Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Aurino Djamaris Bakrie University.  Sebuah tugas pemrograman umum dapat dibagi menjadi dua tapah:  Tahap Pemecahan Masalah :  Menghasilkan urutan langkah-langkah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Aurino Djamaris Bakrie University.  Sebuah tugas pemrograman umum dapat dibagi menjadi dua tapah:  Tahap Pemecahan Masalah :  Menghasilkan urutan langkah-langkah."— Transcript presentasi:

1 Aurino Djamaris Bakrie University

2  Sebuah tugas pemrograman umum dapat dibagi menjadi dua tapah:  Tahap Pemecahan Masalah :  Menghasilkan urutan langkah-langkah yang menggambarkan solusi dari masalah  Urutan langkah-langkah ini disebut algorithm  Tahap Implementasi  implementasi program dalam bahasa pemrograman aurinodjamaris

3  Pertama membuat algoritma umum (misal menggunakan pseudocode)  Pertajam algoritma berturut-turut untuk mendapatkan langkah-langkah algoritma yang rinci yang sangat dekat dengan bahasa komputer.  Pseudocode adalah bahasa buatan dan informal yang membantu programmer mengembangkan algoritma. Pseudocode sangat mirip dengan bahasa Inggris (boleh jiuga menggunakan bahasa Indonesia) sehari- hari. aurinodjamaris

4  Contoh 1: Tulis algoritma untuk menentukan nilai akhir siswa dan menunjukkan apakah itu lulus atau gagal. Nilai akhir dihitung sebagai rata- rata empat nilai. aurinodjamaris

5 Pseudocode:  Input a set of 4 marks  Calculate their average by summing and dividing by 4  if average is below 55 Print “FAIL” else Print “PASS” aurinodjamaris

6  Detailed Algorithm  Step 1: Input M1,M2,M3,M4 Step 2: GRADE  (M1+M2+M3+M4)/4 Step 3: if (GRADE < 50) then Print “FAIL” else Print “PASS” endif aurinodjamaris

7  (Dictionary) Representasi skematik dari sebuah urutan operasi, seperti dalam sebuah proses manufaktur atau program komputer. (Technical) Sebuah representasi grafis dari urutan operasi dalam suatu Diagram Alir sistem informasi atau Diagram Alir Sistem Informasi program. Yang menunjukkan bagaimana data mengalir dari dokumen asal melalui komputer sampai kepada pengguna. Diagram alur Program menunjukkan urutan instruksi dalam satu program atau subroutine. Simbol yang berbeda digunakan untuk menggambarkan setiap jenis diagram alur. aurinodjamaris

8 Flowchart  Menunjukkan logika suatu algoritma  Menekankan pada langkah-langkah setiap kegiatan dan hubungannya dengan yang lain  contoh. mengontrol aliran dari satu aksi ke berikutnya aurinodjamaris

9 Basic aurinodjamaris

10 PRINT “PASS” Step 1: Input M1,M2,M3,M4 Step 2: GRADE  (M1+M2+M3+M4)/4 Step 3: if (GRADE <50) then Print “FAIL” else Print “PASS” endif START Input M1,M2,M3,M4 GRADE  (M1+M2+M3+M4)/4 IS GRADE<5 0 PRINT “FAIL” STOP Y N aurinodjamaris

11  Tulis algoritma dan gambarkan flowchart untuk konversi panjang dari feet ke centimeter. Pseudocode:  Input the length in feet (Lft)  Calculate the length in cm (Lcm) by multiplying LFT with 30  Print length in cm (LCM) aurinodjamaris

12 Algorithm  Step 1: Input Lft  Step 2: Lcm  Lft x 30  Step 3: Print Lcm START Input Lft Lcm  Lft x 30 Print Lcm STOP Flowchart aurinodjamaris

13 Tulis algoritma dan gambar flowchart yang akan membaca dua sisi segiempat dan hitung luasnya. Pseudocode  Input lebar (Le) dan Panjang (Pa) segiempat  Hitung luas (Lu) dengan mengalikan Le dengan Pa  Print Lu aurinodjamaris

14 Algoritma  Langkah 1: Input Le,Pa  Langkah 2: Lu  Le x Pa  Langkah 3: Print Lu START Input Le,Pa Lu  Le x Pa Print Lu STOP aurinodjamaris

15

16 Pseudocode:  Masukkan Koefisien (a, b, c) dari persamaan kuadrat  Hitung d  Hitung x1  Hitung x2  Cetak x1 dan x2 aurinodjamaris

17  Algorithm:  Lngk 1: Input a, b, c  Lngk 2: d  sqrt ( )  Lngk 3: x1  (–b + d) / (2 x a)  Lngk 4: x2  (–b – d) / (2 x a)  Lngk 5: Print x1, x2 START Input a, b, c d  sqrt(b x b – 4 x a x c) Print x 1,x 2 STOP x 1  (–b + d) / (2 x a) X 2  (–b – d) / (2 x a) aurinodjamaris

18  Pernyataan A>B adalah pernyataan logical  Pernyataan ini menggambarkan kondisi yang akan kita uji  if A>B is true (if A is greater than B) kita melaksanakan statement sebelah kiri  print nilai A  if A>B is false (if A is not greater than B) kita melaksanakan statement sebelah kiri  print nilai B aurinodjamaris

19  Flowchart STRUKTUR KEPUTUSAN is A>B Print B Print A YN aurinodjamaris

20  Strukturnya adalah sebagai berikut: If kondisi then hasil atau tindakan jika benar (true) else hasil atau tindakan jika salah (false) endif aurinodjamaris

21  Algoritm untuk flowchart berikut adalah: If A>B then print A else print B endif is A>B Print B Print A YN aurinodjamaris

22 Operator Hubungan (Relational) OperatorUraian >Lebih besar dari (pada) < =Sama dengan  Lebih besar dari (pada) atau sama dengan   Tidak sama dengan aurinodjamaris

23  Tulis algoritma yang membaca dua nilai, menentukan nilai terbesar dan mencetak pesan nilai terbesar ALGORITHM Step 1: Input NILAI1, NILAI2 Step 2: if (nilai1 > nilai2) then MAX  nilai1 else MAX  nilai2 endif Step 3: Print “Nilai terbesar adalah”, MAX aurinodjamaris

24 MAX  nilai1 Print “Nilai terbesar adalah ”, MAX STOP YN START Input nilai1,nilai2 MAX  nilai2 is nilai1>nilai2 aurinodjamaris

25  Salah satu alternatif dalam Struktur keputusan adalah statemen IF–THEN–ELSE  Dan di dalamnya bisa juga berisi statemen IF– THEN–ELSE aurinodjamaris

26  Tulis algoritma yang membaca Tiga angka dan cetak nilai terbesar. aurinodjamaris

27 Step 1: Input N1, N2, N3 Step 2: if (N1>N2) then if (N1>N3) then MAX  N1[N1>N2, N1>N3] else MAX  N3[N3>N1>N2] endif else if (N2>N3) then MAX  N2[N2>N1, N2>N3] else MAX  N3[N3>N2>N1] endif Step 3: Print “Angka terbesar adalah ”, MAX aurinodjamaris

28  Flowchart: Gambar algoritma untuk contoh di atas. aurinodjamaris

29  Tulis algoritma dan gambar flowchart untuk a) Membaca nama pegawai (NAME), Jam lembur (OVERTIME), jam tidak masuk (ABSENT) dan b) Tentukan pembayaran bonus (PAYMENT). aurinodjamaris

30 Tabel Bonus OVERTIME – (2/3)*ABSENTBonus >40 Jam >30 tapi  40 Jam >20 tapi  30 Jam >10 tapi  20 Jam  10 Jam Rp Rp Rp Rp Rp aurinodjamaris

31 Step 1: Input NAME,OVERTIME,ABSENT Step 2: if (OVERTIME–(2/3)*ABSENT > 40) then PAYMENT  50 else if (OVERTIME–(2/3)*ABSENT > 30) then PAYMENT  40 else if (OVERTIME–(2/3)*ABSENT > 20) then PAYMENT  30 else if (OVERTIME–(2/3)*ABSENT > 10) then PAYMENT  20 else PAYMENT  10 endif Step 3: Print “Bonus ”, NAME “adalah Rp.”, PAYMENT aurinodjamaris

32  Flowchart: Gambarkan flowchart dari algoritma di atas? aurinodjamaris


Download ppt "Aurino Djamaris Bakrie University.  Sebuah tugas pemrograman umum dapat dibagi menjadi dua tapah:  Tahap Pemecahan Masalah :  Menghasilkan urutan langkah-langkah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google