Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Studi Kasus. Aturan Kerja 1.Setiap kelompok berhak memilih salah satu proyek yang diberikan. 2.Kerjakanlah proyek ini sesuai dengan kemampuan Anda, seluruh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Studi Kasus. Aturan Kerja 1.Setiap kelompok berhak memilih salah satu proyek yang diberikan. 2.Kerjakanlah proyek ini sesuai dengan kemampuan Anda, seluruh."— Transcript presentasi:

1 Studi Kasus

2 Aturan Kerja 1.Setiap kelompok berhak memilih salah satu proyek yang diberikan. 2.Kerjakanlah proyek ini sesuai dengan kemampuan Anda, seluruh kelompok tidak diperkenankan untuk : – Menyontek hasil karya kelompok lain sebagian maupun seluruh proyek, – Mendownload dari internet sebagian maupun seluruh proyek, – Menyadur dari buku sebagian maupun seluruh proyek, – Melakukan tindakan kecurangan lainnya. 3.Jika kelompok terbukti melakukan tindakan kecurangan seperti yang dijelaskan butir 1 diatas, maka nilai kelompok yang melakukan kecurangan (menyontek maupun dicontek) akan di – NOL – kan. 4.Pengumpulan Proyek di upload di e-learning paling lambat tanggal 5 Desember 2011 dan hasil proyek di demokan mulai tanggal 5 Desember 2011(disesuaikan dengan jadwal kuliah). 5.Perhatikan jadwal pengumpulan proyek, segala jenis pengumpulan proyek diluar jadwal tidak dilayani.

3 Aplikasi Booking Perhotelan MARI • Andaikan anda sebagai seorang manager IT ("Project Manager-Contract IT").Anda diminta membuat aplikasi Booking Perhotelan MARI. • Hotel ini berada diantara pemandangan gunung dan pemandangan laut. • Hotel ini terdiri dari 3 kelas kamar: lux, executive, standart. • Lux terdiri dari 3 kamar (terbaik), Executive 15 kamar (diatas standart), dan Standart terdiri dari 30 kamar. • Kamar ada yang menghadap ke laut saja, ke gunung saja, ke gunung dan kelaut, dan tanpa pemandangan sama sekali. • Harga Kamar pada hari WeekEnd jumat malam, sabtu, dan minggu adalah 100% (harga normal).Pada hari diluar WeekEnd (,dst) harga kamar dikorting 20%. • Pada saat WeekEnd dan musim liburan, booking harus dilakukan paling lambat 3 hari sebelumnya. • Untuk hari-hari normal (Non WeekEnd dan musim libur), booking dapat dilakukan paling lambat 1 hari sebelumnya. Soal Rancanglah class diagram, use case diagram, Aktivity Diagram dan sequence diagram dari kasus di atas.

4 Sistem Distribusi Tinta Printer PT. Gold Cardrigde PT. Gold Cardrigde adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distributor tinta printer. Perusahaan tersebut telah lama berdiri. Gold Cardrigde memiliki 3 cabang yang berada di Jakarta, Bandung dan Surabaya serta berpusat di bilangan Sunter, Jakarta. Konsumen Gold Cardrigde adalah toko – toko penjual tinta printer maupun secara perorangan. Sedangkan tinta printer yang didistribusikan oleh Gold Printer diperoleh dari supplier dalam negeri maupun luar negeri. Tinta printer tersebut tersedia dalam berbagai merk yang dibedakan menjadi 2 jenis, yakni tinta pita dan tinta laser, dimana tinta pita tidak dapat diisi ulang sedangkan tinta laser dapat diisi ulang. Konsumen yang berminat untuk membeli tinta printer dapat langsung membeli di cabang – cabang terdekat ataupun via telepon. Konsumen dapat memilih jenis dan merk tinta yang akan dibeli dengan melihat pada brosur yang tersedia di Customer Service ataupun yang telah dimiliki sebelumnya. Ketika akan membeli, konsumen dapat menghubungi petugas Customer Se rvice. Konsumen yang membeli dibedakan dalam 2 jenis, yakni konsumen membeli dalam partai besar ataupun konsumen eceran. Konsumen eceran dapat langsung memilih barang yang hendak dibeli dan membayar barang tersebut langsung di Customer Service dan Customer Service akan memberikan Struk Pembelian sebagai bukti pembelian tinta. Konsumen tersebut akan diberikan Formulir Konsumen yang berisi informasi data konsumen, seperti nama, alamat, dan telp, dan data barang yang ingin dibeli seperti tipe, merk dan jumlah barang yang hendak dibeli. Apabila telah selesai diisi, konsumen mengembalikan Formulir Konsumen tersebut kepada petugas Customer Service beserta dengan uang pembayaran barang yang hendak dibeli. Kemudian petugas Customer Service akan memasukkan informasi dalam Formulir Konsumen tersebut ke dalam sistem komputer, dan kemudian mencetak Bukti Pembelian rangkap 2, dimana Bukti Pembelian 1 akan diberikan kepada konsumen, sedangkan Bukti Pembelian 1 akan dikirimkan tersebut ke bagian Gudang untuk disiapkan. Apabila barang yang dipesan oleh konsumen telah siap, bagian Gudang akan memberikan barang tersebut ke bagian Pengiriman berserta dengan Bukti Pembelian 1. Bagian Pengiriman kemudian akan mengirimkan barang tersebut dengan Bukti Pembelian 1 ke konsumen. Ketika konsumen menerima barang, konsumen harus menunjukkan Bukti Pembelian 2 dan menandatangani Bukti Pembelian 1. Setiap bulannya bagian Pengiriman masing – masing cabang PT. Gold Cardrigde harus mencetak dan mengirimkan Laporan Penjualan kepada kantor pusat untuk dijadikan bahan evaluasi, dimana informasi-informasi yang dibutuhkan diakses dan disimpan di kantor pusat oleh seluruh kantor cabang. Soal Rancanglah class diagram, use case diagram, Aktivity Diagram dan sequence diagram dari kasus di atas.

5 Penyewaan VCD menggunakan WEB Rental DVD Dreamz sebuah rental yang bergerak di bidang penyewaanproduk-produk hiburan DVD,VCD dan CD Playstation. Pada saat ini galeri tersebut ingin meningkatkan efisiensi kerja dari para pegawainya dan meningkatkan pendapatan dengan cara mengotomatisasi sistem penyewaan menggunakan WEB. Adapun prosedur sistem berjalan adalah sebagai berikut : a. Proses pendaftaran anggota Untuk mendapatkan film yang dipinjam maka anggota rental harus terlebih dahulu mendaftarkan diri sebagai anggota. Calon anggota mengisi formulir anggota, kemudian dicatat oleh petugas lalu anggota tersebut mendapatkan kartu anggota baru, setelah mendapatkan kartu anggota baru, barulah anggota tersebut diperbolehkan untuk meminjam film yang ada di rental DVD Dreamz b. Proses peminjaman film Setelah mendapatkan kartu anggota, maka untuk meminjam film, anggota harus menyerahkan kartu anggota, lalu petugas rental mengecek nomor anggota. Kemudian anggota memilih film yang akan dipinjam lalu diserahkan kepada petugas rental untuk dicatat film yang dipinjam, mulai dari judul film, kode film serta batas waktu peminjaman film yang dipinjam c. Proses pengembalian film Setelah batas waktu peminjaman film telah habis, maka anggota wajib mengembalikan film yang dipinjam sambil menyerahkan kartu anggota, lalu petugas rental akan memeriksa keadaan film yang dipinjam, dan bila film yang dipinjam tersebut dalam keadaan rusak atau batas waktu peminjaman telah habis, maka anggota tersebut dikenakan sangsi atau denda. Akan tetapi apabila film tersebut dalam keadaan baik dan batas waktunya tidak telat maka petugas akan memberikan kartu anggota kembali kepada anggota tersebut d. Proses pembuatan laporan Semua kegiatan yang terjadi pada rental yang meliputi dari data anggota, data peminjaman film serta data pengembalian film yang telah dicatat oleh petugas rental akan dibuatkan laporannya dan akan dilaporkan petugas rental setiap satu Soal Rancanglah class diagram, use case diagram, Aktivity Diagram dan sequence diagram dari kasus di atas.

6 Merancang Sistem Penggajian di SMP PGRI 1 Palembang Prosedur Sistem Berjalan Proses pembuatan Daftar Data Pegawai dan Gaji pada SMP PGRI 1 Palembang adalah sebagai berkut : 1. Proses Absensi Pegawai melakukan absensi harian melalui form daftar hadir pegawai. Berdasarkan form daftar hadir pegawai tersebut bagian Tata Usaha (TU) akan membuat Rekap Absen (RA) harian untuk diserahkan kepada Administrasi. 2. Proses Pemberian Rekap Biodata Pegawai (RBP) Pegawai memberikan data pribadi pegawai, data pendidikan, data keluarga yang dijadikan satu menjadi data pegawai kepada bagian Tata Usaha yang kemudian diarsipkan menjadi Rekap Biodata Pegawai (RBP). Lalu Rekap Biodata Pegawai (RBP) diserahkan kepada bagian administrasi untuk proses pengolahan Daftar Data Pegawai Dan Gaji (DDPG). 3. Proses Pengolahan Daftar Data Pegawai dan Gaji (DDPG) Setelah bagian administrasi menerima Rekap Biodata Pegawai (RBP) dan Rekap Absen (RA) akan mengolah kedua data tersebut untuk dibuatkan menjadi Daftar Data Pegawai dan Gaji (DDPG) yang kemudian diserahkan kepada Kepala Sekolah untuk ditanda tangani atau di Acc. 4. Proses Pembuatan Laporan Daftar Data Pegawai dan Gaji (DDPG) yang sudah diterima dan ditanda tangani oleh Kepala Sekolah akan diserahkan kembali kepada bagian Administrasi untuk dibuatkan Laporan Data Pegawai (LDP) dan Laporan Gaji Pegawai (LGP). Setelah bagian administrasi menerima Daftar Data Pegawai dan Gaji yang sudah di Acc akan membuatkan Laporan Data Pegawai (LDP) dan Laporan Gaji Pegawai (LGP) yang nantinya akan diserakan kepada Kepala Sekolah.selain itu bagian Administrasi akan membuatkan slip gaji untuk diserahkan kepada pegawai. Soal Rancanglah class diagram, use case diagram, Aktivity Diagram dan sequence diagram dari kasus di atas.

7 Merancang Sistem Persediaan Barang di PT.Gold Cardrige PT. Gold Cardrigde adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distributor tinta printer. Perusahaan tersebut telah lama berdiri. Gold Cardrigde memiliki 3 cabang yang berada di Jakarta, Bandung dan Surabaya serta berpusat di bilangan Sunter, Jakarta. Konsumen Gold Cardrigde adalah toko – toko penjual tinta printer maupun secara perorangan. Sedangkan tinta printer yang didistribusikan oleh Gold Printer diperoleh dari supplier dalam negeri maupun luar negeri. Tinta printer tersebut tersedia dalam berbagai merk yang dibedakan menjadi 2 jenis, yakni tinta pita dan tinta laser, dimana tinta pita tidak dapat diisi ulang sedangkan tinta laser dapat diisi ulang. Selama ini stock (persediaan) barang dilakukan dengan cara manual. Cara kerja sebagai berikut: Pertama-tama tinta datang (dibeli) dari supplier. Kemudian bagian gudang mencatat tinta yang masuk untuk menambah stock yang ada. Jika ada permintaan tinta dari bagian penjualan, maka bagian gudang akan mencatat tinta tersebut untuk dikeluarkan. Dengan demikian terjadilah pengurangan stock tinta. Jika barang yang diminta kurang atau stock habis, maka bagian gudang akan melakukan pemesanan tinta ke supplier. Pada setiap akhir bulan bagian gudang akan membuat laporan persediaan tinta ke kepala bagian penjualan. Soal Rancanglah use case diagram, Aktivity Diagram, Sequence Diagram dan class diagram.


Download ppt "Studi Kasus. Aturan Kerja 1.Setiap kelompok berhak memilih salah satu proyek yang diberikan. 2.Kerjakanlah proyek ini sesuai dengan kemampuan Anda, seluruh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google