Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ertemuan 5 Berkomunikasi Antarbudaya. Komunikasi Bisnis Lintas Budaya Pentingnya Komunikasi Lintas Budaya –Sebagai pertukaran informasi antar negara atau.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ertemuan 5 Berkomunikasi Antarbudaya. Komunikasi Bisnis Lintas Budaya Pentingnya Komunikasi Lintas Budaya –Sebagai pertukaran informasi antar negara atau."— Transcript presentasi:

1 ertemuan 5 Berkomunikasi Antarbudaya

2 Komunikasi Bisnis Lintas Budaya Pentingnya Komunikasi Lintas Budaya –Sebagai pertukaran informasi antar negara atau wilayah –Mempererat hubungan kerjasama antara negara atau wilayah –Memenuhi kebutuhan suatu negara atau wilayah

3 Budaya Pengertian –Sekumpulan pengalaman hidup yang ada dalam masyarakat mereka sendiri. (Lehman, Himstreet, Baty) –System sharing atas simbol-simbol, kepercayaan, sikap, nilai-nilai, harapan, dan norma-norma untuk berperilaku.(Bovee & Till)

4 Budaya Komponen Budaya –Setiap elemen terdiri oleh beberapa komponen utamanya, yaitu: nilai-nilai (baik atau buruk, diterima atau ditolak), norma-norma (tertulis dan tidak tertulis), simbol-simbol, bahasa dan pengetahuan. (Lehman, Himstreet, Baty) –Komponen budaya mencakup bahasa, kepercayaan (keyakinan), sopan santun, adat istiadat, seni, pendidikan, humor, dan organisasi sosial. (Mitchell)

5 Budaya Komponen Budaya –Budaya memiliki beberapa elemen: (Cateora) Budaya Material: terdiri dari teknologi dan ekonomi –Teknologi mencakup teknik atau cara yang digunakan untuk mengubah atau membentuk material menjadi suatu produk yang dapat berguna bagi masyarakat. –Ekonomi: suatu cara orang menggunakan segala kemampuannya untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain, termasuk kegiatan menghasilkan barang dan jasa, distribusi, konsumsi.

6 Budaya Komponen Budaya –Budaya memiliki beberapa elemen: (Cateora) Organisasi Sosial –Suatu lembaga yang berkaitan dengan cara bagaimana seseorang berhubungan dengan orang lain, mengorganisasikan kegiatan mereka untuk dapat hidup secara harmonis dengan yang lain, dan mengajar perilaku yang dapat diterima oleh generasi berikutnya. Sistem Kepercayaan atau Keyakinan –Yang dianut oleh suatu masyarakat akan berpengaruh terhadap sistem sosial yang ada dimasyarakat tersebut.

7 Budaya Komponen Budaya –Budaya memiliki beberapa elemen: (Cateora) Estetika –Berkaitan dengan seni, dongeng, hikayat, musik, drama, dan tari-tarian. –Nilai-nilai estetika yang ditunjukkan masyarakat dalam berbagai peran tentunya perlu dipahami secara benar, agar pesan yang disampaikan mencapai sasaran yang efektif. Bahasa –Cara yang digunakan seseorang dalam mengungkapkan sesuatu melalui simbol-simbol tertentu kepada orang lain.

8 Budaya Tingkatan Budaya –Formal Tradisi atau kebiasaan yang dilakukan oleh suatu masyarakat yang turun-temurun dari suatu generasi ke generasi berikutnya dan hal itu bersifat formal atau resmi. –Informal Budaya lebih banyak diteruskan oleh suatu masyarakat dari generasi ke generasi berikutnya melalui apa yang didengar, dilihat, dipakai (digunakan), dan dilakukan, tanpa diketahui alasan mengapa hal itu dilakukan.

9 Budaya Tingkatan Budaya –Teknis Bukti-bukti dan aturan-aturan merupakan hal tang terpenting. Terdapat penjelasan logis mengapa sesuatu harus dilakukan dan yang lain tidak boleh dilakukan.

10 Budaya Perbedaan Budaya –Nilai-nilai Sosial –Peran dan Status –Pengambilan Keputusan –Konsep Waktu –Konsep Jarak Komunikasi –Konteks Budaya –Bahasa Tubuh –Perilaku Sosial –Perilaku Etis –Perbedaan Budaya Perusahaan

11 Budaya Meningkatkan Sensitivitas Antarbudaya –Mengatasi Etnosentrisme dan Stereotip Etnosentrisme adalah kecenderungan untuk menilai semua kelompok lain menurut standar, perilaku, dan kebiasaan menurut kelompoknya sendiri. –Tips untuk mengatasi ethnosentris: Hindari membuat asumsi, hindari menghakimi, akui adanya perbedaan Stereotip adalah memberikan atribut yang digeneralisasi pada seorang individu atas dasar keanggotaannya pada satu kelompok tertentu.

12 Budaya Meningkatkan Sensitivitas Antarbudaya –Mengenali Variasi Budaya Perbedaan budaya mengarah pada kesalahan komunikasi Perlakukan orang lain sesuai dengan cara yang mereka ingin diperlakukan.

13 Budaya Meningkatkan Sensitivitas Antarbudaya –Mengenali Variasi Budaya Perbedaan Budaya Kontekstual –Pola mengenai isyarat fisik, stimuli lingkungan, dan pemahaman implisit yang menyampaikan arti di antara anggota-anggota dari budaya yang sama. Perbedaan Hukum dan Etika Perbedaan-perbedaan Sosial Perbedaan Nonverbal Perbedaan Umur Perbedaan Gender

14 Budaya Memperbaiki Keterampilan Berkomunikasi Antarbudaya –Mempelajari budaya-budaya dan bahasa-bahasa lain –Menghargai preferensi gaya –Menggunakan interpreter, penerjemah dan peranti lunak terjemah –Membantu orang lain beradaptasi dengan budaya kita –Mendengarkan dengan seksama –Menulis dan berbicara dengan jelas


Download ppt "Ertemuan 5 Berkomunikasi Antarbudaya. Komunikasi Bisnis Lintas Budaya Pentingnya Komunikasi Lintas Budaya –Sebagai pertukaran informasi antar negara atau."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google