Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Teknik Penulisan Kutipan. Teknik Mengutip Pengutipan dilakukan dengan menggunakan nama akhir dan tahun di antara tanda kurung. Jika ada dua penulis, pengutipan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Teknik Penulisan Kutipan. Teknik Mengutip Pengutipan dilakukan dengan menggunakan nama akhir dan tahun di antara tanda kurung. Jika ada dua penulis, pengutipan."— Transcript presentasi:

1 Teknik Penulisan Kutipan

2 Teknik Mengutip Pengutipan dilakukan dengan menggunakan nama akhir dan tahun di antara tanda kurung. Jika ada dua penulis, pengutipan dilakukan dengan cara menulis nama akhir masing-masing penulis tersebut Jika ada lebih dari dua penulis, pengutipan dilakukakan dengan cara menulis nama akhir penulis pertama diikuti dengan dkk.

3 Lanjutan Jika nama penulis tidak disebutkan, nama yang dicantumkan dalam kutipan adalah nama lembaga yang menerbitkan, nama dokumen yang diterbitkan, atau nama koran. Untuk karya terjemahan, pengutipan dilakukan dengan cara menyebutkan nama penulis aslinya. Rujukan dari dua sumber atau lebih yang ditulis oleh penulis yang berbeda dicantumkan dalam satu tanda kurung dengan titik koma sebagai tanda pemisahnya.

4 Cara merujuk kutipan langsung Kutipan kurang dari 40 kata - kutipan yang berisi kurang dari 40 kata ditulis di antara tanda (“…”) sebagai bagian yang terpadu dalam teks utama, dan diikuti nama penulis, tahun, dan nomor halaman. - nama penulis dapat ditulis secara terpadu dalam teks atau menjadi satu dengan tahun dan nomor halaman.

5 Nama Penulis Disebut dalam Teks secara Terpadu Contoh: Diem, dkk. (2007:224) menyimpulkan “Kebiasaan membaca dan belajar siswa dapat dikembangkan melalui penyediaan dan keteraksesan berbagai genre bahan- bahan cetak atau pun noncetak dan melalui pelatihan membaca pemahaman dan keterampilan belajar.”

6 Nama Penulis Disebut Bersama dengan Tahun Penerbitan dan Nomor halaman Contoh: Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah “Kebiasaan membaca dan belajar siswa dapat dikembangkan melalui penyediaan dan keteraksesan berbagai genre bahan-bahan cetak atau pun noncetak dan melalui pelatihan membaca pemahaman dan keterampilan belajar” (Diem, 2007: 224).

7 Jika Ada Tanda Kutip dalam Kutipan Digunakan Tanda Kutip Tunggal (“…”) Contoh: kesimpulan dari penelitian tersebut adalah “Terdapat kecenderungan semakin banyak ‘campur tangan’ pimpinan perusahaan semakin rendah rendah tingkat partisipasi karyawan di daerah perkotaan” (Soewigyo, 1991:101).

8 Kutipan 40 Kata atau Lebih Kutipan yang berisi 40 kata atau lebih dittulis tanpa tanda kutip secara terpisah dari teks yang mendahului, ditulis 1,5 cm dari garis tepi sebelah kiri dan kanan, dan diketik dengan spasi tunggal. Nomor halaman juga harus ditulis.

9 Contoh Akhadiah, dkk. (2006:1) mengatakan kegiatan menulis sebagai berikut. Kegiatan menulis merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam seluruh proses belajar yang dialami mahasiswa selama menuntut ilmu di perguruan tinggi…

10 Kutipan Sebagian Dihilangkan Apabila dalam mengutip langsung ada kata-kata dalam kalimat yang dibuang diganti dengan tiga titik. Contoh: “Dalam rangka otonomi pembelajaran di bidang pendidikan membaca, … keterampilan belajar dan keterampilan membaca pehaman itu sama pentingnya; …” (Diem, 2001:95).

11 Cara Merujuk Kutipan Tidak Langsung Kutipan yang disebut secara tidak langsung atau dikemukakan dengan bahasa penulis sendiri tanpa tanda kutip dan terpadu dalam teks. Nama penulis bahan kutipan dapat disebut terpadu dalam teks, atau disebut dalam kurung bersama tahun penerbitannya dan halamannya.


Download ppt "Teknik Penulisan Kutipan. Teknik Mengutip Pengutipan dilakukan dengan menggunakan nama akhir dan tahun di antara tanda kurung. Jika ada dua penulis, pengutipan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google