Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Penyusunan Instrumen Evaluasi1 PENYUSUNAN INSTRUMEN EVALUASI BELAJAR.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Penyusunan Instrumen Evaluasi1 PENYUSUNAN INSTRUMEN EVALUASI BELAJAR."— Transcript presentasi:

1 Penyusunan Instrumen Evaluasi1 PENYUSUNAN INSTRUMEN EVALUASI BELAJAR

2 Penyusunan Instrumen Evaluasi2 PENYUSUNAN INSTRUMEN EVALUASI BELAJAR 1.Penyusunan Kisi-kisi 2.Penulisan Soal 3.Penelaahan Soal

3 Penyusunan Instrumen Evaluasi3 PENYUSUNAN KISI-KISI Pengertian: Kisi-kisi adalah suatu format atau matriks yang memuat informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis soal atau merakit soal menjadi tes.

4 Penyusunan Instrumen Evaluasi4 Syarat-syarat kisi-kisi yang baik 1.Mewakili isi kurikulum yang akan diujikan 2.Komponen-komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami 3.Soal-soalnya dapat dibuat sesuai dengan indikator dan bentuk soal yang ditetapkan

5 Penyusunan Instrumen Evaluasi5 Komponen Kisi-Kisi 1.Program/jurusan 2.Mata pelajaran 3.Tahun pelajaran 4.Kurikulum yang diacu 5.Alokasi waktu 6.Jumlah soal 8. Bentuk soal 9. Tujuan pembelajaran (TP) Standar Kompetensi - Kompetensi Dasar 11. Materi 12. Bahan Kelas 13. Jumlah soal untuk setiap SK/KD 14. Indikator 15. Nomor urut soal

6 Penyusunan Instrumen Evaluasi6 PERTIMBANGAN PEMILIHAN KD YANG DIUJIKAN 1.Urgensi, yaitu KD yang secara teoretis, mutlak harus dikuasai oleh siswa. 2.Kontinuitas, merupakan KD lanjutan yang merupakan pendalaman dari KD yang sudah dipelajari sebelumnya baik dalam jenjang yang sama maupun antar jenjang. 3.Relevansi, maksudnya KD terpilih harus merupakan KD yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami mata pelajaran lain. 4.Keterpakaian. KD harus merupakan KD yang memiliki terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari.

7 Penyusunan Instrumen Evaluasi7 Diagram Pembuatan Soal TPSKKDMATERIINDIKATORSOAL Ket: Panah 1 menunjukkan indikator memberi petunjuk suatu TP tercapai. Panah 2 menunjukkan keterkaitan antara tiap komponen itu dengan komponen yang mendahuluinya. Panah 3 menunjukkan urutan langkah-langkah antar komponen.

8 Penyusunan Instrumen Evaluasi8 Kriteria indikator yang baik 1.Memuat ciri-ciri TP yang hendak diukur. 2.Memuat satu kata kerja operasional yang dapat diukur. Khusus untuk bentuk soal uraian dapat lebih dari satu. 3.Berkaitan erat dengan materi beserta SK dan KD 4.Dapat dibuat soal dengan bentuk yang telah ditetapkan dalam kisi-kisi.

9 Penyusunan Instrumen Evaluasi9 Contoh Format Kisi-kisi Jenjang Pendidikan: Pendidikan DasarAlokasi Waktu : 120 menit Satuan Pendidikan: SIB Jumlah Soal: 50 butir Jenjang : SMP Bentuk Soal: PG Tahun Pelajaran: 2006/2007Bentuk Penilaian: Tertulis Kurikulum Acuan: KTSP No. Urut MateriSK/KDJuml Soal Indikator No. Soal (1)(2)(3)(4)(5)(6)

10 Penyusunan Instrumen Evaluasi10 Langkah-langkah Penyusunan Soal 1.Persiapan: Kumpulkan bahan, sumber dan referensi yang relevan. 2.Baca Standar Kompetensi mapel secara komprehensif. 3.Jabarkan Standar Kompetensi menjadi indikator, tuangkan pada lembar kisi-kisi. 4.Tulis butir soal berdasarkan indikator pada lembar spesifikasi bahan ujian. 5.Buatlah 2 (dua) set soal berdasarkan 1(satu) kisi-kisi yang sama. 6.Lakukan telaah soal yang menggunakan kartu telaah (sebaiknya guru lain). 7.Perbaiki soal yang kurang baik berdasarkan hasil telaah soal sekaligus tentukan naskah utama dan cadangan. 8.Buatlah kunci jawaban soal dan norma penskoran (sesuai petunjuk) serta tabel konversi secara terpisah. 9.Konsultasikan dan mintalah pengesahan dari pengawas. PENULISAN SOAL

11 Penyusunan Instrumen Evaluasi11 KAIDAH PENYUSUNAN SOAL PILIHAN GANDA A.MATERI 1. Soal sesuai indikator 2. Pilihan jawaban harus homogen dan logis. 3. Hanya ada satu kunci jawaban yang paling tepat. B.KONSTRUKSI 4. Pokok soal dirumuskan dengan singkat, jelas dan tegas. 5. Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang diperlukan. 6. Pokok soal tidak memberi petunjuk ke kunci jawaban. 7. Pokok soal tidak menggunakan pernyataan yang bersifat negatif ganda.

12 Penyusunan Instrumen Evaluasi12 KAIDAH PENYUSUNAN SOAL PILIHAN GANDA 8. Gambar/grafik/tabel/diagram dan sejenisnya jelas dan berfungsi. 9. Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama. 10. Pilihan jawaban jangan menggunakan pernyataan yang berbunyi: “Semua jawaban di atas salah” atau “Semua jawaban di atas benar” dan sejenisnya. 11. Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu disusun berdasarkan urutan besar kecilnya angka atau secara kronologis. 12. Butir jangan bergantung pada jawaban soal sebelumnya, C. BAHASA 13. Menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. 14. Menggunakan bahasa yang komunikatif. 15. Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat (bias budaya). 16. Pilihan jawaban tidak mengulang kata/kelompok kata yang sama.

13 Penyusunan Instrumen Evaluasi13 PENELAAHAN SOAL A. Tujuan Penelaahan Soal Tujuan penelaahan soal secara kualitatif merupakan salah satu langkah yang harus dilakukan setelah penulisan soal. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membaca kembali dan mengkaji setiap butir soal agar diperoleh soal yang berkualitas baik, sebelum soal tersebut dirakit dalam suatu perangkat soal untuk diujikan. B. Hal-hal yang ditelaah 1. MateriMateri 2. KonstruksiKonstruksi 3. Bahasa C. Prosedur Menggunakan Kartu Telah

14 Penyusunan Instrumen Evaluasi14 PETUNJUK PENGISIAN KARTU TELAAH Pengisian Kartu Telaah dilaksanakan dengan mengikuti langkah-langkah: 1.Mengisi identitas soal pada kartu. 2.Membaca soal dengan seksama. 3.Mencocokkan soal dengan kriteria yang ada pada kartu telaah. 4.Memberi tanda cek (V) pada kolom ‘Ya’ bila soal yang ditelaah sudah sesuai dengan kriteria yang ada. 5.Memberi tanda silang (X) pada kolom ‘Tidak’ bila soal yang ditelaah tidak sesuai dengan kriteria, kemudian tuliskan alasannya pada ruang catatan.


Download ppt "Penyusunan Instrumen Evaluasi1 PENYUSUNAN INSTRUMEN EVALUASI BELAJAR."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google