Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 13 Etika dan Kaidah Penulisan Laporan Penelitian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 13 Etika dan Kaidah Penulisan Laporan Penelitian."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 13 Etika dan Kaidah Penulisan Laporan Penelitian

2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Menjelaskan tentang Etika dan Kaidah Penulisan Laporan Penelitian. Menjelaskan tentang Kaidah Kutipan dan Catatan Kaki serta Penulisan Daftar Pustaka.

3 Outline Materi Etika Penulisan Kutipan dan Catatan Kaki Penulisan Daftar Pustaka.

4 Etika Penulisan Penulisan laporan penelitian perlu memperhatikan hai-hal berikut : Penulisan laporan penelitian ilmiah harus berisi hasil temuan dengan bukti yang lengkap. Penulisan laporan penelitian harus menyebutkan sumber data dan informasi yang jelas dan lengkap. Peneliti harus bersikap jujur terhadap temuannya dan jangan membesar-besarkan fakta atau pernyataan responden serta mencampurbaurkan antara fakta dan opini. Sebagai laporan ilmiah, penulisan laporan penelitian haruslah sistematis dan logis sehingga pembaca dapat memahaminya. Rekomendasi yang diberikan harus berdasarkan temuan dari studi yang dilakukan.

5 Kutipan dan Catatan Kaki ( 1 ) Kutipan dipakai untuk : 1) mengemukakan definisi atau pengertian istilah/konsep tertentu. 2) menguraikan suatu rumus/formula. 3) mengemukakan pendirian/pendapat seseorang. Beberapa Pedoman Dasar Kutipan : 1.Kutipan harus diletakkan di akhir kalimat, didalam tanda baca, contoh : Aspek sistem perpajakan tersebut sangat signifikan (Larsen, 1971). Atau dengan cara lain, nama keluarga penulis dapat digabungkan kedalam teks. Contoh : Larsen (1971) menyatakan bahwa aspek sistem perpajakan tersebut sangat signifikan. 2.Kutipan dapat ditulis dengan cara : (Cooper, 1999), atau (Cooper, 1999: 23) atau Cooper (1999) atau Cooper (1999: 23) tergantung bagaimana cara mengutip, apakah mencantumkan nomor halaman referensi atau tidak.

6 Kutipan dan Catatan Kaki ( 2 ) 3. Jika terdapat dua atau lebih penulis, gunakan tanda penghubung (&) di dalam kurung. Contoh : (Dunphy & Stace, 1990) atau Dunphy & Stace (1990). 4.Jika terdapat tiga penulis atau lebih, penulisan pertama kali sebutkan semua penulis, kemudian untuk penulisan berikutnya cukup tulisan nama pertama diikuti dengan et al. Contoh : Mc Taggart et al. 5. Jika sebuah publikasi tidak memiliki pengarang, gunakan nama organisasi sebagai pengarang. 6. Jika Anda mengutip pernyataan yang telah dikutip penulis lain, Anda perlu mentakan : (Carini, dikutip dalam Patton, 1990) 7. Dua atau lebih kutipan harus dituliskan sesuai urutan abjad dan dipisahkan, dengan tanda titik koma. Contoh : (Abrahamson, 1991; Daniels, 1990).

7 Kutipan dan Catatan Kaki ( 3 ) Menggunakan Catatan : 1.Jika Anda mengutip, kutiplah dengan kalimat dan tanda baca yang persis sama. 2.Jika Anda menghilangkan sebagian dari teks, tuliskan dengan menggunakan titik-titik di akhir kalimat. Contoh, tiga titik (…) 3.Jika Anda memasukkan kata-kata Anda sendiri, untuk menjadikan kalimat lebih jelas, tuliskan dengan menempatkan tambahan kata tersebut ke dalam kurung [ ] 4.Usahakan untuk tidak terlalu sering mengutip. 5.Hindari kutipan yang terlalu panjang 6.Gunakan tanda kutip untuk kutipan pendek. Contoh : Tarif merupakan “pajak untuk barang impor” (Arnott, 1986) 7.Cantumkan kutipan setelah catatan.

8 Kutipan dan Catatan Kaki ( 4 ) 8. Jika kutipan lebih dari 40 kata, tuliskan kutipan menjorok ke dalam dengan spasi tunggal dan tidak memakai tanda kutip. Menggabungkan Kutipan ke dalam Tulisan : Berikut ini adalah contoh bagaimana menggabungkan kutipan ke dalam tulisan, skripsi, tesis atau penelitian : Penemuan Russeli (1999), dengan jelas menunjukkan bahwa … McKenzie (1998) berpendapat bahwa … Briggs (1990) menyatakan bahwa … Seperti yang dilaporkan Walston (1997) … Seperti pendapat Black (1999) … Menurut Smith (1996) … Studi yang dilakukan oleh Chen (1993) mengidentifikasi bahwa …

9 Kutipan dan Catatan Kaki ( 5 ) Catatan Kaki : cara mengutip dimana sumber kutipan diletakkan di bagian bawah dari halaman ketikan (kaki halaman) Contoh : … Model-model tentang penggunaan tenaga kerja dlam usaha tani telah banyak dikembangkan seperti model tentang tenaga kerja upahan²dan tentang komponen-komponen tenaga kerja luar keluarga³. Pada catatan kaki ditulis sebagai berikut : / G.E, Schuch, An Econometric Investigation of the Market for Hired Labour in Agriculture, Jour, Farm Econ. Vol 44, May, 1962,pp / M.H. Yeh and L.K. Li, A regional Analysis of Supply and Demand for Farm Labour in Canada. Can Jour. Agric. Econ. Vol 14, 1966, pp

10 Penulisan Daftar Pustaka Pedoman Penulisan / Penyusunan Daftar Pustaka 1.Daftar Pustaka disusun sesuai urutan abjad berdasarkan nama keluarga. Tidak perlu diberi nomor urut. Tidak perlu memisahkan sumber menurut jenisnya (artikel jurnal, buku) 2.Nama penulis diketik rapat ke kiri, baris berikutnya diketik menjorok ke dalam. 3.Jika Anda memiliki dua buku atau artikel dengan penulis yang sama, maka buku atau artikel kedua dan seterusnya tidak perlu ditulis nama penulisnya lagi, tetapi cukup dengan memberi garis saja. 4.Jika Anda memiliki dua penulis dengan nama keluarga yang sama, gunakan inisial mereka. Contoh : Costello, P dan Costello, T. 5.Jangan mereferensi materi kuliah yang disampaikan secara lisan atau komunikasi personal.


Download ppt "Pertemuan 13 Etika dan Kaidah Penulisan Laporan Penelitian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google