Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Biaya produksi perusahaan adalah semua pengeluaran yang dilakukan perusahaan untuk memperoleh faktor-faktor produksi yang akan digunakan untuk menciptakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Biaya produksi perusahaan adalah semua pengeluaran yang dilakukan perusahaan untuk memperoleh faktor-faktor produksi yang akan digunakan untuk menciptakan."— Transcript presentasi:

1

2  Biaya produksi perusahaan adalah semua pengeluaran yang dilakukan perusahaan untuk memperoleh faktor-faktor produksi yang akan digunakan untuk menciptakan barang-barang yang diproduksikan perusahaan tersebut  Biaya produksi adalah semua pengorbanan yang dikeluarkan untuk suatu proses produksi yang dinyatakan dalam bentuk uang menurut harga yang berlaku

3  Jangka pendek adalah suatu jangka waktu dalam proses produksi dimana produsen tidak dapat merubah sebagian faktor produksi yang tetap, tetapi hanya dapat merubah faktor produksi yang variabel dalam usaha untuk memperbesar produksinya. Misalnya tanah, gedung dan mesin yang dimiliki perusahaan sudah tertentu dan tetap.  Produksi yang diperbesar dengan cara,produsen hanya dapat merubah bahan baku, bahan pembantu, tenaga kerja dan faktor produksi yang lain. Dalam analisis ini sebagian dari faktor produksi yang digunakan dianggap tetap jumlahnya.

4 Berdasarkan Realitas 1. Biaya Eksplisit 2. Biaya Implisit Berdasarkan Sifat 1. Biaya Tetap 2. Biaya Variabel 3. Biaya Total

5 1.Biaya Eksplisit Pengeluaran aktual yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk membeli atau menyewa input yang diperlukan. 2.Biaya Implisit Nilai input yang dimiliki dan digunakan oleh perusahaan dalam proses produksinya. Nilai input yang dimiliki ini harus dimasukkan atau diperkirakan menurut apa yang dapat mereka peroleh dalam penggunaan alternatif terbaik.

6 1.Biaya Tetap/Fixed Cost (TFC) Merupakan kewajiban yang harus dibayar oleh suatu perusahaan persatuan waktu tertentu, untuk keperluan pembayaran semua input tetap dan besarnya tidak bergantung dari jumlah produk yang dihasilkan. Mis: biaya pembuatan gedung, pembelian mesin, dan sewa tanah.

7 2.Biaya Variabel (TVC) Adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan pada waktu tertentu, untuk pembayaran semua input variabel yang digunakan dalam proses produksi dan besar kecilnyapun tergantung pada banyak-sedikitnya barang yang diproduksi. Mis.pembayaran upah buruh. 3.Biaya Total (TC), Adalah jumlah seluruh biaya yang dikeluarkan dalam memproduksi suatu barang. TC=TFC+TVC

8 TC, TFC, TVC

9 1. Biaya Rata-rata/Average Cost (AC) adalah biaya total rata ‑ rata yang dapat dihitung dari Total Cost dibagi Q. AC = 2. Biaya variabel rata-rata/Average Variabel Cost (AVC) adalah biaya variabel rata-rata yang besarnya dihitung sebagai berikut : AVC =

10 3. Biaya tetap rata-rata/Average Fixed Cost (AFC) adalah biaya tetap rata-rata yang besarnya dapat dihitung sebagai berikut : AFC = 4. Biaya marjinal/Marginal Cost (MC) adalah tambahan biaya yang disebabkan karena tambahan satu unit produksi. MC = atau MC = TC n –TC n-1 /Q n –Q n-1

11 TFC AFC

12 TVC AVC

13 TFC, MC, AVC, AFC

14 LQFCVCTCMCAFCAVCATC ∞-∞ , , , , , , , ,

15

16

17  Pada periode perencanaan jangka panjang, berapapun besarnya ukuran pabrik sangat dimungkinkan bagi suatu perusahaan. Semua input (faktor produksi) dapat diubah skalanya (variabel) dan semua faktor produksi dapat mengalami perubahan.  Pada periode ini proses produksi dapat ditingkatkan kegiatannya dengan memperbesar produksinya dan produsen dapat merubah baik biaya faktor produksi variabel maupun biaya produksi tetapnya.  Tanah, gedung, mesin, tenaga kerja dan lain ‑ lain memungkinkan untuk berubah.

18  Kurva LRAC menunjukkan biaya produksi per-unit terendah untuk setiap output pada setiap skala pabrik yang dapat dibangun. LRAC menyinggung semua kurva biaya rata-rata jangka pendek Short-run Average Cost (SRAC) yang mencerminkan semua alternatif Scale of Plan yang dapat dibangun oleh perusahaan dalam jangka panjang.  Secara matematis, kurve LRAC merupakan envelove (tangen) kurve-kurve SRAC

19 Sebelum suatu investasi dilakukan oleh seorang pengusaha, ia berada dalam situasi jangka panjang. Ia dapat memilih salah satu diantara sejumlah besar investasi yang berbeda-beda. Setelah investasi dilakukan, dan dana telah dilibatkan maka pengusaha tersebut bekerja dalam kondisi jangka pendek.

20 1.Apabila pengusaha mengira output yang menguntungkan adalah Q 1 maka dia pilih bekerja di SAC 1 (pabrik kecil) 2.Apabila ia mengira output yang menguntungkan adalah Q 2 maka dia pilih bekerja di SAC 2 (pabrik menengah)

21 3.Apabila ia mengira output yang menguntungkan adalah Q 3 maka dia bisa memilih antara perusahaan menengah atau besar, apabila modal investasinya kecil maka mungkin ia akan memilih pada pabrik menengah 4.Apabila ia mengira output yang menguntungkan adalah Q 4 maka dia pilih bekerja di SAC 4 (pabrik besar)

22 SAC

23 AC, MC

24 Apabila ukuran pabrik atau perusahaan dan skala operasi diperbesar, maka keuntungan karena skala akan didapat, artinya setelah semua input menyesuaikan, maka secara optimal biaya produksi per unit dapat dikurangi. Hal ini bisa terjadi karena 4 alasan: 1.Spesialisasi 2.Faktor dimensi 3.Perbaikan pengangkutan 4.Perbaikan peralatan produktif Dalam jangka panjang, dimungkinkan terjadinya penurunan biaya karena perubahan skala.

25  Real economies: produksi, penjualan atau pemasaran, manajerial, transportasi dan penggudangan  Pecuniary economies: harga bahan baku, biaya periklanan, biaya transport, dan biaya upah serta gaji yang lebih rendah.

26  Keadaan skala ekonomi yang baik dalam jangka panjang dapat ditentukan pada saat SRAC menyinggung LRAC

27

28 QTFCTVCTCAFCAVCACMC Gambarkan kurva TFC,TVC dan TC pada sepasang sumbu yang sama (pendekatan total) dan gambarkan pula kurva AFC, AC, MC, dan AVC pada sumbu yang sama (pendekatan marjinal)!

29 2. Diketahui AC = (600/Q ) Q+2Q 2 Tentukan MC minimum!

30 THANKS


Download ppt " Biaya produksi perusahaan adalah semua pengeluaran yang dilakukan perusahaan untuk memperoleh faktor-faktor produksi yang akan digunakan untuk menciptakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google