Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERANGKAT KERAS COMPUTER SMK MUHAMMADIYAH 01 CILACAP JURUSAN FARMASI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERANGKAT KERAS COMPUTER SMK MUHAMMADIYAH 01 CILACAP JURUSAN FARMASI."— Transcript presentasi:

1

2 PERANGKAT KERAS COMPUTER SMK MUHAMMADIYAH 01 CILACAP JURUSAN FARMASI

3 NAMA KELOMPOK JJatdriya Ahmad Matindra AAnggres Sutrisna NNovi Astuti BBayu Setyawan

4 Bersumber Dari

5 Macam-macam perangkat keras KKEYBOARD LLAYAR/MONITOR PPRINTER MMOUSE

6 KEYBOARD Papan ketik (keyboard ; bahasa Inggris) atau kibor adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan Huruf, Angka atau simbol tertentu ke Perangkat lunak atau Sistem operasi yang di jalankan oleh komputer Papan ketik terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan Huruf, Angka atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya Ada berbagai jenis tata letak tombol pada papan ketik. Akan tetapi, yang paling populer dan umum digunakan adalah tata letak QWERTY meniru sistem tata letak mesin ketik Papan ketik tipe baru biasanya mempunyai tombol tambahan di atas tombol fungsi (F1, F2, dst.) untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan computer. Selain itu, papan ketik baru juga sudah banyak yang mendukung teknologi nirkabel. NB ; Qwerty adalah tata letak mesin tik (keyboard)

7 Bentuk-Bentuk Keyboard

8 Layar/Monitor Tampilan komputer atau monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat)

9 Jenis-Jenis Layar/monitor monitor Tabung Sinar Kathoda monitor LCD monitor plasma monitor OLDED

10 Tabung sinar kathoda Tabung sinar kathoda (bahasa inggris: cathode ray tube atau CRT), ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun, merupakan sebuah tabung penampilan yang banyak digunakan dalam layer komputer, monitor, video, televise dan oskiloskop. CRT dikembangkan dari hasil kerja Philo Fransworth yang dipakai dalam seluruh pesawat televisi sampai akhir abad 20, dan merupakan dasar perkembangan dari Layar Plasma, LCD dan bentuk teknologi TV lainnya.

11 LCD Tampilan Kristal Cair (bahasa inggris: Liquid Crystal Display) juga dikenal sebagai LCD adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. LCD sudah digunakan di berbagai bidang misalnya dalam alat-alat elektronik seperti televisi, kalkulator ataupun layar komputer. Kini LCD mendominasi jenis tampilan untuk komputer desktop maupun notebook karena membutuhkan daya listrik yang rendah, bentuknya tipis, mengeluarkan sedikit panas dan beresoulusi tinggi. Pada LCD berwarna semacam monitor terdapat banyak sekali titik cahaya (piksel) yang terdiri dari satu buah kristal cair sebagai sebuah titik cahaya. Walau disebut sebagai titik cahaya, namun kristal cair ini tidak memancarkan cahaya sendiri. Sumber cahaya di dalam sebuah perangkat LCD adalah lampu neon berwarna putih di bagian belakang susunan kristal cair tadi. Titik cahaya yang jumlahnya puluhan ribu bahkan jutaan inilah yang membentuk tampilan citra. Kutub kristal cair yang dilewati arus listrik akan berubah karena pengaruh polarisasi medan magnetik yang timbul dan oleh karenanya akan hanya membiarkan beberapa warna diteruskan sedangkan warna lainnya tersaring.

12 Plasma Tampilan plasma adalah sebuah tampilan layar datar emisif di mana cahaya dihasilkan oleh phospor yang tereksitasi oleh sebuah pelepasan muatan plasma antara dua layar datar gelas. Gas yang dilepas muatannya tidak mengandung merkuri (berlawanan dengan AMLCD); sebuah campuran gas mulia (neon dan xenon) digunakan. Campuran gas ini sulit bereaksi dan sama sekali tidak berbahaya.

13 OLDED Organic Light-Emitting Diode (OLED) atau dioda cahaya organik adalah sebuah semikonduktor sebagai pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik. OLED digunakan dalam teknologi elektroluminensi, seperti pada aplikasi tampilan layar atau sensor. Teknologi ini terkenal fleksibel dengan ketipisannya yang mencapai kurang dari

14 Plasma LCD Tabung sinar katoda OLDED

15 Printer Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis/ mencetak pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut. Ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat. Pada bagian belakang printer biasanya ada port paralel atau USB untuk penghubung ke komputer. Pencetak modem merupakan alat canggih. Perkakasan elektronik yang terdapat dalam sebuah pencetak sama dengan perkakasan elektronik yang terdapat dalam komputer itu sendiri. Pencetak mempunyai 6 jenis yaitu jenis Dot-Matrix, jenis Daisy Wheel, jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet, jenis Chain, jenis Drum dan jenis Laser.

16 Mouse  Tetikus atau yang lebih dikenal dengan nama mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. Tetikus memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus  Tetikus pertama kali dibuat pada tahun 1968 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).  Bentuk tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan tetikus satu tombol.  Tetikus bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.  Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai titik per inci. Biasanya tetikus model ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.

17 Bentuk-Bentuk Mouse Tetikus optikal buatan Logitech bersensor laser dengan ketelitian mencapai titik per inci, nirkabel dengan memanfaatkan gelombang radio. Optik laser tetikus optikal. Tetikus pertama di dunia.

18 SAMPAI JUMPA


Download ppt "PERANGKAT KERAS COMPUTER SMK MUHAMMADIYAH 01 CILACAP JURUSAN FARMASI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google