Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ayat Hafalan : Sesudah kematian-Nya Yesus memulai suatu tahapan pekerjaan baru untuk kita. Ia menjadi Imam Besar kita di Bait Suci di surga. Penghakiman.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ayat Hafalan : Sesudah kematian-Nya Yesus memulai suatu tahapan pekerjaan baru untuk kita. Ia menjadi Imam Besar kita di Bait Suci di surga. Penghakiman."— Transcript presentasi:

1

2 Ayat Hafalan :

3 Sesudah kematian-Nya Yesus memulai suatu tahapan pekerjaan baru untuk kita. Ia menjadi Imam Besar kita di Bait Suci di surga. Penghakiman pra-Advent memberikan jaminan keselamatan yang lebih dari pada jika hal itu tidak terjadi. Allah membawa kasus para pengikut- Nya yang setia dan menyajikannya di pengadilan surga. Sesudah kematian-Nya Yesus memulai suatu tahapan pekerjaan baru untuk kita. Ia menjadi Imam Besar kita di Bait Suci di surga. Penghakiman pra-Advent memberikan jaminan keselamatan yang lebih dari pada jika hal itu tidak terjadi. Allah membawa kasus para pengikut- Nya yang setia dan menyajikannya di pengadilan surga. Tujuan-Nya adalah untuk menegaskan keputusan kita bagi-Nya selama hidup kita di depan perwakilan dari seluruh alam semesta dan dengan demikian menjamin tempat kita di surga selama-lamanya. Penghakiman ini juga meng-hukum tanduk kecil dan semua yang mengi- kuti dia dengan demikian memastikan bahwa kejahatan tidak akan ada lagi.

4 PENDAHULUAN Pengadilan pra-Advent berakhir dengan pemenuhan pengharapan- pengaharapan Allah dan orang percaya. Allah tidak membebas-kan orang benar dari pengadilan dan itu bukan ajaran Alkitab. Walaupun orang benar dinyatakan benar dalam pengadilan dan dosa mereka dihapuskan selama- lamanya, pengantisipasian terhadap pengadilan mendorong mereka utnuk menghidupkan suatu kehidupan yang setia dan bertanggung jawab. Kerinduan Allah ialah menyelamatkan umat-Nya dan menyiadakan dosa.

5 Hal yang perlu DIRENUNGKAN untuk DIDISKUSIKAN ! 1.Apakah sebenarnya penghakiman Ilahi itu? Bagaimana hal itu dapat didefenisikan secara Alkitabiah? 2.Apakah yang dilakukan oleh Allah sebelum Ia mengumumkan penghakiman dan bagaimanakah hasil pengadilan itu bagi orang-orang kudus? 1.Apakah sebenarnya penghakiman Ilahi itu? Bagaimana hal itu dapat didefenisikan secara Alkitabiah? 2.Apakah yang dilakukan oleh Allah sebelum Ia mengumumkan penghakiman dan bagaimanakah hasil pengadilan itu bagi orang-orang kudus? 3.Mengapa Allah memerlukan suatu pengadilan?Bukankah “Tuhan mengenal siapa kepunyaan-Nya? Dan apakah hasil dari pengadilan terahkir Allah? 4.Apa alasanya bagi seluruh ciptaan untuk bersukacita dan apakah dampak dari adanya pengadilan itu yang dapat memepengaruhi cara hidup kita? 3.Mengapa Allah memerlukan suatu pengadilan?Bukankah “Tuhan mengenal siapa kepunyaan-Nya? Dan apakah hasil dari pengadilan terahkir Allah? 4.Apa alasanya bagi seluruh ciptaan untuk bersukacita dan apakah dampak dari adanya pengadilan itu yang dapat memepengaruhi cara hidup kita?

6 Dalam mempelajari pelajaran minggu ini kita didasarkan kepada pertanyaan, yaitu : 1.Bagaimana Penghakiman akan berlangsung? 2.Kapan Penghakiman akan dimulai? 3.Mengapa Penghakiman yang diperlukan? 4.Ketika Penghakiman akan berakhir? 5.Apa Hasil Penghakiman. Tuhan mengikuti langkah yang sama dalam semua kepu- tusan-Nya. Langkah tersebut menyelidiki, memutuskan dan melaksanakan. Itulah mengapa tahap pertama kiamat disebut PENGHAKIMAN PEMERIKSAAN. Alkitab menjelaskan bahwa semua kita harus menghadap pada pengadilan Allah, Bagaimana proses itu terjadi?

7 Proses pengadilan itu berlangsung sebagaimana mestinya, seperti : 1.Adam dan Hawa: Kejadian 3:9-24. Investigasi: Dia menginterogasi Adam dan Hawa (ayat 9-13) Keputusan: Dia mengeluarkan putusan (ayat 14-19) Eksekusi: Mereka diusir dari Eden (ayat 23-24) 2.Kain: Kejadian 4:9-16. Investigasi: Dia menginterogasi Kain (ayat 9-10) Keputusan: Dia mengeluarkan putusan (ayat 11-12) Eksekusi: Kain diusir dari tanahnya (ayat 16)

8 Proses pengadilan itu berlangsung sebagaimana mestinya, seperti : 3.Babel: Kejadian 11:4-9. Investigasi: Dia turun untuk melihat apa yang mereka lakukan (ayat 5-6) Keputusan: Dia memutuskan untuk menghukum mereka dengan membingungkan bahasa mereka (ayat 7) Eksekusi: Dia tersebar mereka atas seluruh muka bumi (ayat 8) 4.Sodom: Kej 18:16-19:28. Investigasi: Dua malaikat datang untuk menyelidiki (18:20-22) Keputusan: Dia mengeluarkan putusan (19:15) Eksekusi: Sodom, Gomora, Adma dan Zeboim dihancurkan (19:24-25)

9 Semua keputusan di Penghakiman didasarkan pada isi dari buku-buku yang "dibuka". Buku-buku itu, antara lain: 1.Buku kehidupan yang berisi nama orang-orang yang menerima Kristus (Kel. 32:31-33, Mazmur 69:28;. Phil 4:3; Wahyu 3:5) 2.Kitab perbuatan yang berisi catatan segala sesuatu yang kita lakukan (Wahyu 20:12) 3.Kitab Peringatan yang berisi tindakan- tindakan khusus individu dan kolektif bahwa orang-orang kudus lakukan (Mazmur 56:8;. Mal 3:16) Investigasi melibatkan musyawarah dan keadilan dalam Penghakiman.

10 WAKTU PENGADILAN Visi dari Daniel 7 menunjukkan saat ketika Penghakiman Investigasi dimulai di surga, yaitu : 1.Daniel 7:1-7. Empat binatang datang. Mereka mewakili empat kerajaan dunia, dari Babel ke Roma. 2.Daniel 7:08, 21, 25. Sebuah tanduk kecil merupakan kelanjutan dari Kekaisaran Romawi. Itu membuat perang melawan orang-orang kudus untuk "waktu dan waktu dan setengah masa". 3.Daniel 7:9-10. Penghakiman Investigasi dimulai. 4.Daniel 7: Peristiwa terakhir di Bumi. 5.Daniel 7: Yesus menerima Kerajaan dari Bapa. 6.Daniel 7:22, 26. Orang-orang kudus menerima Kerajaan.

11 Waktu dan proses penghakiman itu adalah : (1) Penghakiman dimulai sebelum Kedatangan Kedua (3) ketika beberapa kejadian masih terjadi di Bumi (4) Ketika penghakiman berakhir, Yesus menerima Raya (5) dan Dia datang ke bumi untuk memberikan yang Raya ke orang-orang kudus (6) Baca : Wahyu 20:4 Waktu dan proses penghakiman itu adalah : (1) Penghakiman dimulai sebelum Kedatangan Kedua (3) ketika beberapa kejadian masih terjadi di Bumi (4) Ketika penghakiman berakhir, Yesus menerima Raya (5) dan Dia datang ke bumi untuk memberikan yang Raya ke orang-orang kudus (6) Baca : Wahyu 20:4 "Aku melihat sampai takhta diletakkan di tempat, dan Usianya duduk, pakaian-Nya putih seperti salju, dan rambut-Nya bersih seperti bulu domba. Kursi-Nya dari nyala api, roda- rodanya api membakar, sebuah aliran yang berapi-api ditempatkan dan datang dari hadapan-Nya. Seribu ribu melayani Dia, sepuluh ribu kali sepuluh ribu berdiri di hadapan-Nya. Pengadilan duduk, dan dibukalah Kitab-kitab "(Daniel 7:9-10).

12 KETIKA PENGADILAN BERAKHIR Pengadilan menghasilkan beberapa tindakan, yaitu : 1.Anak Manusia dimahkotai. Ia menerima “kekuasan. ”Kemulian dan kerajaan.” (Daniel 7 : 14). 2.Orang-orang Kudus menerima Kerajaan Kekal. Orang-orang Kudus memiliki hubu- ngan yang sangat erat. Anak manusia dan orang-orang Kudus menerima kera-jaan-Nya dan memerintah bersama-sama (Daniel 7:22, 27). 3.Pemberontak dikalahkan dan dibinasakan. Musuh-musuh umat Allah dihakimi. Sitanduk kecil dikalahkan dan dibinasakan untuk selama-lamanya (Dan 7:25-26).

13 KETIKA PENGADILAN BERAKHIR 4.Keadilan mutlak Allah dinyatakan. Proses pengadilan itu adalah : a.Pengadilan di ruang surgawi itu terbuka b. Malaikat-malaikat menghadiri penyelidikan yang berkai- tan dengan masalah-masalah manusia. c.Semua dapat melihat sendiri bahwa kasih Allah itu adil dalam tindakan-tindakan-Nya. d. Ia sanggup meninggikan keadilan baik kasih dan kebenaran. e.Allah sendiri akan dinyatakan benar dan semua akan mengakui Allah itu adil dan kasih adanya (Mazmur 51:4; Roma 3:4). “Kerinduan Allah ialah MENYELAMATKAN umat-Nya dan menyiadakan dosa. Kerinduan manusia adalah MEMPEROLEH KESELAMATAN dari dosa dan penindasan serta menikmati hidup kekal di hadirat Dia yang mengasihi mereka. Pengadilan menjamin jalinan hubungan yang kekal antara Allah dan ciptaan-Nya.”

14 Pekerjaan Allah dalam pengadilan adalah meneguhkan keampunan kita dan mempertegas jaminan kita oleh menjadikan dosa-dosa kita itu tidak relevan lagi secara kekal. Pengadilan itu adalah pernyataan keselamatan kita. Pengadilan adalah ketika Allah mengakhiri pilihan kita bahwa kita sungguh-sungguh menerima Dia atau tidak (Roma 14 : ). Pengadilan pra-Advent menjamin kepastian keselamatan kita, “Keadilan diberikan kepada orang-orang kudus” (Dan 7 : 22). “ Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.” 2 Korintus 5 : 10).

15 1.Buku Hakim-Hakim. Ketika umat Allah berada dibawah penindasan musuh-musuh mereka, Allah mengirim kepada mereka hakim-hakim yang menjadi pembebas dan melindungi mereka. 2.Daud berdoa beberapa kali kepada Allah, “Hakimilah aku ya TUHAN (Maz 7:9; 26:1; 35:24). 3.Bagi Allah menghakimi berarti menyelamatkan (Mazmur 76 : 9,10). 1.Buku Hakim-Hakim. Ketika umat Allah berada dibawah penindasan musuh-musuh mereka, Allah mengirim kepada mereka hakim-hakim yang menjadi pembebas dan melindungi mereka. 2.Daud berdoa beberapa kali kepada Allah, “Hakimilah aku ya TUHAN (Maz 7:9; 26:1; 35:24). 3.Bagi Allah menghakimi berarti menyelamatkan (Mazmur 76 : 9,10). Alkitab menjelaskan beberapa contoh penghakiman positif Ilahi, diantaranya : 4. Melalui Yesaya, Allah dengan kuat mendorong, “Kuatkanlah hati, janganlah takut! Lihatlah, Allahmu akan datang dengan pembalasan dan dengan ganjaran Allah. Ia sendiri datang menyelamatkan kamu!“ (Yesaya 35:4).

16 PERTANYAAN PENERAPAN 1.Sudah saya bersiap menghadapi saat pengadilan Allah yang akan berlangsung? 2.Apakah saya percaya bahwa pengadilan adalah bagian dari jaminan keselamatan yang ditawarkan oleh Allah? 3.Apakah saya masih ragu terhadap hasil dari pengadilan yang akan Allah nyatakan?

17 • Konsep pengadilan pemeriksaan adalah Alkitabiah. Prosedur pengadilan Allah mencakup tahap pemeriksaan dan penyidikan. Pemeriksaan mencakup banyak pertimbangan dan keadilan. Dan pengadilan itu menghasilkan beberapa tindakan yang memiliki jangkauan yang luas, diataranya: 1.Anak manusia dimahkotai. Ia menerima “kekuasaan, Kemuliaan dan Kerajaan” (Daniel 7:14). 2.Orang-orang Kudus menerima Kerajaan kekal.Pengadilan itu bermanfaat bagi orang- orang kudus yang akan menerima kerajaan Allah. (Dan 7:22). 3.Pemberontakan dikalahkan dan dibinasakan. Musuh-musuh Allah dihakimi. (Dan 7;25,26). 4.Keadilan mutlak Allah dinyatakan (Mzr 51:4; Roma 3:4).

18 Orang-orang kudus diberikan upah pada saat kedatangan Kristus yang me-ngisyarat- kan bahwa mereka telah lebih dulu dihakimi. Tentu Allah Mahatahu dan sadar benar sia- pakah umat-Nya. Penghakiman Allah mem- bawa kemenangan bagi umat-Nya dan ke- sudahan kejahatan. Seluruh umat tebusan akan bernyanyi: "Sesungguhnya, inilah Allah kita, yang kita nanti-nantikan, supaya kita diselamatkan. Inilah TUHAN yang kita nanti-nantikan; marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita oleh karena keselamatan yang diadakan-Nya!"(Yesaya 25:9).

19

20 Aplikasi 1.Setiap orang diharapkan dapat MEMAHAMI kabar baik dari penghakiman pra–Advent yang memberikan kepada orang-orang percaya jaminan keselamatan karena Yesus Kristus mengambil inisiatif untuk menegas-kan di depan pengadilan Surgawi bahwa kita adalah milik-Nya. 2.Setiap orang diharapkan dapat MENUMBUHKAN perasaan kasih kepada Allah, yang mengumumkan penghakiman untuk kepentingan orang-orang kudus, memberikan kekuatan atau semangat hidup dan dorongan kepada mereka serta meng-hukum tanduk kecil dan para pengikutnya. 3.Setiap orang diharapkan dapat TUNDUK kepada rencana Allah dan menjadi bagian dari solusi-Nya bagi manusia. Prepared by : Togu F. Tampubolon, ss/pp dsks 9/4/13 Alamat Telp No.Hp TUHAN MEMBERKATI...Selamat Melayani...


Download ppt "Ayat Hafalan : Sesudah kematian-Nya Yesus memulai suatu tahapan pekerjaan baru untuk kita. Ia menjadi Imam Besar kita di Bait Suci di surga. Penghakiman."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google