Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi Pengenalan Kamera.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi Pengenalan Kamera."— Transcript presentasi:

1 Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi Pengenalan Kamera

2 Pada dasarnya kamera foto dibagi menjadi dua macam : 1.Kamera Analog 2.Kamera Digital

3 1.KAMERA ANALOG Jenis yang pertama ini adalah generasi pertama kamera foto, Disebut analog karena pengoperasianya menggunakan sistem mekanik dan film/media yang di gunakan masih menggunakan pita seluloid. Film pita seluloid

4 Kelebihannya : adalah kemampuan film yang memiliki resolusi tinggi, sehingga bisa di perbesar hasil cetaknya sampai batas ukuran tertentu. Kelemahannya : Adalah terletak pada mahalnya biaya operasional, evisiensi waktu dan ketidakpraktisan di masa kini.

5 2. KAMERA DIGITAL Kamera jenis ini merupakan main stream sekarang. Hampir 90% dari kamera yang kita lihat saat ini adalah kamera digital. Kamera tipe ini menggunakan media penyimpanan digital untuk penyimpanan frame biasanya berupa memory card, compact flash, atau bahkan harddisk. Biaya operasional kamera ini paling murah karena hasil foto dapat disimpan dalam media digital yang tidak memakan banyak ruang dan lebih mudah dilihat, dipindah atau digandakan.

6 Untuk dapat menerima gambar, kamera digital menggunakan sensor penerima gambar. Terdapat dua jenis sensor : 1.CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) 2. CCD (Charge Coupled Device).

7 Didalam sensor kamera digital terdapat elemen penerima cahaya yang terdiri dari titik-titik yang disebut sebagai piksel (PIXEL), setiap sensor terdiri dari 3 layer dengan masing-masing layer berfungsi untuk menyaring tiap elemen warna.

8 3 layer (RGB) : -Layer red akan menyaring dan menyimpan spektrum warna merah, -Green akan menyaring spektrum warna hijau dan -Blue akan menyaring spektrum warna biru secara terpisah.

9 Ada beberapa jenis kamera digital yang dapat dipilih saat ini antara lain : · Digital pocket point and shot. Digital Prosumer · DSLR (Digital Single Lens Reflect)

10 · Digital pocket point and shot Jenis kamera digital ini merupakan jenis yang paling sederhana sesuai namanya kamera ini dapat digunakan amat mudah, tidak ada penyetelan tingkat lanjut yang aneh yang dapat membingungkan pengguna awam, umumnya digunakan oleh pemula ataupun sekedar untuk mengambil foto-foto biasa.

11 . Digital Prosumer Jenis yang satu ini satu tingkat lebih tinggi daripada kamera point & shot biasa. Biasanya dilengkapi dengan sensor lebih baik serta spesifikasi lain yang lebih tinggi. Tidak jarang juga kamera jenis ini dilengkapi dengan focal length (zoom) yang cukup tinggi. Memiliki lebih banyak setting yang dapat membantu pengambilan foto kreatif.

12 · DSLR (Digital Single Lens Reflect) Jenis ini yang biasa digunakan oleh para fotografer baik pemula sampai profesional. Menggunakan lensa yang dapat ditukar ganti (interchangeable lens) sehingga sebuah body DSLR dengan merek yang sama dapat diganti dengan berbagai jenis tipe lensa dengan merek yang sama pula.

13 .Kamera SLD(Single Lens Direct) Ini merupakan jenis kamera yang terbaru. Menyerupai DSLR dengan interchangeable lens kamera ini memiliki mekanisme yang berbeda dengan DSLR, lebih ringan dan kecil dibandingkan DLSR namun memiliki kualitas foto yang hampir setara dengan DSLR menempatkan kamera ini sebagai generasi masa depan dari kamera.

14 Kelebihan : Kualitas DSLR ukuran pocket point & shot Kekurangan : Harga yang masih cukup tinggi.

15 Anatomi Kamera DSLR 1. Badan kamera 2. Lensa 3. Cermin pemantul dengan sudut 45 derajat 4. Focal plane shutter 5. Sensor Ukuran sensor berbeda-beda pada tiap kamera. Antara 23,7mm x 15,7mm hingga yang full frame 36mm x 24mm. 3

16 Sensor CMOS yang di gunakan beberapa kamera terbaru Sensor CCD

17 6. Focusing screen 7. Condenser lens 8. Optical glass pentaprism/prisma

18 9. View Finder 10. Tombol Shutter 11. Self timer 12. LCD

19 Shutter speed

20 Besaran Sudut lensa Lensa Kamera DSLR juga bisa di ganti-ganti (Interchangeable), sehingga bisa di sesuaikan dengan kondisi lapangan. Angka yang terdapat pada lensa juga mengindikasikan ukuran lensa.

21 Angka , mengindikasikan panjang fokal lensa. Angka kecil berarti akan membuka lensa pada sudut lebar, sedangkan angka besar akan memperkecil sudut lensa.

22 Berikut gambar yang di hasilkan oleh dua besaran lensa yang berbeda. Kotak warna merah (yang di luar) jika menggunakan lensa sudut lebar, sedangkan warna biru (didalam) jika menggunakan lensa dengan sudut sempit

23 Melepas dan memasang lensa kamera Cara melepas lensa kamera: · Tekan tombol pengunci lensa yang terdapat pada badan kamera · Putar lensa kearah kanan (perhatikan arah panah pada gambar diatas)

24 Cara memasang Lensa kamera: · Tempelkan lensa kamera seperti pada posisi lensa terlepas · Tekan ke badan kamera sambil memutar ke arah kiri · Temukan titik merah yang terdapat pada badan kamera dan lensa sampai berbunyi KLIK. Berarti lensa sudah terkunci.


Download ppt "Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi Pengenalan Kamera."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google