Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA OLEH ACIP RAKHMAT PERTEMUAN V.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA OLEH ACIP RAKHMAT PERTEMUAN V."— Transcript presentasi:

1 KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA OLEH ACIP RAKHMAT PERTEMUAN V

2 Pengertian Komunikasi bisnis lintas budaya adalah komunikasi yg digunakan dalam dunia bisnis baik komunikasi verbal maupun nonverbal dengan memperhatikan faktor-faktor budaya disuatu daerah, wilayah atau negara. Lintas budaya tidak terbatas kepada budaya asing, tetapi juga budaya yang tumbuh dan berkembang di berbagai daerah dalam suatu wilayah negara. Pemahaman atas suatu budaya tertentu sangat penting berkaitan dengan operasional dan pengembangan suatu perusahaan (bisnis) Pendekatan pengembangan usaha dengan memperhatikan kearifan bidaya lokal.

3 Pentingnya Komunikasi Bisnis Lintas Budaya : Perbedaan budaya  hambatan komunikasi yang paling sulit diatasi. Era globalisasi  perusahaan berubah orientasi. Perusahaan tertutup  terbuka, lokal  nasional  multinasional. Contoh: IBM, Unilever, P&G dan Coca cola. Kerjasam perdagangan internasional : WTO, NAFTA, AFTA

4 Budaya  simbol, keyakinan, sikap, nilai, harapan, dan norma tingkah laku yang dimiliki bersama (Bovee dan Thill, 2003:68) Budaya  konvensi kebiasaan, sikap, dan perilaku sekelompok orang (Heart, 2004:125) Subbudaya  kelompok budaya yg cenderung homogen yg ada dalam suatu budaya utama (jawa,bali,bugis dll.) Deviant subculture  bukan subbudaya namun memiliki ciri2 yg mencolok (waria, pecandu dll.)

5 Komponen Budaya Budaya meliputi berbagai aspek sendi kehidupan manusia : dimensi hubungan antar manusia yg berbeda satu dengan yg lainnya. Lehman, Himstreet dan Bety : Nilai-nilai, Norma-norma, simbol-simbol, bahasa dan pengetahuan. Mitchel : Bahasa, kepercayaan/keyakinan, sopan santun, adat istiadat, seni, pendidikan, humor dan organisasi sosial. Cateora : budaya material, lembaga sosial, sistem kepercayaan, estetika dan bahasa.

6 Mengenali Perbedaan Budaya Perbedaan budaya muncul dalam bentuk:  Nilai-nilai sosial.  Peran dan status.  Ada pembuatan keputusan.  Konsep mengenai waktu  Konsep ruang pribadi  Konteks budaya  Bahasa tubuh  Tingkah laku sosial dan sopan santun  Tingkah laku legal dan etis  Budaya perusahaan

7 Reaksi Etnosentris Etnosentrisme  kecenderungan untuk menilai semua kelompok lain menurut standar, tingkah laku, dan tradisi kelompok sendiri serta memandang kelompok lain lebih rendah (Bovee dan Thill, 2003:78) Orang yg etnosentris  stereotip  memperkirakan tingkah laku atau karakter individu atas dasar keanggotaan mereka dalam kelompok atau kelas tertentu.


Download ppt "KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA OLEH ACIP RAKHMAT PERTEMUAN V."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google