Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1.MOUSE Mouse adalah perangkat yang berfungsi menggerakkan pointer, menunjukan perintah atau program pada layar monitor. Pada mouse terdapat klikan kiri.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1.MOUSE Mouse adalah perangkat yang berfungsi menggerakkan pointer, menunjukan perintah atau program pada layar monitor. Pada mouse terdapat klikan kiri."— Transcript presentasi:

1

2 1.MOUSE Mouse adalah perangkat yang berfungsi menggerakkan pointer, menunjukan perintah atau program pada layar monitor. Pada mouse terdapat klikan kiri dan klikan kanan. Pada klik kiri 1X berfungsi untuk memilih menu atau icon dan klik kiri 2X untuk membuka menu yang dituju. jenis – jenis mouse : 1)mouse serial mouse yang sudah jarang dipakai oleh masyarakat umum. Biasanya mouse ini digunakan pada komputer pentium 1 dan 2. 2)Mouse PS/2 mouse yang digunakan pada komputer pentium 3 dan 4. 3)Mouse USB mouse yang sudah umum digunakan oleh masyarakat luas. Digunakan pada komputer pentium 3 dan 4. 4)Mouse wireless mouse terbaru tanpa kabel. Kini mouse wireless sudah meluas dikalangan masyarakat. 5)Mouse optik mouse ini tidak menggunakan bola untuk menunjuk pointer melainkan menggunakan sinar yang berwarna – warni.

3 2.KEYBOARD keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol – tombol untuk mengetikan kalimat da simbol – simbol khusus lainnya pada komputer. Jumlah seluruh tombol pada kyboard ada 104 tombol. Keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Keyboard dibedakan menjadi 4 yaitu : 1)Keyboard serial menggunakan din 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT. 2)Keyboard PS/2 biasanya digunakan pada komputer tipe ATX dan paling banyak digunakan, portnya sama dengan mouse. 3)Keyboard wireless keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung koneksi yang digunakan infra red, wifi ataupun bluetooth. 4)Keyboard USB komputer terbaru saat ini sudah menggunakan jenis konfistor USB yang menjamin mentransfer data yang lebih cepat.

4 Struktur tombol pada keyboard Dari sisi tombol yang digunakan, keyboard memiliki perkembangan yang tidak terlalu pesat sejak ditemukan pertama kali. Yang terjadi hanyalah penambahan-penambahan beberapa tombol bantu yang lebih mempercepat pembukaan aplikasi program. Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4, yaitu : Tombol ketik ( Typing Keys ) tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca. Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY. Numerik Keypad numerik keypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya. Tombol fungsi ( Function Keys ) tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol funsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat digunakan sebagai perintah khusus yang disetarakan pada sistem operasi maupun aplikasi. Tombol kontrol ( Control Keys ) tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah diantara tombol ketik dan numerik keypad, home, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc)

5 3.SCANNER peralatn masukan ini berfungsi untuk mentransfer atau mengkonversi gambar, foto, text manual menjadi data digital sehingga dapat dimengerti oleh komputer. Beberapa merek scanner dipasaran antara lain : cannon, HP, Acer, dll. 4.MONITOR monitor merupakan peralatan keluaran yang berfungsi untuk menampilkan data, intruksi dan informasi dalam bentuk teks dan grafik atau gambar dilayar monitor. Monitor dikelompokkan berdasarkan teknologinya yaitu : 1)Monitor CRT ( Cathode Ray Tuble ) 2)Monitor Flat Panel Display, monitor ini meenggunakan teknologi LCD. 3)Monitor LCD ( Liquid Crystal Display ). Berdasarkan tanpilan komputer, terbagi atas 3 jenis yaitu : 1)Monocrom ( Satu warna dengan latar belakang hitam ) 2)Grayscale ( bayangan abu-abu latar belakang putih ) 3)Color ( Warna secara penuh mulai dari 15 – 16 juta warna yang berbeda ) Beberapa merek monitor antara lain : Sony, LG, Philip, dll.

6 5.PRINTER printer yaitu peralatan keluaran yang digunakan untuk mencetak data / informasi dari komputer dengan kertas. Beberapa jenis printer antara lain adalah : 1)Printer Dot Matrik, yaitu : Terbuat dari potongan baja yang akan mengenai kertas lewat pita bertinta untuk membentuk pola titik- titik kecil yang bergabung untuk mencetak grafis atau teks. 2)Printer inkjet, yaitu : mencetak gambar atau karakter dengan moncong kecil yang dapat memancarkan tinta pada kertas. 3)Priner laser, yaitu : menggunakan sinar laser untuk mengubah data biner menjadi cetakan Beberapa merek printer antara lain : Epson, HP, Cannon, dll. 6.PLOTER ploter adalah peralatan keluaran yang digunakan untuk mencetak atau menggambar, membuat grafik dan skematik dan dapat membuat diagram lainnya. Ada dua jenis ploter Drum dan table. 7.SPEAKER yaitu peralatan output untuk menghasilkan atau mengeluarkan efek suara dari komputer. Beberapa merek antara lain : Simbada, Altec, dll.


Download ppt "1.MOUSE Mouse adalah perangkat yang berfungsi menggerakkan pointer, menunjukan perintah atau program pada layar monitor. Pada mouse terdapat klikan kiri."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google