Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Cara Kerja Perangkat Keras Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Cara Kerja Perangkat Keras Teknologi Informasi dan Komunikasi."— Transcript presentasi:

1 Cara Kerja Perangkat Keras Teknologi Informasi dan Komunikasi

2 Cara Kerja Hardware  Keyboard: tombol-tombol disusun dalam baris dan kolom tertentu. Setiap tombol apabila ditekan mengaktifkan baris tertentu dan kolom tertentu. CPU mengetahui tombol apa yang ditekan dengan mengecek baris dan kolom yang mana yang diaktifkan.

3 Cara Kerja Hardware  Mouse tipe bola: Gerakan mouse dideteksi oleh pergerakan bola di bagian bawah mouse yang bergeser mengikuti pergerakan mouse. Bola selanjutnya memutar sensor gerakan horisontal dan sensor gerakan vertikal dalam mouse. Pengkodean hasil kedua sensor tersebut dikirim ke CPU untuk kemudian diterjemahkan lagi dalam monitor komputer sebagai pergerakan kursor mouse. Sedangkan tombol pada mouse merupakan saklar yang mengirimkan sinyal aktivasi pada saat ditekan.

4 Cara Kerja Hardware  Mouse tipe optik: Gerakan mouse dideteksi oleh kamera kecil sebagai pengganti bola untuk mendeteksi perubahan pada latar permukaan alas mouse. Mouse optik lebih akurat dan tahan lama dibanding mouse bola. Mouse optik juga dapat digunakan pada sembarang bidang datar yang tidak memantulkan cahaya, tidak harus bidang horizontal.

5 Cara Kerja Hardware  Monitor CRT: menggunakan teknologi yang sama dengan TV tabung. Perbedaannya pada sumber data yang berasal dari CPU. Monitor CRT bekerja dengan cara menembakkan berkas elektron pada permukaan layar monitor yang dilapisi bahan berpendar (fluorescent).

6 Cara Kerja Hardware  Monitor LCD: menggunakan teknologi yang lebih baru dengan menggunakan bahan kristal cair yang mampu merubah warna dan intensitasnya dengan sinyal listrik. Monitor LCD terdiri dari banyak sel-sel kristal cair yang tersusun menjadi layar.  Teknologi LCD lebih efisien energi karena menggunakan lebih sedikit daya listrik dibanding monitor CRT.

7 Cara Kerja Hardware  Harddisk dan VCD/DVD menyimpan data dalam bentuk bit-bit (format biner).  Pada DVD, bit logika 1 ditandai dengan adanya pit sebesar 0,74 μm (0,74  m) pada permukaan media. Pada CD, ukuran pit sebesar 1,6 μm. Bit logika 0 ditandai dengan tak adanya pit pada permukaan media.  Pada harddisk dan flashdisk, bit logika 1 ditandai dengan sel medan magnet dengan polaritas tertentu. Bit logika 0 ditandai dengan medan magnet polaritas sebaliknya.

8 Cara Kerja Hardware  Penyimpanan data pada media magnetis lebih mudah dan cepat untuk disimpan dan diambil kembali dengan komponen elektronik komputer.  Pada media optik, data disimpan dengan bantuan sinar laser yang membakar permukaan media pada posisi yang tepat.  Untuk mengambilnya kembali, perangkat pembaca menangkap pantulan dari permukaan media untuk menentukan ada tidaknya lubang pada permukaan media.

9 Cara Kerja Hardware  Scanner bekerja dengan prinsip yang sama seperti mesin fotokopi.  Dokumen asli disinari oleh sinar dan intensitas pantulan dari karakter/citra pada dokumen direkam oleh sensor dan diterjemahkan menjadi data teks/citra, untuk kemudian dikirimkan kepada CPU.

10 Cara Kerja Hardware  Microphone bekerja dengan cara mengubah getaran gelombang suara menjadi getaran sinyal listrik dengan amplitudo kecil yang sebanding dengan getaran gelombang suara asal.  Data dari mic masih berupa data analog, dan biasanya diubah menjadi data digital oleh soundcard dalam motherboard.

11 Cara Kerja Hardware  Webcam bekerja dengan prinsip yang sama seperti kamera digital. Citra hasil tangkapan webcam diubah menjadi kumpulan titik elemen gambar (picture element/pixel).  Kualitas webcam ditentukan oleh seberapa banyak pixel yang dihasilkan untuk suatu tangkapan citra.

12 Cara Kerja Hardware  Makin banyak pixel yang dapat ditangkap suatu webcam → makin halus suatu citra dapat direkam → makin tinggi resolusi webcam tersebut → makin tinggi kualitasnya.  Nilai tipikal resolusi webcam saat ini pada kisaran 3 Megapixel, yang berarti suatu citra dapat diubah menjadi titik elemen gambar yang apabila disatukan membentuk citra asli.

13 Cara Kerja Hardware  Printer yang umum saat ini adalah printer inkjet dan printer laser.  Printer inkjet bekerja dengan cara mendorong butiran-butiran kecil cairan tinta (droplet) ke permukaan cetak.  Printer inkjet paling banyak digunakan untuk pengguna komputer umumnya karena lebih murah, berkualitas cukup bagus dan mudah digunakan.

14 Cara Kerja Hardware  Printer laser bekerja seperti mesin fotokopi Xerox.  Toner ditempelkan pada drum pencetak menggunakan laser. Toner dipindahkan ke permukaan cetak dengan menggilingkan drum cetak ke permukaan cetak, kemudian ditekan dan dipanaskan supaya menempel.  Printer laser berkualitas sangat bagus, tetapi lebih mahal daripada inkjet, sehingga lebih banyak digunakan pada perkantoran.

15 Cara Kerja Hardware  Proyektor LCD bekerja dengan cara melewatkan cahaya dari lampu metal halida pada tiga buah panel LCD, satu panel LCD untuk tiap warna dasar (merah, hijau, dan biru).  Gambar pada panel LCD berasal dari sumber yang sama, tetapi masing-masing panel menampilkan gambar hanya dengan warna dasar panel tersebut.

16 Cara Kerja Hardware  Gambar yang diproyeksikan pada permukaan proyeksi berasal dari cahaya lampu metal halida yang telah ‘disaring’ oleh tiga panel LCD yang menampilkan komponen gambar asli dalam tiga warna dasar tersebut.  Proyektor LCD menggunakan lampu metal halida yang mahal apabila harus diganti.  Teknologi baru seperti DLP dan LCOS semakin bertambah populer dalam proyeksi gambar/video.

17 Cara Kerja Hardware  Buatlah kelompok bertiga atau berempat. Diskusikan benar atau salah perilaku berikut ini dan jelaskan mengapa kamu menjawab demikian. CPU Ali umurnya sudah tua dan kerjanya lambat. Karena kesal menunggu, Ali sering menekan-nekan tombol keyboardnya keras- keras secara acak. Bimo, badannya besar dan kuat angkat-angkat barang. Dia sering memindah-mindahkan CPU di labkom dari satu meja ke meja lain.

18 Cara Kerja Hardware Aditya sering meminjam LCD Proyektor milik sekolah untuk acara OSIS. Tetapi karena takut pulang kesorean, Aditya tidak sabar menunggu kipas LCD mati. Dia langsung mencopot kabel listrik begitu mematikan LCD Saat kerja di lab, Anisa mengalasi mouse optiknya dengan buku paket bersampul mengkilat. Alhasil, mousenya sering “macet”. Karena kesal, Anisa memencet-mencet tombol kiri dan kanan keras-keras berulangkali


Download ppt "Cara Kerja Perangkat Keras Teknologi Informasi dan Komunikasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google