daftar rujukan C.Membuat tabel, grafik dan gambar."— Transcript presentasi:

1 PENULISAN KARYA ILMIAH III

2 TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH A.Mengutip B.Membuat daftar rujukan C.Membuat tabel, grafik dan gambar

3 TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH A. Mengutip Ada 2 cara mengutip yaitu: 1. Kutipan langsung 2. Kutipan tidak langsung

4 A. Mengutip 1. Kutipan langsung Mengutip pendapat/buah pikiran orang lain seperti aslinya. a. Kurang dari 40 kata Merupakan bagian dari teks dan ditulis diantara tanda kutip (“…..”) dengan diikuti nama pengarang, tahun dan halaman Mis: 1) “… naskah …” (Nasution, 2000:12). atau 2) Nasution (2000:12) menyimpulkan “ … naskah …”.

5 A. Mengutip 1. Kutipan langsung b. Lebih dari 40 kata Ditulis terpisah dari teks yg mendahului dan dimulai pd ketukan ke 6 dr tepi kiri dg spasi tunggal Misalnya: Nasution (2000:12) menyimpulkan sebagai berikut. Masalah harus dirumuskan dengan jelas dan ini dapat tercapai bila ……………………………….. ………………………………………………………

6 A. Mengutip 2. Kutipan tidak langsung Mengutip pendapat/buah pikiran orang lain dengan bahasa penulis sendiri  Dalam kutipan ini telah terjadi perubahan bahasa dari aslinya dan diutarakan dengan gaya bahasa penulis.  Untuk menunjukkan bahwa naskah tersebut kutipan, diikuti dengan nama pengarang dan tahun

7 A. Mengutip 2. Kutipan tidak langsung a. Nama pengarang disebut terpadu dalam teks Misalnya: Nasution (2000) tidak menduga bahwa mahasiswa semester kelima lebih aktif dalam berorganisasi dari mahasiswa semester ketujuh.

8 A. Mengutip 2. Kutipan tidak langsung b. Nama pengarang disebut dalam tanda kurung Misalnya: Mahasiswa semester kelima ternyata lebih aktif dalam berorganisasi dari mahasiswa semester ketujuh (Nasution 2000).

9 B. Membuat daftar rujukan  Urutan penulisan rujukan adalah: nama pengarang, tahun, judul, kota terbit, penerbit.  Penulisan pengarang diawali nama keluarga  Urutan penulisan dipisahkan dengan sparator dengan titik (.) atau koma (,).  Judul ditulis huruf miring (italic) atau garis bawah (underline)  Pada daftar rujukan, rujukan ditulis urut abjad nama pengarang  Jarak antar rujukan 2 spasi, sedang antar baris dalam 1 rujukan 1 spasi

10 B. Membuat daftar rujukan Contoh: Alexander, Shirley Teaching and Learning on the World Wide Web, (Online), (http://ausweb.scu.edu.au/aw95/education2 /alexander, diakses 26 February 2006).http://ausweb.scu.edu.au/aw95/education2 /alexander Baron A E and Orwig G W, 1995, Multimedia Technologies for Training: An Introduction, Englewood Cliffs,Libraries Unlimited Inc. Surendro, Kridanto Pengembangan Learning Content Management System yang Mendukung Peningkatan Efektifitas Proses Belajar Jarak Jauh. Jurnal Teknik Elektro, 5 (1):45-52.

11 C. Membuat tabel, grafik dan gambar Tabel  Sederhana dan dipusatkan pada satu ide pokok  Jika lebih dari setengah halaman, ditempatkan pada halaman tersendiri  Diberi identitas (nomor dan nama) di atas tabel  Nomor tabel ditulis dengan angka arab  Jika tabel lebih dari satu halaman, kepala tabel harus diulang pada halaman selanjutnya.

12 C. Membuat tabel, grafik dan gambar Tabel Tabel 1. Tingkat Motivasi Berprestasi Mahasiswa STIKOM Surabaya Tahun 2006 NONAMATK MOTIVASIKETERANGAN

13 C. Membuat tabel, grafik dan gambar Grafik dan gambar  Sederhana dan dipusatkan pada satu ide pokok.  Jika lebih dari setengah halaman, ditempatkan pada halaman tersendiri.  Diberi identitas (nomor dan nama) di bawah grafik/gambar.  Nomor grafik/gambar ditulis dengan angka arab.  Jika grafik/gambar lebih dari satu halalaman, kepala grafik/gambar harus diulang pada halaman selanjutnya.

14 C. Membuat tabel, grafik dan gambar Grafik dan gambar Gambar 1. Komponen Sistem LTSA

15 KAIDAH PENULISAN GAYA SELINGKUNG  Gaya selingkung adalah gaya penulisan yang berlaku pada suatu lingkungan  Setiap instansi boleh dan mungkin memiliki gaya selingkung sendiri  Untuk memudahkan kelanjutan dari karya ilmiah, biasanya gaya selingkung ini sudah disesuaikan dengan keperluan penulisan ilmiah.

16 KAIDAH PENULISAN GAYA SELINGKUNG  Format penulisan jurnal 10-Penulisan Karya Ilmiah II.ppt 10-Penulisan Karya Ilmiah II.ppt

17


Download ppt "PENULISAN KARYA ILMIAH III. TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH A.Mengutip B.Membuat daftar rujukan C.Membuat tabel, grafik dan gambar."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google