Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

STRATEGI BISNIS Julian Adam Ridjal, SP., MP.. Referensi :  Al Ries dan Jack Trout. 1993.Perang Pemasaran. Penerbit Erlangga.Jakarta  Anonim. 2003. Majalah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "STRATEGI BISNIS Julian Adam Ridjal, SP., MP.. Referensi :  Al Ries dan Jack Trout. 1993.Perang Pemasaran. Penerbit Erlangga.Jakarta  Anonim. 2003. Majalah."— Transcript presentasi:

1 STRATEGI BISNIS Julian Adam Ridjal, SP., MP.

2 Referensi :  Al Ries dan Jack Trout Perang Pemasaran. Penerbit Erlangga.Jakarta  Anonim Majalah SWA Edisi XIX. Jakarta.  Bambang Hariadi Strategi Manajemen. Bayu Media.Malang  Philip Khotler Manajemen Strategis.

3 DEFINISI STRATEGI  Ilmu perencanaan dan penentuan arah operasi-operasi berskala besar.  Strategi adalah cara bagaimana meraih tujuan bisnis.

4 Strategi Bisnis  Strategi yang di dalamnya terdapat fungsi-fungsi yang dijalankan suatu bisnis (usaha/perusahaan) dan bagaimana respon manajemen terhadap perubahan kondisi industri.  Secara arti sempit dapat diartikan strategi bersaing

5 1.A low-cost leadership strategy – Suatu strategi dalam penyediaan produk dan jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen secara luas, dengan harga yang serendah mungkin. 2.A broad differentiation strategy – Suatu strategi dalam penyediaan produk dan jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen secara luas, dengan cara dan spesifikasi produk yang ditampilkan beda dibandingkan pesaing. 3.A best-cost provider strategy – Suatu strategi dalam penyediaan produk dan jasa yang nilainya lebih besar daripada uang yang dikeluarkan konsumen. Strategi terebut merupakan kombinasi antara tampilan prouk yang beda dan lebih baik dibandingkan pesaing dan dengan harga yang rendah. Strategi Bisnis (Bersaing)

6 4.A focus or market niche strategy based on lower cost – Strategi yang memfokuskan pada penyediaan produk da jasa untuk memenuhi pasar yang empit dengan harga yang lebih rendah daripada pesaing. 5.A focused or market niche strategy based on differentiation – Strategi untuk melayani pasar yang sempit dan spesifik dengan cara yang berbeda.

7 Lima Strategi Bersaing Overall Low-Cost Leadership Strategy Broad Differentiation Strategy Focused Low-Cost Strategy Focused Differentiation Strategy Best-Cost Provider Strategy

8 Strategi Biaya Paling Rendah (A low-cost leadership strategy)  Strategi ini merupakan strategi yang ampuh dengan pasar dimana konsumennya sangat sensitif terhadap harga.

9 Kapan berakhirnya strategi ini ?  Strategi akann keunggulan biaya ini dapat menghasilkan laba yang besar bagi produsen tertentu, dan berakhir jika terjadi perang harga dengan cara pemberian diskon yang gila- gilaan di anntara para produsen.

10 Strategi Berbeda (A broad differentiation strategy)  Strategi iini hadir dengan membawa produk yang dihasilkan berbeda dari pesaing lainnya.

11 Cara Differensiasi Produk :  Mengembangkan prroduk baru : - Adaptasi (terhadap ide lain) - Modifikasi/memperbesar/memperkecil - Substitusi - Mengkombinasi - Menata ulang  Mengembangkan variasi kualitas  Mengembangkan tambahan serta ukuran model

12 Bagaimana agar cara differensiasi dapat sukses ?  Mempelajari kebutuhan konsumen (buyer’s needs)  Mempelajari perilaku konsumen  Persepsi konsumen

13 Kekuatan differensiasi ada pada kehendak Konsumen Startegi Differensiasi Produk Cara Differensiasi Sukses dengan strategi differensiasi Konsumen (komunikasi dengan konsumen) Makin kuat kehendak konsumen terhadap perbedaan, makin kuat keunggulan bersaing perusahaan yang menjalankan strategi differensiasi

14 Kapan berakhirnya strategi ini ?  Strategi ini akan gagal memperoleh keuntungan bagi perusahaan jika konsumen tidak menghargai nilai perbedaan yang ditunjukkan perusahaan dalam produk yang ditawarkan  Gagal dalam mempertahankan perbedaan dalam waktu lama karena produk mudah ditiru oleh pesaing lain

15 SELAMAT BELAJAR KEJUJURAN MERUPAKAN BEKAL KESUKSESAN ANDA


Download ppt "STRATEGI BISNIS Julian Adam Ridjal, SP., MP.. Referensi :  Al Ries dan Jack Trout. 1993.Perang Pemasaran. Penerbit Erlangga.Jakarta  Anonim. 2003. Majalah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google