Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Nama Kelompok I Kisbandi Priyanto(08022009) Sarwo Nurrohmat(08022010) Saparudin(08022011)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Nama Kelompok I Kisbandi Priyanto(08022009) Sarwo Nurrohmat(08022010) Saparudin(08022011)"— Transcript presentasi:

1 Nama Kelompok I Kisbandi Priyanto( ) Sarwo Nurrohmat( ) Saparudin( )

2

3 Keyboard Keyboard dalam bahasa indonesia artinya papan tombol jari atau papan tombol. Pada keyboard terdapat tombol-tombol hurufA – Z,a – z,angka 0 - 9,tombol dan karakter khusus seperti: #$% ^& *( ) _- +=<>/,. ?: ;“‘\ | serta tombol-tombolkhusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah52 tombol. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang,tetapi saat ini model keyboard sangat variatif. Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik. Nah, keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya.

4 Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan setiap satu huruf atau symbol kita ketikkan maka hasilnya langsung kita lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu,kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang lainnya. Seperti juga “mouse”,keyboard dihubungkan kekomputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan kedalam port yang terdapat pada CPU computer.

5 Secara fisik,keyboard terbagi atas 4 bagian,yaitu: 1. Keyboard Serial Menggunakan DIN 5 maledan biasanya digunakan pada computer tipeAT. 2. KeyboardPS/2 Biasanya digunakan pada komputerATX dan saatini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat,sebab port yang dimiliki sama dengan portuntukmouse. 3. Keyboard Wireless Sesuai dengan namanya,keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboarddengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboarditu sendiri,sedangkanpenerima biasanya dipasangpada port USBatauserialpada CPU. 4. Keyboard USB Komputerterbaru saatini sudah banyak yang mempergunakan jenis Konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat.

6 Beberapa fungsi tombol pada keyboard adalah sebagai berikut: 1. TombolALT akan berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombollainnya seperti F4 misalnya yang berguna untuk ShutDown atau menutup W indows Program yangsedangaktif. 2. Tombol CTRL akan berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombollainnya seperti tombolC atau disebutjuga CTRL-C akan berguna untuk menyalin saatu objek yang ditunjuk ke dalam clipboard, yang nantinya dapat disalinkan pada area kerja yang ditentukandenganmenggunakanCTRL-V 3. Tombol F1 – F12 adalah tombol fungsi yang pemanfaatannya disesuaikan dengan sistem operasi atau aplikasi. Misal,F1 biasanya digunakan untuk menampilkan menu Help yang akan memberikan penjelasan mengenai aplikasi yang sedang berjalan 4. TombolESC (Escape) adalah tombolyang kegunaanya sama dengan pilihan CANCEL,yaituuntukmembatalkansatutahap pekerjaan,dll.

7 GAMBAR KEYBOARD Fungsi dari tiap tombol pada keyboard F1 = kebanyakan digunakan untuk tombol help F2 = digunakan untuk rename, change volume kalo di Ms. Excel atau OO. Calc F3 = searching F4 = biasanya kebanyakan ditambah dengan tombol Alt untuk bisa berfungsi dengan baik dan berguna untuk menutup program

8 F5 = refresh F6 = addressing F10 = bila ditambah dengan tombol Shift, maka bisa berguna sebagai alternatif klik kanan F12 = untuk save as Prt Scr SysRq = Print screen (men-shoot tiap tampilan yang ada di monitor) Scroll Lock = untuk mengunci fungsi glidder dari sebuah mouse scroll Pause Break = untuk merubah kondisi komputer menjadi stand by Tab = loncat beberapa karakter Caps Lock = merubah karakter menjadi huruf besar Shift = merubah karakter dan mengaktifkan fung symbol pada kondisi tertentu Shift + F10 = alternatif klik kanan Alt = juga akan berfungsi bila sudah dihubungkan dengan beberapa penekanan tombol pada keyboard seperti : Alt + (tiap huruf pada sistem yang karakternya bergaris bawah) = menuju ke perintah yang diharapkan Alt + F4 = menutup program

9 Ctrl = tombol ini akan berguna bila sudah di tambahi dengan beberapa penekanan pada tomol lain seperti : Ctrl + S = save Ctrl + A = block all Ctrl + Y = redo Ctrl + Z = Undo Ctrl + X = cut Ctrl + C = copy Ctrl + V = paste Ctrl + B = bold Ctrl + U = underline Ctrl + I = italic Ctrl + N = new Ctrl + F = find Ctrl + H = replace Ctrl + P = print Ctrl + Alt + Del = restart

10 [lambang Windows] = mengaktifkan start menu [lambang Windows] + M = me-minimize semua program [lambang Windows] + Shift + M = me-maximize semua program [lambang Windows] + E = membuka Windows Explorer Num Lock = meng-aktifkan fungsi tombol numerikal yang ada disebelah kanan pada key board Home = mengembalikan posisi kursor pada awal kalimat End = menaruh kursor pada posisi di akhir kalimat Page Up/Pg Up = untuk menaikkan layar per paragraph Page Down/Pg Dn = untuk menurunkan layar per paragraph Del = menghapus per karakter dari depan insert/ins = untuk me-replace per karakter Backspace = mengahapus per karakter dari belakang Space = lompat satu karakter arrows keys = untuk tombol navigasi Demikian lah fungsi tombol keyboard.

11  keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer.  Keyboard tersebut merupakan salah satu dari perangkat komputer yang di mana keyboard tersebut sangat dibutuhkann karna tanpa keyboard, seseorang tidak akan pernah bisa mengoperasikan komputer Kesimpulan


Download ppt "Nama Kelompok I Kisbandi Priyanto(08022009) Sarwo Nurrohmat(08022010) Saparudin(08022011)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google