Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FKIP MATEMATIKA UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR 2012 Semester V Amlapura 1.Ni Komang Emi Irmayanti (1541) 2.Kadek Wiwien Pratiwi (1545) 3.Ni Kadek Widyawati.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FKIP MATEMATIKA UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR 2012 Semester V Amlapura 1.Ni Komang Emi Irmayanti (1541) 2.Kadek Wiwien Pratiwi (1545) 3.Ni Kadek Widyawati."— Transcript presentasi:

1 FKIP MATEMATIKA UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR 2012 Semester V Amlapura 1.Ni Komang Emi Irmayanti (1541) 2.Kadek Wiwien Pratiwi (1545) 3.Ni Kadek Widyawati (1546) 4.Ni Komang Ayu Kusuma Dewi (1550)

2 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

3 Pengertian Youtube Youtube adalah sebuah situs web video sharing yang paling popular di dunia internet yang dinikmati semua kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa. Setiap harinya situs ini diakses jutaan orang sehingga tidak salah youtube dimanfaatkan sebagai media pembelajaran.

4 Mengapa memilih youtube sebagai media pembelajaran? Karena YouTube memiliki beberapa keunggulan sebagai media pembelajaran yaitu: 1.Potensial yaitu youtube merupakan situs yang paling poluper di dunia internet saat ini yang mampu memberikan edit value terhadap education/pendidikan. 2.Praktis yaitu youtube mudah digunakan dan dapat diikuti oleh semua kalangan termasuk siswa dan guru. 3.Informatif yaitu youtube memberikan informasi tentang perkembangan ilmu pendidikan, teknologi, kebudayaan, dll 4.Interaktif yaitu youtube memfasilitasi kita untuk berdiskusi ataupun melakukan tanya jawab bahkan mereview sebuah video pembelajaran. 5.Sheareable yaitu youtube memiliki fasilitas link HTML, Embed kode video pembelajaran yang dapat di sheare di jejaring sosial seperti facebook, twitter dan juga blog/website. 6.Ekonomis yaitu youtube gratis untuk semua kalangan. Keunggulan Youtube PotensialPraktisInformatifInteraktifSheareableEkonomis

5 Manfaat YouTube sebagai media pembelajaran. Manfaat menggunakan YouTube dalam pembelajaran, yaitu: 1.Sebagai strategi mengajar untuk mendapatkan refrensi dalam proses belajar mengajar. 2.YouTube dapat menjadi sumber instruksional yang baik 3.Sebagai sumber alat motivasi mengajar yang dapat melibatkan peserta didik dan mendukung gaya pembelajaran yang modern. 4.Sebagai sumber belajar yang inovatif dan sumber pengajaran yang gratis yang dapat di pertimbangkan dalam anggaran pendidikan. 5.Melalui YouTube proses belajar mengajar online lebih praktis hanya dengan menyisipkan URL video di situs YouTube yang akan dipilih. Pengguna dapat meng account untuk di tampilkan di depan kelas.

6 Memanfaatkan YouTube sebagai media pembelajaran Untuk memanfaatkan youtube sebagai media pembelajaran, seorang guru harus mengetahui secara detail tentang : 1.Bagaimana membuat account di youtube 2.Bagaimana cara mengupload video pembelajaran di youtube sehingga dapat diakses oleh siswa atau siapapun. 3.Bagaimana search atau mencari video pembelajaran di youtube untuk menambah pengetahuan siswa ataupun guru 4.Bagaimana mendownload video pembelajaran di youtube, baik itu tanpa software maupun dengan software. 5.Bagaimana menjalankan (memutar) video pembelajaran dari youtube, baik secara online maupun offline setelah video tersebut didownload 6.Bagaimana menggunakan video pembelajaran agar terintegrasi dengan powerpoint untuk digunakan presentasi di kelas.

7 Langkah-langkah memanfaatkan YouTube sebagai media pembelajaran Beberapa langkah yang praktis untuk melihat klip video di YouTube, diantaranya: 1.Buka 2.Pada kolom bagian atas, masukan kata kunci, judul atau istilah untuk pencarian. 3.Klik tombol search atau pencarian 4.Beberapa judul dari video YouTube dan screen shot dari setiap video akan tersedia yang akan memenuhi criteria pencarian. 5.Pilih video YouTube yang paling cocok untuk pencarian dengan mengklik gambar klip video tersebut dan video akan mulai tampil. 6.Pada bagian bawah layar video memiliki pilihan untuk memberhentikan, melanjutkan atau memperbesar video dan memperbesar volume suara serta menampilkan durasi video yang sedang tampil. 7.Klip video di situs YouTube dapat simpan atau di potong untuk dibuat suatu dokumen saat ditampilkan secara online di kelas.

8 Kesimpulan Upaya optimalisasi youtube dalam dunia pendidikan dengan demikian dapat dilakukan dalam dua cara yaitu Pertama, youtube dapat digunakan untuk mencari dan mengunduh video- video yang relefan dalam proses pembelajaran. Kedua (dan ini yang ingin saya tekankan), melalui youtube para pendidik sudah saatnya ikut berpartisipasi dalam mengisi kontain di youtube dengan berbagai video pembelajaran.

9 Sekian Dan Terima Kasih Atas Perhatiannya


Download ppt "FKIP MATEMATIKA UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR 2012 Semester V Amlapura 1.Ni Komang Emi Irmayanti (1541) 2.Kadek Wiwien Pratiwi (1545) 3.Ni Kadek Widyawati."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google