Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Peranan Penting Dunia IT Pada Perkembangan Budaya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Peranan Penting Dunia IT Pada Perkembangan Budaya."— Transcript presentasi:

1 Peranan Penting Dunia IT Pada Perkembangan Budaya

2  Apakah IT ?  Bagaimana Perkembangan IT ?  Seberapa Penting IT Bagi Manusia ?  Budaya dan Perkembangannya  Apakah Peranan IT Bagi Perkembangan Budaya ?  Kesimpulan  Referensi TOPIK PEMBAHASAN

3 Apakah IT [Information Technology] ?  Martin (2002) : IT tidak hanya terbatas pada teknologi komputer perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi  Lucas (2000) : IT adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan infromasi dalam bentuk elektronis  IT adalah bidang pengelolaan teknologi dan mencakup berbagai bidang yang termasuk tetapi tidak terbatas pada hal-hal seperti proses, perangkat lunak komputer, sistem informasi, perangkat keras komputer, bahasa program, dan data konstruksi. Singkatnya, apa yang membuat data, informasi atau pengetahuan yang dirasakan dalam format visual apapun, melalui setiap mekanisme distribusi multimedia, dianggap bagian dari TI. TI menyediakan bisnis dengan empat set layanan inti untuk membantu menjalankan strategi bisnis: proses bisnis otomatisasi, memberikan informasi, menghubungkan dengan pelanggan, dan alat-alat produktivitas.

4 [Cont] Apakah IT [Information Technology] ?

5 Bagaimana Perkembangan IT ? Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi, bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain tetapi itu tidak bertahan secara lama karena Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas.Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.

6 [Cont] Bagaimana Perkembangan IT ? Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu. Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, televisi, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.

7 Seberapa Penting IT Bagi Manusia ? Bayangkan pada zaman sekarang kita tidak dapat mengetahui perkembangan teknologi atau tidak memiliki perangkat teknologi. Apa yang terjadi? Yang pastinya Kita akan ketinggalan banyak informasi penting pada kehidupan ini. Baik informasi tentang di sekeliling Kita maupun informasi yang ada di dunia ini.

8 Budaya dan Perkembangannya  Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.  Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia  Kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak

9 [Cont] Budaya dan Perkembangannya Menurut J.J. Hoenigman, wujud kebudayaan dibedakan menjadi tiga, yaitu :  Gagasan [Wujud ideal] Wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide- ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abstrak, tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud kebudayaan ini terletak dalam kepala-kepala atau di alam pemikiran warga masyarakat. Jika masyarakat tersebut menyatakan gagasan mereka itu dalam bentuk tulisan, maka lokasi dari kebudayaan ideal itu berada dalam karangan dan buku-buku hasil karya para penulis warga masyarakat tersebut.  Aktivitas [tindakan] Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial. Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang saling berinteraksi, mengadakan kontak, serta bergaul dengan manusia lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata kelakuan. Sifatnya konkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat diamati dan didokumentasikan.

10 [Cont] Budaya dan Perkembangannya  Artefak [karya] Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda- benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan. Sifatnya paling konkret di antara ketiga wujud kebudayaan. Dalam kenyataan kehidupan bermasyarakat, antara wujud kebudayaan yang satu tidak bisa dipisahkan dari wujud kebudayaan yang lain. Sebagai contoh: wujud kebudayaan ideal mengatur dan memberi arah kepada tindakan (aktivitas) dan karya (artefak) manusia.

11 [Cont] Budaya dan Perkembangannya Budaya memiliki beberapa elemen atau komponen, menurut ahli antropologi, yaitu :  Kebudayaan material Kebudayaan material mengacu pada semua ciptaan masyarakat yang nyata, konkret. Termasuk dalam kebudayaan material ini adalah temuan-temuan yang dihasilkan dari suatu penggalian arkeologi: mangkuk tanah liat, perhisalan, senjata, dan seterusnya. Kebudayaan material juga mencakup barang-barang, seperti televisi, pesawat terbang, stadion olahraga, pakaian, gedung pencakar langit, dan mesin cuci.  Kebudayaan nonmaterial Kebudayaan nonmaterial adalah ciptaan-ciptaan abstrak yang diwariskan dari generasi ke generasi, misalnya berupa dongeng, cerita rakyat, dan lagu atau tarian tradisional.

12 [Cont] Budaya dan Perkembangannya  Lembaga sosial Lembaga social dan pendidikan memberikan peran yang banyak dalam kontek berhubungan dan berkomunikasi di alam masyarakat. Sistem social yang terbantuk dalam suatu Negara akan menjadi dasar dan konsep yang berlaku pada tatanan social masyarakat. Contoh Di Indonesia pada kota dan desa dibeberapa wilayah, wanita tidak perlu sekolah yang tinggi apalagi bekerja pada satu instansi atau perusahaan. Tetapi di kota – kota besar hal tersebut terbalik, wajar seorang wanita memilik karier  Sistem kepercayaan Bagaimana masyarakat mengembangkan dan membangun system kepercayaan atau keyakinan terhadap sesuatu, hal ini akan mempengaruhi system penilaian yang ada dalam masyarakat. Sistem keyakinan ini akan mempengaruhi dalam kebiasaan, bagaimana memandang hidup dan kehidupan, cara mereka berkonsumsi, sampai dengan cara bagaimana berkomunikasi.

13 [Cont] Budaya dan Perkembangannya  Estetika Berhubungan dengan seni dan kesenian, music, cerita, dongeng, hikayat, drama dan tari –tarian, yang berlaku dan berkembang dalam masyarakat. Seperti di Indonesia setiap masyarakatnya memiliki nilai estetika sendiri. Nilai estetika ini perlu dipahami dalam segala peran, agar pesan yang akan kita sampaikan dapat mencapai tujuan dan efektif. Misalkan di beberapa wilayah dan bersifat kedaerah, setiap akan membangun bagunan jenis apa saja harus meletakan janur kuning dan buah – buahan, sebagai symbol yang arti disetiap derah berbeda. Tetapi di kota besar seperti Jakarta jarang mungkin tidak terlihat masyarakatnya menggunakan cara tersebut.  Bahasa Bahasa merupakan alat pengatar dalam berkomunikasi, bahasa untuk setiap walayah, bagian dan Negara memiliki perbedaan yang sangat komplek. Dalam ilmu komunikasi bahasa merupakan komponen komunikasi yang sulit dipahami. Bahasa memiliki sidat unik dan komplek, yang hanya dapat dimengerti oleh pengguna bahasa tersebu. Jadi keunikan dan kekomplekan bahasa ini harus dipelajari dan dipahami agar komunikasi lebih baik dan efektif dengan memperoleh nilai empati dan simpati dari orang lain.

14 [Cont] Budaya dan Perkembangannya Perubahan sosial budaya Perubahan sosial budaya dapat terjadi bila sebuah kebudayaan melakukan kontak dengan kebudayaan asing. Sehingga terjadi gejala berubahnya struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat. Ada tiga faktor yang dapat memengaruhi perubahan sosial:  Tekanan kerja dalam masyarakat  Keefektifan komunikasi  Perubahan lingkungan alam Perubahan budaya juga dapat timbul akibat timbulnya perubahan lingkungan masyarakat, penemuan baru, dan kontak dengan kebudayaan lain. Sebagai contoh, berakhirnya zaman es berujung pada ditemukannya sistem pertanian, dan kemudian memancing inovasi- inovasi baru lainnya dalam kebudayaan.

15 [Cont] Budaya dan Perkembangannya Kebudayaan di antara masyarakat Sebuah kebudayaan besar biasanya memiliki sub-kebudayaan (atau biasa disebut sub-kultur), yaitu sebuah kebudayaan yang memiliki sedikit perbedaan dalam hal perilaku dan kepercayaan dari kebudayaan induknya. Munculnya sub-kultur disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya karena perbedaan umur, ras, etnisitas, kelas, aesthetik, agama, pekerjaan, pandangan politik dan gender, Ada beberapa cara yang dilakukan masyarakat ketika berhadapan dengan imigran dan kebudayaan yang berbeda dengan kebudayaan asli. Cara yang dipilih masyarakat tergantung pada seberapa besar perbedaan kebudayaan induk dengan kebudayaan minoritas, seberapa banyak imigran yang datang, watak dari penduduk asli, keefektifan dan keintensifan komunikasi antar budaya, dan tipe pemerintahan yang berkuasa.

16 [Cont] Budaya dan Perkembangannya  Monokulturalisme : Pemerintah mengusahakan terjadinya asimilasi kebudayaan sehingga masyarakat yang berbeda kebudayaan menjadi satu dan saling bekerja sama.  Leitkultur (kebudayaan inti) : Sebuah model yang dikembangkan oleh Bassam Tibi di Jerman. Dalam Leitkultur, kelompok minoritas dapat menjaga dan mengembangkan kebudayaannya sendiri, tanpa bertentangan dengan kebudayaan induk yang ada dalam masyarakat asli.  Melting Pot : Kebudayaan imigran/asing berbaur dan bergabung dengan kebudayaan asli tanpa campur tangan pemerintah.  Multikulturalisme : Sebuah kebijakan yang mengharuskan imigran dan kelompok minoritas untuk menjaga kebudayaan mereka masing- masing dan berinteraksi secara damai dengan kebudayaan induk.

17 Apakah Peranan IT Bagi Perkembangan Budaya ? Banyak peranan IT yang dapat dilihat mengikuti perkembangan budaya. Baik peranan yang bersifat positif maupun negatif. Hal tersebut dapat terlihat dari berbagai sudut pandang manusia. Yaitu : POSITIF  Dapat dengan mudah mencari referensi di dalam memperoleh informasi seputar budaya  Ikut berperan serta dalam penyebaran informasi budaya  Menjadikan IT sebagai ajang kompetisi dalam mengembangkan budaya  Menjadikan IT sebagai penghubung 1 budaya dengan budaya yang lain pada satu bangsa ataupun pada berbagai bangsa

18 [Cont] Apakah Peranan IT Bagi Perkembangan Budaya ? NEGATIF  Merosotnya moral di kalangan masyarakat. [contoh : Masuk di peringkat 1 negara tertinggi pengakses film porno. Detik.com 14/03/2012]  Menjadi pemicu perbedaan tingkat sosial di masyarakat  Penyalahgunaan demi kepentingan pribadi atau golongan  Menjadi salah satu penyebab hilangnya etika dalam bermasyarakat

19 KESIMPULAN  Informasi seputar budaya dapat dengan cepat tersebar luas  IT menjadikan Kita menjadi manusia yang peduli akan perkembangan budaya pada sekitar Kita, Bahkan seputar Negara2 lain.  IT dapat di jadikan sebagai salah satu alternatif untuk mencari tahu tentang asal budaya yang melekat pada diri Kita  Dengan semakin pesatnya perkembangan IT, Kita dituntut harus tetap menjaga etika di dalam pencarian atau penyebaran informasi.  Masyarakat di tuntut harus lebih bijaksana dalam menyaring atau menyebar luaskan informasi pada kalangan lain.

20 REFERENSI  wikipedia Indonesia  detik.com  asanisembiring.wordpress.com

21 SEKIAN DAN TERIMA KASIH MOHON MAAF ATAS SEGALA KEKURANGAN DALAM SEMINAR INI


Download ppt "Peranan Penting Dunia IT Pada Perkembangan Budaya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google