Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BERANI TAMPIL BEDA Oleh Pdt. DR. R. W. Sagala Dunia dimana kita hidup sekarang ini begitu cepat berkembang. Seiring dengan itu, kehidupan manusia juga.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BERANI TAMPIL BEDA Oleh Pdt. DR. R. W. Sagala Dunia dimana kita hidup sekarang ini begitu cepat berkembang. Seiring dengan itu, kehidupan manusia juga."— Transcript presentasi:

1

2 BERANI TAMPIL BEDA Oleh Pdt. DR. R. W. Sagala

3 Dunia dimana kita hidup sekarang ini begitu cepat berkembang. Seiring dengan itu, kehidupan manusia juga cenderung untuk semakin menjauhi harapan Allah, dan manusia (termasuk orang Kristen) semakin hidup menyerupai dunia.

4 Bagaimana dengan para mahasiswa dan orang-orang muda? Bilamana kita membaca dan mendengarkan berita dari media eloktronika, maka kita sering mendengarkan berita yang tidak enak mengenai tingkah laku orang muda: para mahasiswa sering mengadakan tawuran, demonstrasi dan hal-hal buruk lainnya, sehingga kegiatan belajar kadang kala menjadi terkendala.

5 Mahasiswa PTASN. Harus berani tampil beda. Gaya hidup mahasiswa PTASN harus berbeda dengan gaya hidup mahasiswa PT atau Universitas lainnya. Gaya Hidup mahasiswa PTASN adalah gaya hidup orang Kristen, Beda dengan gaya hidup orang dunia.

6 Nasehat Alkitab “Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni.” 2 Timotius 2:22

7 Pada era globalisasi saat ini anak-anak muda berusaha tampil mengikuti tren yang sedang berkembang. Anak- anak muda berusaha untuk mendapatkan pengakuan dari lingkungan sekitarnya. Mereka berusaha agar dapat diterima dalam lingkungan pergaulannya dengan cara mengikuti tren yang ada saat ini. Jika mereka tidak mengikuti tren yang sedang berkembang, maka mereka akan dianggap ketinggalan zaman dan kurang pergaulan.

8 Banyak hal yang bisa dianggap tren bagi anak muda:

9 Cara berpakaian, cara berbicara, cara berdandan/bergaya, gaya hidup, tempat jalan-jalan, tempat hiburan, tempat berbelanja, barang- barang mewah, musik, film, teknologi gadget, internet.

10 bahkan sampai kepada kebiasaan buruk yaitu merokok hingga kepada kebiasaan untuk “dugem” yaitu dunia gemerlap (kehidupan malam)

11 Anak-anak muda yang tidak mau mengikuti tren masa kini sering sekali mendapat tekanan dari teman- temannya. Bukanlah merupakan suatu hal yang mudah untuk menolak atau tidak mengikuti tren yang ada.

12 Sebagai anak muda Kristen yang dididik di sekolah Kristen, kita harus dengan cermat mengikuti tren- tren yang ada. Anak-anak muda harus pintar-pintar memilih tren apa yang baik dan apa yang tidak baik bagi mereka, agar tetap berjalan dalam kehendak Tuhan dan tidak menyimpang dari jalanNya.

13 5 Cara agar anak-anak muda dapat tetap di dalam Tuhan dan berani tampil berbeda dengan dunia ini?

14 1. Mempersembahkan diri sepenuhnya kepada Allah. Roma 12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.

15 2. Hidup sesuai dengan Firman Tuhan Maz 119:9 “Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu. ”

16 3. Menjauhi Hawa Nafsu 1 Yoh 2:16 “Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. ”

17 4. Menjadi Teladan 1 Tim 4:12 “Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang- orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.”

18 5. Mau berubah Roma 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

19

20 Dalam spesiesnya, elang adalah merupakan mahluk yang memiliki rentang hidup yang terpanjang

21 Tapi untuk mencapai usia ini, elang harus membuat keputusan yang sangat sulit Dia dapat hidup sampai 70 tahun lamanya

22 Cakarnya yang panjang dan fleksibel itu tidak dapat lagi berfungsi untuk mengambil mangsanya untuk menjadi makanannya Dalam usianya yang ke 40 tahunan

23 Paruhnya yang panjang dan tajam itu menjadi bengkok

24 Usianya yang tua dan berat sayapnya, oleh karena bulunya yang begitu tebal, yang sampai menempel ke dadanya membuatnya sulit untuk terbang.

25 Kemudian, elang itu akan menghadapi dua pilihan: apakah dia mati atau dia harus melalui proses menyakitkan dengan harus mengalami proses perubahan yang berlangsung selama 150 hari.

26 Proses ini menharuskan elang itu untuk terbang ke puncak gunung dan duduk di sana disarangnya

27 Disana elang itu harus mematuk-matukkan paruhnya ke batu sampai akhirnya paruhnya itu itupun tercomot atau patah.

28 Setelah paruhnya tercabut keluar, elang itu akan menunggu paruh barunya tumbuh kembali dan kemudian akan cakarnyapun akan keluar lagi

29 Bilamana cakar barunya itu “tumbuh” kembali, maka elang itupun mulai mencabuti bulu-bulunya yang sudah tua itu.

30 30 tahun lagi Dan setelah lima bulannya, elang itupun kembali mulai menikmati penerbangannya yang terkenal itu, ia pun mengalami “kelahiran kembali” dan hidup untuk:.

31 Sering kali, untuk dapat bertahan hidup kita harus memulai proses perubahan. Mengapa perubahan itu diperlukan? Kadang-kadang kita perlu menyingkirkan kenangan-kenangan lama, kebiasaan-kebiasaan dan tradisi masa lalu lainnya. Hanya bilamana bebas dari beban masa lalu, kita bisa mengambil keuntungan dari sekarang..

32 • “Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda. • Berbahagialah orang yang telah membuat penuh tabung panahnya dengan semuanya itu. Ia tidak akan mendapat malu, apabila ia berbicara dengan musuh-musuh di pintu gerbang. ” Maz 127:4-5


Download ppt "BERANI TAMPIL BEDA Oleh Pdt. DR. R. W. Sagala Dunia dimana kita hidup sekarang ini begitu cepat berkembang. Seiring dengan itu, kehidupan manusia juga."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google