Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pirates of The Silicon Valley Dosen : Ika Atsari Dewi, STP, MP.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pirates of The Silicon Valley Dosen : Ika Atsari Dewi, STP, MP."— Transcript presentasi:

1 Pirates of The Silicon Valley Dosen : Ika Atsari Dewi, STP, MP.

2 • RAHMAD WARIS WAHDIANTO • RIZA NOFYANTI • ZEANNE SHEILLAZIS CHASIOPEA

3 • Judul Film : Pirates Of The Silicon Valley • Sutradara:Martyn Burke • Tahun : 1999 • Diangkat dari Buku : Fire in the Valley : The Making of the Personal Computer • Pengarang Buku:Paul Freiberger dan Michael Swaine • Pemeran Utama : oleh Noah Wyle sebagai Steve Jobs dan Anthony Michael Hall sebagai Bill Gates. • Konflik Cerita : dampak pada perkembangan Personal Computer, khususnya persaingan antara Apple Computer dan Microsoft

4 Film ini menceritakan tentang kisah nyata tentang perusahaan Microsoft dan Apple, perannya dalam Apple antara lain adalah: Steve jobs dan Steve Wozniak yang merupakan orang penting dibalik berdirinya Apple, dan orang-orang penting dibalik berdirinya Microsoft Corporation antara lain Bill Gates, Paul, Ballmer dan masih banyak beberapa orang penting lainnya.

5 Film ini bermula dari masa muda Steve Jobs dan Bill Gates pada tahun 1970-an. Pada masa itu, Steve Jobs membuat kotak biru yang digunakan untuk berkomunikasi, tetapi karena dianggap illegal Steve Jobs hampir ditangkap oleh polisi. Steve pun menghentikan usahanya itu dan berganti untuk membuat komputer. Tetapi usaha ini membuat Steve smakin bangkrut sehingga ia menhentikan usahanya untuk beberapa minggu.

6 Pada sisi lain, Bill Gates masih berusaha mengembangkan Microsoftnya. Suatu saat, Bill menawarkan bahasa pemrograman pada perusahaan MITS. Karena berhasil membuatn dan menjual Traf-O- Data, Bill mendapatkan komputer dari perusahaan MITS.

7 Sekarang beralih pada Steve Jobs. Steve berhasil membuat prototype (PC) dan mempromosikannya pada club pecinta komputer. Sehingga mereka mendapatkan pesanan yang cukup banyak. Tetapi modal untuk pembuatan PC tidak ada. Sehingga mereka mencari pinjaman di Bank tetapi mereka gagal. Pada akhirnya, mereka mendapatkan dana dari pegawai Intel Coorporation untuk mengembangkan proyek Apple. Pada suatu hari, mereka membuat pameran Apple dan membuat pengunjung sangat menyukai produk Apple.

8 Di sisi lain, Bill Gates yang mendengar tentang adanya pameran Apple. Ia pun mengunjungi pameran dan berusaha menemui Steve Jobs untuk bekerjasama antara Apple dengan Microsoft, tetapi Steve mananggapinya dengan sinis. Sehingga Bill Gates memutuskan untuk bisa bekerjasama dengan perusahaan IBM dengan menawarkan DOS( Disk Operating System). Bill pun mendapatkan proyek ini, sehingga Microsoft pun mulai dikenal.

9 Steve Jobs pun tak tinggal diam, untuk bisa terus menyalip IBM di pasar komputer ia butuh lebih dari sekadar inovasi biasa. Untuk tetap bisa menguasai pasar Apple menerbitkan Lisa. Lalu dengan geniusnya Jobs memanfaatkan proyek gagal dari perusahaan Xerox berupa teknologi mouse dan GUI (Graphic User Interface). Ia menggagas pembuatan komputer pribadi yang ia beri nama Macintosh.

10 Mengetahui komputer keluaran terbaru dari Apple yaitu Lisa, Bill Gates pun tak bisa diam. Dia mengambil langkah berani dengan mengajak Jobs bekerja sama dengan tujuan utama mempelajari teknologi Grafis dan Sistem Operasinya, niatnya hanya menginginkan Lisa, namun Macintosh pun didapatnya, Microsoft mendapatkan 3 prototype dari Apple.. Bill Gates diam-diam mengutak-atik sistem operasi dan teknologi Macintosh dan meluncurkan apa yang kita kenal sekarang sebagai Windows, padahal saat itu Macintosh belum diluncurkan.Tapi karena kelihaiannya Bill Gates dapat mengelabui Apple. Dari situlah Microsoft bekembang pesat dan jutru menjadi saingan berat bagi Apple.

11 Konflik internal dari pihak Apple sendiri adalah adanya persaingan antara Machintosh Developers dengan Apple II Developers dan Steve lebih memihak pada Machintosh. Hal inilah yang membuat Steve dipecat oleh presiden perusahaan di Apple. Bebrapa tahun berlalu, Apple dianggap kurang inovatif. Pada tahun 1997 Steve ditarik kembali ke Perusahaan Apple. Sedangkan Bill Gates menjadi pemegang saham terbesar di Apple.

12 Perbandingan Film dengan Landasan Teori Pemasaran adalah suatu proses kegiatan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor sosial, budaya, politik, ekonomi dan manajerial. Akibat berbagai faktor tersebut masing – masing individu maupun kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan dengan menciptakan, menawarkan dan menukarkan produk yang memiliki nilai komoditas (Nafarin, 2007).

13  Sedangkan pada film ini, Steve Jobs membuat Personal Computer yang lebih canggih dan ditawarkan pada club pecinta komputer dan Steve mendapatkan langsung mendapatkan pesanan komputer sebanyak 50 buah. Pada Bill Gates, dia membuat bahasa pemrogaman dan ditawarkan pada perusahaan komputer

14  Pada stratagi persaingan, di film menceritakan persaingan antara Apple Computer dengan Microsoft. Pada strategi persaingan tadapat tiga unsur yaitu segmentasi pasar, targeting dan positioning. Menurut Freddy (2006), bahwa segmentasi pasar adalah tindakan mengidentifikasi dan membentuk kelompok pembeli atau konsumen secara terpisah. Pada film Pirates Of The Silicon Valley, segmentasi pasarnya mahasiswa yang kebanyakan laki-laki yang berminat pada komputer. Selain itu, Bill Gates mengsegmentasikan produknya pada pengusaha- pengusaha dalam bidang pembuatan komputer.

15  Menurut Freddy (2006) targeting adalah suatu tindakan memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasukki. Pada film Pirates Of Silicon Valley Terget pasar, Steve Jobs memilih club pecinta komputer atau orang-orang yang membutuhkan komputer pada zaman itu. Sedangkan, Bill Gates lebih memilih perusahaan komputer yang belum memiliki bahasa pemrograman.

16  Unsur positioning menurut Freddy ( 2006), positioning adalah penetapan posisi pasar. Tujuan positioning adalah membangun dan mengkomunikasikan keunggulan bersaing produk yang ada di pasar ke dalam benak konsumen. Pada film Pirates Of The Silicon Valley, membuat produk Personal Computer yang lebih canggih dan praktis pada waktu itu dan banyak pecinta komputer lebih memilih Apple Computer. Sehingga Apple sangat terkenal pada waktu itu.

17  Menurut Harmaizar (2006), bahwa marketing mix adalah sejumlah variabel pemasaran yang terkendali dan digunakan oleh perusahaan sebagai alat untuk mencapai market share yang telah ditetapkan dalam pemasaran produk. Variabel-variabel tersebut adalah 4P (Product, Price, Place, Promotion).

18  Strategi Produk Dalam film tersebut menggunakan produk elektronik dalam bentuk hardware pada Apple dan software pada Microsoft. Produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan konsumen khususnya untuk orang-orang yang haus akan teknologi canggih. Dalam segi kualitas, produk Apple menduduki tingkat potensial (Potential Product) karena produk ini tidak banyak adanya pesaing. Produk ini termasuk produk yang baru diciptakan. Begitu pula dengan produk Microsoft. Kemudian strategi merk produk dari Apple merupakan Merek Perusahaan (Corporate Branding)

19  Strategi Harga Dalam film ini menunjukkan bahwa produk Apple Computer mampu bersaing dengan produk yang telah lebih dahulu beredar yaitu produk dari IBM. Dengan produk yang relatif sama, konsumen cenderung memilih produk buatan Apple Computer dibandingkan produk IBM dengan alasan harga yang lebih terjangkau. Hal ini sesuai dengan pernyataan Engel (1996), bahwa harga merupakan salah satu faktor penting konsumen dalam mengambil keputusan untuk melakukan transaksi atau tidak.

20  Strategi Tempat Film Pirates of the Silicon Valley menunjukkan bahwa memasarkan barang tidak harus berada di tempat pemasaran produk secara umum, melainkan dengan menawarkan produk kepada perusahaan yang lebih besar. Dalam film tersebut diketahui Bill Gates (Microsoft) menawarkan produk bahasa pemrograman kepada perusahaan yang membutuhkannya yaitu IBM, sehingga produk dari Microsoft dapat terjual tanpa harus menawarkan ke pasar umum. Hal ini sesuai dengan pernyataan Kotler (2000) bahwa, saluran distribusi terdiri dari seperangkat lembaga yang melakukan segala kegiatan (Fungsi) yang digunakan untuk menyalurkan produk dan status pemiliknya dari produsen ke konsumen

21  Strategi Promosi  Dalam film ini, tempat yang dipergunakan untuk memperkenalkan dan memasarkan produk Apple Computer adalah penggunaan pameran elektronik, hal ini dilakukan agar produk baru dapat diketahui masyarakat luas yang pada saat itu belum banyak orang yang mengetahui fungsi dari peralatan elektronik tersebut. Hal ini sesuai dengan pernyataan Baker (2000), bahwa Promosi adalah kegiatan mengkomunikasikan informasi dari penjual kepada konsumen atau pihak lain dalam saluran penjualan untuk mempengaruhi sikap dan perilaku.

22  Pirates of the Silicon Valley merupakan film yang menceritakan Steve Jobs (Apple Computer) dan Bill Gates (Microsoft) sebagai tokoh utamanya dalam strategi menawarkan produk, memasarkan produk, hingga persaingan kedua belah pihak. Selain itu, film ini menceritakan bahwa terdapat proses sosial dan manajerial dari suatu individu atau kelompok untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain. Berdasarkan kaitannya dengan manajemen pemasaran, film ini mampu memberi contoh yang baik dalam dunia pemasaran, salah satunya adalah marketing mix.

23  TERIMA KASIH 


Download ppt "Pirates of The Silicon Valley Dosen : Ika Atsari Dewi, STP, MP."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google