Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRODUKSI DAN BIAYA JANGKA PENDEK Pertemuan 7. Jangka Waktu Pembuatan Keputusan Agar keputusan perus. dapat dibatasi pada proporsi yang dapat dikendalikan,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRODUKSI DAN BIAYA JANGKA PENDEK Pertemuan 7. Jangka Waktu Pembuatan Keputusan Agar keputusan perus. dapat dibatasi pada proporsi yang dapat dikendalikan,"— Transcript presentasi:

1 PRODUKSI DAN BIAYA JANGKA PENDEK Pertemuan 7

2 Jangka Waktu Pembuatan Keputusan Agar keputusan perus. dapat dibatasi pada proporsi yang dapat dikendalikan, maka ahli ekonomi membagi keputusan perus. menjadi: 1. 1.Bagaimana mempergunakan pabrik dan perlengkapan sebaik-baiknya (jangka pendek) 2. 2.Pabrik, perlengkapan & proses produksi apa yang dipilih sesuai dengan kemungkinan- teknologi yg telah diketahui (jangka panjang) 3. 3.Bagaimana mendorong atau menerapkan penemuan teknik baru (jangka sangat panjang)

3 Jangka Pendek   Jangka Pendek adalah jangka waktu dimana dalam proses produksinya masih digunakan / terdapat minimal satu input tetap, sementara input lainnya adalah variabel   Jangka waktu pengambilan keputusan ini tidak terkait dengan jumlah bulan atau tahun tertentu

4 Jangka Panjang   Jangka Panjang adalah periode waktu dimana semua input yang digunakan berubah, tetapi teknologi dasar produksi tidak berubah   Jangka panjang berhubungan dengan situasi yang dihadapi perusahaan bila sedang merencanakan untuk memasuki suatu bisnis, memperluas skala operasinya, mengembangkan produk/daerah baru atau menata kembali metode produksinya

5 Jangka Sangat Panjang   Merupakan periode waktu dimana ada kemungkinan perubahan teknologi yang tersedia bagi perusahaan   Karakteristik masyarakat industri modern adalah terus berubahnya teknologi yang menyebabkan munculnya produk baru dan metode produksi baru yang lebih baik

6 Fungsi Produksi   Merupakan hubungan antara input yang digunakan dalam proses produksi dengan kuantitas output yang dihasilkan   Produk Total (Total Product = TP) Jumlah total (output) yang diproduksi selama periode waktu tertentu Produk Rata-rata (Average Product = AP) Produk total dibagi jumlah unit faktor variabel yang digunakan untuk memproduksinya Jika jumlah tenaga kerja= L, maka produk rata-rata :

7  Produk Marjinal (Marginal Product = MP) kadang-kadang disebut tambahan produk (incremental product).  MP adalah perubahan dalam produk total sebagai akibat dari tambahan satu unit tambahan penggunaan faktor variabel :

8 Variasi Output dengan Modal Sebagai Faktor-faktor Tetap dan Tenaga Kerja Sebagai Faktor Variabel Jumlah TK (L) Produk Total (TP) Produk Rata- Rata (AP) Produk Marjinal (MP)

9 Produk Total Produk Per Unit Produktivitas Rata-Rata Maksimum Titik Balik 0 AP MP 0 ( i) Kurva Produk Total ( ii) Kurva Produk Rata-rata dan Kurva Produk Marjinal L L Titik produktivitas marginal yg berkurang Titik produktivitas rata-rata yg berkurang

10 The Law of Diminishing Returns   Jika makin banyak jumlah suatu faktor variabel ditetapkan untuk sejumlah faktor yang tetap, akhirnya akan tercapai kondisi dimana setiap tambahan unit faktor variabel tersebut menghasilkan tambahan produk total dalam jumlah yang lebih sedikit daripada yang dihasilkan unit sebelumnya.

11 Fungsi Biaya   Biaya Total (Total Cost = TC) ; Biaya total untuk menghasilkan tingkat output tertentu   Terbagi menjadi 2 : 1. 1.Biaya Tetap Total (Total Fixed Cost = TFC) 2. 2.Biaya Variabel Total (Total Variabel Cost = TVC)

12 TFC   Biaya yang tidak berubah meskipun output berubah; biaya ini akan sama besarnya walaupun output 1 unit atau 1 juta unit.   Biaya ini juga disebut sebagai overhead cost atau unavoidable cost atau biaya yang tidak dapat dihindari

13 TVC   Biaya yang berkaitan langsung dengan output; bertambah besar dengan meningkatnya produksi atau bertambah kecil dengan menurunnya produksi.   Biaya variabel juga sering disebut biaya langsung (direct cost atau avoidable cost) atau biaya yang adapat dihindari

14  Biaya Total Rata-Rata (Average Total Cost = ATC) atau Biaya Rata-Rata (average cost = AC) atau biaya per unit  Biaya total untuk menghasilkan jumlah output tertentu dibagi dengan jumlah output tersebut. ATC=AFC+AVCdimana; AFC = Biaya tetap rata-rata (average fixed cost) AVC = Biaya variabel rata-rata (average variable cost)

15   Biaya Marjinal (Marginal Cost = MC) yang kadang-kadang disebut tambahan biaya (incremental cost)   Kenaikan biaya total yang disebabkan oleh meningkatnya produksi sebesar 1 unit.

16 Variasi Biaya Modal Sebagai Faktor Tetap&Tenaga Kerja Sebagai Faktor Variabel Biaya TotalBiaya Rata-rata TK (L) (1) Output (q) (2) Tetap (TFC) (3) Variabel (TVC) (4) Total Cost (5) Biaya Marjinal (MC) (6) Tetap (AFC) (7) Variabel (AVC) (8) Total (ATC) (9)

17 Output Biaya Total TC TVC (i) Kurva Biaya Total

18 Jumlah Output Biaya Per Unit MC ATC AVC AFC q c (ii) Kurva Biaya Marjinal dan Kurva Biaya Rata-rata

19 TERIMA KASIH


Download ppt "PRODUKSI DAN BIAYA JANGKA PENDEK Pertemuan 7. Jangka Waktu Pembuatan Keputusan Agar keputusan perus. dapat dibatasi pada proporsi yang dapat dikendalikan,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google