Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PANDUAN PENULISAN SOAL PILIHAN GANDA Dipresentasikan Sabtu, 14 Februari 2009 Oleh: Ardy Widyarso

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PANDUAN PENULISAN SOAL PILIHAN GANDA Dipresentasikan Sabtu, 14 Februari 2009 Oleh: Ardy Widyarso"— Transcript presentasi:

1 PANDUAN PENULISAN SOAL PILIHAN GANDA Dipresentasikan Sabtu, 14 Februari 2009 Oleh: Ardy Widyarso

2 Tujuan Instruksional Umum  A nda dapat merancang instrumen penilaian hasil belajar menggunakan soal pilihan ganda dengan benar dan baik.

3  Memahami kaidah penulisan soal Pilihan Ganda (PG).  Dapat mengkonstruksi soal PG dengan baik, benar dan valid.  Harapannya: Mempraktekannya pada profesi anda sebagai (Guru) evaluator di Sekolah. Tujuan Instruksional Khusus

4 Pengertian Umum Test Tertulis  Pengukuran secara tertulis dilakukan dengan tes tertulis (paper and pencil test). Tes tertulis merupakan kumpulan soal-soal yang diberikan kepada siswa dalam bentuk tulisan. Dalam menjawab soal, siswa tidak selalu harus merespon dalam bentuk jawaban, tetapi juga dapat dilakukan dalam bentuk lain seperti memberi tanda, mewarnai, menggambar dan sejenisnya. Tes tertulis merupakan teknik pengukuran yang banyak digunakan dalam menilai pencapaian kompetensi mata pelajaran sebagai hasil belajar.

5 Apa itu soal PILIHAN GANDA ?  Soal pilihan ganda merupakan bentuk soal yang jawabannya dapat dipilih dari beberapa kemungkinan jawaban yang telah disedikan. Kontruksinya terdiri dari pokok soal dan pilihan jawaban. Pilihan jawaban terdiri atas kunci dan pengecoh. Kunci jawaban harus merupakan jawaban benar atau paling benar sedangkan pengecoh merupakan jawaban tidak benar, namun daya jebaknya harus berfungsi, artinya siswa memungkinkan memilihnya jika tidak menguasai materinya.

6 TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL Nilai dan Sikap (Affective) Kemampuan Berpikir (Cognitive) Keterampilan (Psychomotor) C 6 Evaluasi (evaluation) C 5 Sintesis (synthesis) C 4 Analisis (analysis) C 3 Penerapan (application) C 2 Pemahaman (comprehension) C 1 Ingatan (knowledge) A 5 Menjadikan pola hidup (characterization) A 4 Mengatur diri (organization) A 3 Menghargai (valuing) A 2 Menanggapi (responding) A1Menerima (receiving) P 5 Naturalisasi (naturalization) P 4 Perangkaian (articulation) P 3 Ketepatan (precision) P 2 Penggunaan (manipulation) P 1 Peniruan (imitation)

7 Pilihan Ganda Biasa Pilihan Ganda Hub Antar Hal Pilihan Ganda Analisis Kasus Pilihan Ganda Komplek Pilihan Ganda Membaca Diagram/ Grafik/ Gambar TerbukaTerbatasBenar-SalahMenjodohkan Pilihan Ganda URAIANOBJEKTIF T E S

8 Kaidah Penulisan Soal Pilihan Ganda Dalam menulis soal pilihan ganda harus memperhatikan kaidah- kaidahsebagai berikut: Materi 1. Soal harus sesuai dengan indikator. 2. Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi. 3. Setiap soal harus mempunyai satu jawaban yang benar atau yang paling benar.

9 Konstruksi 4. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas. 5. Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang diperlukan saja. 6. Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban benar. 7. Pokok soal jangan mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda. 8. Panjang rumusan pilihan jawaban harus relatif sama. 9. Pilihan jawaban jangan mengandung pernyataan, "Semua pilihan jawaban di atas salah", atau "Semua pilihan jawaban di atas benar". 10. Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu harus disusun berdasarkan urutan besar kecilnya nilai angka tersebut, atau kronologisnya. 11. Gambar, grafik, tabel, diagram, dan sejenisnya yang terdapat pada soal harus jelas dan berfungsi. 12. Butir soal jangan bergantung pada jawaban soal sebelumnya.

10 Bahasa 13. Setiap soal harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. 14. Jangan menggunakan bahasa yang berlaku setempat, jika soal akan digunakan untuk daerah lain atau nasional. 15. Setiap soal harus menggunakan bahasa yang komunikatif. 16. Pilihan jawaban jangan mengulang kata atau frase yang bukan merupakan satu kesatuan pengertian.

11 1.Saripati permasalahan harus ditempatkan pada pokok soal (Stem) 2.Hindari pengulangan kata-kata yang sama dalam pilihan 3.Hindari rumusan kata yang berlebihan 4.Bila pokok soal merupakan pernyataan yang belum lengkap, maka kata yang melengkapi harus diletakkan pada ujung pernyataan, bukan di tengah-tengah kalimat 5.Susunan alternatif jawaban dibuat teratur dan sederhana

12 6.Hindari kata-kata teknis, ilmiah atau istilah yang aneh atau mentereng 7.Semua pilihan jawaban harus homogen dan dimungkinkan sebagai jawaban yang benar 8.Hindari keadaan dimana jawaban yang benar selalu ditulis lebih panjang dari jawaban yang salah 9.Hindari adanya petunjuk / indikator pada jawaban yang benar 10.Hindari menggunakan pilihan yang berbunyi “semua yang di atas benar” atau “tidak satu pun yang di atas benar”

13 11.Gunakan tiga atau lebih alternatif pilihan 12.Pokok soal diusahakan tidak menggunakan ungkapan atau kata-kata yang bermakna tidak tentu 13.Pokok soal sedapat mungkin dalam pernyataan atau pertanyaan positif

14 INDEKS TINGKAT KESUKARAN KATEGORI BUTIR SOAL PERSENTASE YANG MENJAWAB BENAR < 30 % ( ) % ( ) % ( ) % > 90 % Sangat sukar Sukar Sedang Mudah Sangat mudah INDEKS DAYA PEMBEDA KATEGORI BUTIR SOALINDEKS DAYA PEMBEDA > 0,40 0,20 - 0,39 < 0,19 Baik Cukup Sedang

15 Terima kasih Atas perhatiannya


Download ppt "PANDUAN PENULISAN SOAL PILIHAN GANDA Dipresentasikan Sabtu, 14 Februari 2009 Oleh: Ardy Widyarso"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google