Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RANCANG BANGUN WEBSITE PROGRAM STUDI DIV KOMPUTER MULTIMEDA STIKOM SURABAYA MENGGUNAKAN BAHASA ASYNCHRONOUS JAVASCRIPT AND XML Oleh: Syamsul Arif NIM:

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RANCANG BANGUN WEBSITE PROGRAM STUDI DIV KOMPUTER MULTIMEDA STIKOM SURABAYA MENGGUNAKAN BAHASA ASYNCHRONOUS JAVASCRIPT AND XML Oleh: Syamsul Arif NIM:"— Transcript presentasi:

1 RANCANG BANGUN WEBSITE PROGRAM STUDI DIV KOMPUTER MULTIMEDA STIKOM SURABAYA MENGGUNAKAN BAHASA ASYNCHRONOUS JAVASCRIPT AND XML Oleh: Syamsul Arif NIM:

2 Abstrak Semakin bertambahnya user pengguna fasilitas internet di STIKOM Surabaya dari tahun ketahun telah menunjukkan bahwa internet sangat penting untuk berbagai macam informasi di STIKOM Surabaya khusussnya Program Studi DIV Komputer Multimedia STIKOM Surabaya. Akan tetapi belum memiliki Website penunjang yang lebih dinamis selain daripada yang ada. Perancangan Website ini menggunakan bahasa AJAX. AJAX memiliki kepanjangan Asynchronous Javascript And XML merupakan suatu teknik baru dalam dunia web tapi bukan merupakan bahasa pemrograman yang baru. Dengan adanya AJAX, akses data ke server yang dikirim melalui client via web dapat lebih cepat daripada mekanisme biasa. Hal ini dikarenakan AJAX tidak perlu melakukan proses loading page (refresh page) atau pindah ke page yang lain. AJAX dapat diintegrasikan dengan server side programming seperti PHP, ASP, JSP dll. Karena itu pentingnya Perancangan Website ini untuk dirancang sebagai penunjang Program Studi DIV Komputer Multimedia STIKOM Surabaya dan diharapkan dapat memberikan informasi dalam bidang Multimedia dan menjadi forum khusus warga Program Studi DIV Komputer Multimedia STIKOM Surabaya. Desain dan berbagai fitur yang diterapkan, dirancang dan didesain berdasarkan keyword dan analisa warna. Keyword yang digunakan adalah casual-enjoyble. Pendekatan warna yang akan digunakan dalam pembuatan website ini adalah menggunakan warna Casual, casual enjoyable yang berarti kesederhanaan yang menyenangkan, penuh inovasi dan motivasi.

3 Latar Belakang • Semakin bertambahnya user pengguna fasilitas internet di STIKOM Surabaya dari tahun ketahun telah menunjukkan bahwa internet sangat penting untuk berbagai macam informasi di STIKOM Surabaya khusussnya Program Studi DIV Komputer Multimedia STIKOM Surabaya.

4 Latar Belakang • Program Studi DIV Komputer Multimedia STIKOM Surabaya adalah salah satu Program Studi dari sebuah Sekolah tinggi Manjemen Informatika dan teknik komputer Surabaya, akan tetapi belum memiliki Website penunjang yang lebih dinamis selain daripada yang ada.

5 Latar Belakang • Perancangan Website ini menarik karena Website dibangun menggunakan bahasa AJAX. AJAX memiliki kepanjangan Asynchronous Javascript And XML. Dengan adanya AJAX, akses data ke server yang dikirim melalui client via web dapat lebih cepat daripada mekanisme biasa.

6 Tujuan • Perancangan Website ini untuk dirancang sebagai penunjang Program Studi DIV Komputer Multimedia STIKOM Surabaya dan diharapkan dapat memberikan informasi dalam bidang Multimedia dan menjadi forum khusus warga Program Studi DIV Komputer Multimedia STIKOM Surabaya.

7 Landasan Teori • Dalam “Rancang Bangun Website DIV Komputer Multimedia Stikom Surabaya Menggunakan Bahasa Asynchronous Javascript And XML” ini ada beberapa landasan teori yang mendukung, antara lain : Pengertian website,website terbagi menjadi 2 yaitu ; website statis dan dinamis, pengertan AJAX (Asynchronous JavaScript And XML), dan pengertian Framework

8 Metode Penelitian • Metode penelitian yang digunakan dalam proses pembuatan CD pembelajaran interaktif ini dilakukan berdasarkan SDLC (System Development Life Cycle) dimana SDLC didefinisikan oleh Dewan Perwakilan Rakyat AS sebagai sebuah proses pengembangan software yang digunakan oleh analis sistem, untuk mengembangkan sebuah sistem informasi

9 Metode Penelitian Gambar Diagram metode SDLC

10 Perancangan Karya • Tahap perancangan merupakan salah satu tahapan yang penting dalam pembuatan website, karena perancangan berhubungan dengan konsep desain yang sesuai dengan keyword. Dimana konsep desain sangat berpengaruh dengan interaktif dan komunkatif sebuah website. Teknis perancangan yang diperlukan, diantaranya adalah: konsep desain, architectural flow

11 Perancangan Karya • Konsep Desain • Dalam pembuatan Website ini akan diberikan fitur AJAX. AJAX yang akan digunakan yaitu framework mootools. Sistem website ini akan dibangun menggunakan PHP, dan databasenya menggunakan MySQL. Sehingga website ini akan menjadi website yang dinamis

12 Perancangan Karya • Architectural Flow Keterangan : -Gambar Architectural Flow Admin -Gambar Architectural Flow Client

13 Implementasi Desain • Desain website ini menggunakan fitur-fitur AJAX dipadu dengan CSS (Cascading Style Sheet) dan finishing menggunakan HTML dan PHP. Adapun desain halaman utama pada website ini.

14 Implementasi Desain Desain Halaman Utama

15 Tujuan • Dalam pembuatan website ini sebagai media penunjang website penunjang Program Studi DIV Komputer Multimedia STIKOM Surabaya yang lebih dinamis dari pada yang sudah ada.

16 Tujuan • Dalam pembuatan website ini dapat membantu dan memberikan informasi dalam bidang Multimedia dan menjadi forum khusus warga Program Studi DIV Komputer Multimedia STIKOM Surabaya.

17 Tujuan • Dalam pembuatan Website ini akan diberikan fitur AJAX. Sistem website ini akan dibangun menggunakan PHP, dan databasenya menggunakan MySQL. Sehingga website ini akan menjadi website yang dinamis.

18 Saran • Website ini dapat dikembangkan untuk dapat menampung semua bentuk ekstensi/tipe data baik gambar maupun video

19 Saran • Dalam proses pra produksi, produksi hingga pasca produksi, hendaknya kita selalu melakukan manajemen waktu, dan memperhitungkan masalah kompatibilitas dan kemungkinan program mengalami kerusakan (error), agar karya yang dikerjakan bisa selesai tepat waktu.


Download ppt "RANCANG BANGUN WEBSITE PROGRAM STUDI DIV KOMPUTER MULTIMEDA STIKOM SURABAYA MENGGUNAKAN BAHASA ASYNCHRONOUS JAVASCRIPT AND XML Oleh: Syamsul Arif NIM:"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google