Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MATERI KULIAH 25 KARAKTER USAHAWAN AGRIBISNIS MATERI KULIAH 25 KARAKTER USAHAWAN AGRIBISNIS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MATERI KULIAH 25 KARAKTER USAHAWAN AGRIBISNIS MATERI KULIAH 25 KARAKTER USAHAWAN AGRIBISNIS."— Transcript presentasi:

1

2 MATERI KULIAH 25 KARAKTER USAHAWAN AGRIBISNIS MATERI KULIAH 25 KARAKTER USAHAWAN AGRIBISNIS

3 25 KARAKTER USAHAWAN MUSLIM 1. Kecanduan Terhadap Waktu Waktu adalah ibarat sehelai kertas kehidupan yang harus ditulis dengan deretan kalimat kerja dan prestasi. Mereka yang sukses adalah mereka yang tidak mau sedetik pun berlalu tanpa makna. Waktu adalah ibarat sehelai kertas kehidupan yang harus ditulis dengan deretan kalimat kerja dan prestasi. Mereka yang sukses adalah mereka yang tidak mau sedetik pun berlalu tanpa makna.

4 2. Memiliki Moralitas yang Bersih (Ikhlas) Berbudaya kerja islami itu adalah nilai keikhlasan. Mukhlis adalah mereka yang memandang sesuatu secara telanjang atau memang demikian seharusnya (as it is).

5 3. Kecanduan Kejujuran Pribadi muslim adalah tipe manusia (addict) kejujuran; Perilaku yang jujur adalah bertanggung jawab atas apa yang diperbuatnya tersebut atau integritas.

6 4. Memiliki Komitmen (Aqidah, Aqad, Itiqad Ciri-ciri orang yang berkomitmen : – –Siap berkorban demi pemenuhan sasaran perusahaan yang lebih penting – –Merasakan dorongan semangat dalam misi yang lebih besar. – –Menggunakan nilai-nilai kelompok dalam pengambilan keputusan dan penjabaran pilihan-pilihan.

7 5. Istiqamah, Kuat Pendirian Seorang yang istiqamah selalu konsisten pada niat semula. Istiqamah berarti berhadapan dengan segala rintangan masih tetap qiyam “berdiri”.

8 6. Kecanduan Disiplin Pribadi yang berdisiplin sangat berhati- hati penuh tanggung jawab memenuhi kewajibannya. Mata hati dan profesinya terarah pada hasil yang akan diraih (achievements) sehingga mampu menyesuaikan diri dalam situasi yang menantang.

9 7. Konsekuen dan Berani Menghadapi Tantangan (Challenge) Ciri lain dari pribadi muslim keberaniannya menerima konsekuensi dari keputusannya. Hidup adalah pilihan (life is a choice) dan setiap pilihan merupakan tanggung jawab pribadinya.

10 8. Memiliki Sikap Percaya Diri – –Ciri kepribadian sikap percaya diri : - Berani untuk menyatakan pendapat walaupun beresiko – –- Mereka mampu menguasai emosinya, – –- Mereka memiliki independensi yang sangat kuat dan tidak mudah terpengaruh oleh sikap orang lain tetapi untuk hal yang positif cepat untuk menerimanya.

11 9. Orang yang Kreatif Goldman merangkum ciri orang-orang yang kreatif atau disebutnya sebagai star performer memiliki : 1. Bersemangat untuk meningkatkan dan memenuhi standar keunggulan 2. Menetapkan sasaran yang menantang dan berani mengambil risiko 3. Kuatnya motivasi untuk berprestasi 4. Mencari informasi guna mengurangi ketidakpastian dan mencari jalan yang terbaik, 5. Tekun belajar untuk meningkatkan kinerja

12 • Tahapan Creatif : Keterbukaan. Pengendapan. Reproduksi. Evaluasi. Pengembangan diri. Keterbukaan. Pengendapan. Reproduksi. Evaluasi. Pengembangan diri.

13 10.Bertanggung Jawab. Tanggung Jawab yang didasarkan iman dan Taqwa ialah sikap dan tindakan seseorang di dalam menerima sesuatu amanah dengan penuh rasa cinta dan ingin melaksanakannya dalam bentuk pilihan pilihan yang melahirkan amal prestatitif.

14 • Orang yang bertanggung jawab memahami pekerjaannya sebagai amanah yang harus dikerjakan dengan penuh kesungguhan,yang kemudian melahirkan suatu keyakinan yang mendalam bahwa bekerja itu ibadah berprestasi itu Indah.

15 Pantangan orang yang bertanggung jawab : Pantangan orang yang bertanggung jawab : Kekayaan tanpa kerja,kenikmatan tanpa suara hati,pengetahuan tanpa karakter,perdagangan tanpa Etica,Ilmu pengetahuan tanpa kemanusiaan,Agama tanpa pengorbanan,Politik tanpa Prinsip.

16 11. Bahagia Karena hidupny berguna  Self Awarness and Self Esteem Menanamkan kesadaran diri bahwa melayani merupakan bagian dari misi seseorang muslim Menanamkan kesadaran diri bahwa melayani merupakan bagian dari misi seseorang muslim  Empathy and Enthusiasm Lakukanlah empati dan melayani dengan sepenuh hati. Lakukanlah empati dan melayani dengan sepenuh hati.  Reform and Recover Berusaha lebih baik dan lebih baik lagi dan selalu memperbaiki diri dengan cepat Berusaha lebih baik dan lebih baik lagi dan selalu memperbaiki diri dengan cepat  Victory and Vision Merebut hati dan membawa misi untuk membangun kebahagiaan dan kemenangan bersama. Merebut hati dan membawa misi untuk membangun kebahagiaan dan kemenangan bersama.

17  Impressive and Improvement Memberikan pelayanan yang mengesankan dan meningkatkan perbaikan pelayanan. Memberikan pelayanan yang mengesankan dan meningkatkan perbaikan pelayanan.  Care, Cooperativeness, and Communication Tunjukan perhatian yang mendalam dan kembangkanlah nilai-nilai yang mampu membuka kerjasama. Tunjukan perhatian yang mendalam dan kembangkanlah nilai-nilai yang mampu membuka kerjasama.  Evaluation and Emporwement Lakukanlah penilaian, perenungan, dan upayakanlah selalu untuk memperdayakan seluruh aset yang ada. Lakukanlah penilaian, perenungan, dan upayakanlah selalu untuk memperdayakan seluruh aset yang ada.

18 12. Mereka Memiliki Harga Diri Aparat yang profesional dan berakhlak akan berfikir dalam format tiga dimensi, yaitu konsep diri, citra diri, dan harga diri.Harga diri adalah penilaian menyelurtuh atas diri sendiri,

19 13. Memiliki Jiwa Kepemimpinan Tiga komponen yang mutlak dibutuhkan oleh para calon pemimpin : – –Vision – – Mampu menjelaskan arah dan tujuan serta alasannya. – –Value – – Memimpin dengan cinta. Memiliki prinsip- prinsip nilai. – –Vitality – – Memiliki daya vitalitas atau energi yang sangat kuat

20 14. Mereka Berorientasi Ke Masa Depan Kegiatan yang benar-benar terencanakan, terarah dan memiliki tujuan yang jelas ke depan.

21 15. Hidup Berhemat dan Efisien Dia akan selalu berhemat, Cara hidupnya efesien. Berhemat berarti mengestimasi apa yang akan terjadi di masa depan bukan untuk menumpuk harta.

22 16. Memiliki Jiwa Kewiraswasta Jiwa wiraswasta yang tinggi, yaitu kesadaran dan kemampuan Jiwa wiraswasta yang tinggi, yaitu kesadaran dan kemampuan untuk melihat segala fenomena yang ada di sekitarnya, untuk untuk melihat segala fenomena yang ada di sekitarnya, untuk keluar dari persolan diri(pengangguran, kemiskinan,) keluar dari persolan diri(pengangguran, kemiskinan,)

23 SEMBILAN JIWA KEWIRA USAHAAN  Commitment ( Niat yang kuat )  Confidence ( Percaya Diri )  Cooperative ( Terbuka dan Berkerjasama )  Care ( Sangat Perhatian )  Creative ( Selalu Mencari Terobosan Baru )  Challenge ( Siap akan Tantangan )  Calculation ( Keputusan berdasarkan hitungan obejektif,  nalar, dan faktual )  Communications ( Komunikasi yang lancar dan luas )  Competiveness ( Suka berkompetisi )  Change ( Tidak takut akan perubahan )

24 20. Memiliki Semangat Perantauan Suatu dorongan untuk melakukan perantauan. Jiwa perantauannya mengantarkan dirinya untuk mampu mandiri, menyesuaikan diri, dan pandai menyimak dan menimbang budaya orang lain.

25 Semangat bertanding citra seseorang muslim memiliki semangat jihad. Bertanding dalam segala lapangan kebajikan dan meraih prestasi, dihayati dengan penuh rasa tanggung jawab. 17. Memiliki Insting Bertanding

26 18. Keinginan Untuk Mandiri Daya inovasi dan kreatifitas terdapat pada jiwa yang merdeka, jiwa yang terjajah akan terpuruk dalam penjara nafsunya sendiri, sehingga tidak mampu mengaktualisasikan aset, kemampuan, potensi ilahiahnya.

27 19.Kecanduan Belajar dan Haus Mencari Ilmu Menyadari sepenuhnya bahwa ilmu adalah kunci kemudahan dalam melakukan segala aktivitas kehidupan sehingga sangat dibutuhkan bagi pribadi pribadi yang ingin sukses dalam usahanya

28 21. Memperhatikan Kesehatan dan Gizi Sangat memelihara kebugaran dan kesegaran jasmani. Kesehatan merupakan kekayaan yang tidak ternilai, sehingga kewajiban untuk memeliharanya dengan baik.

29 22. Tangguh dan Pantang Menyerah Bekerja keras, ulet, dan pantang menyerah. Keuletan merupakan modal menghadapi tantangan / tekanan (pressure). “ No pain no gain, no free lunch for such a things, no deal no venture ” Tidak ada suatu yang kita capai kecuali dengan pengorbanan yang sungguh – sungguh untuk meraihnya.

30 23. Berorientasi Pada Produktivitas Sikap yang konsekuen dalam bentuk perilaku yang mengarah pada cara kerja yang efisien ( hemat energi ) merupakan modal dasar menjadi manusia berorientasi kepada nilai – nilai produktif.

31 24. Memperkaya Jaringan Silahturahim Silahturahim mempunyai 3 sisi yang menguntungkan yaitu : Memberikan nilai ibadah, Panjang umur karena didoakan orang lain, Memberikan peluang dan kesempatan usaha. Silahturahmi adalah lampu penerang yang dapat mengangkat martabat seseorang dihadapan manusia.

32 25. Memiliki Semangat Perubahan ( Spirit Of Change ) • • Meneliti dan menimbang kelemahan dan kekuatan kita dan bagaimana keluar dari permasalahan. Inilah yang dimaksud dengan Iqra’! • • Iqra’ berarti mengumpulkan atau menyusun sesuatu sehingga mempunyai arti.Iqra’ yang terdiri dari alif, qaf, ra, dan alif.


Download ppt "MATERI KULIAH 25 KARAKTER USAHAWAN AGRIBISNIS MATERI KULIAH 25 KARAKTER USAHAWAN AGRIBISNIS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google