Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MASYARAKAT INFORMASI Pertemuan ke 5 – Komputer dan Masyarakat Viska Armalina, ST.,M.Eng Dikutip dari berbagai sumber.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MASYARAKAT INFORMASI Pertemuan ke 5 – Komputer dan Masyarakat Viska Armalina, ST.,M.Eng Dikutip dari berbagai sumber."— Transcript presentasi:

1 MASYARAKAT INFORMASI Pertemuan ke 5 – Komputer dan Masyarakat Viska Armalina, ST.,M.Eng Dikutip dari berbagai sumber

2 "Keterbukaan dan akuntabilitas badan publik menjadi semakin penting untuk dilaksanakan dalam era globalisasi, karena sudah tidak ada lagi ruang dan sekat yang membatasi akses masyarakat untuk memperoleh informasi seluas-luasnya” Sekjen Kemdagri, Diah Anggraeni dalam Rakornas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Jakarta, Oktober 2013

3 Era Informasi Perubahan Paradigma LAMA  Konvensional  Standard  Monopoli  Terproteksi BARU  Fleksibel  Customized  Profesionalitas  Tidak Birokratis

4 Ciri Era Informasi  Informasi menjadi alat komoditi  Distribusi informasi berubah dari tercetak menjadi elektronik dengan karakteristik informasi sebagai berikut : a. Terbaru b. Journal c. Prediksi  Sistem layanan berubah dari manual ke elektronis (e-service)  Kompetisi bersifat global dan ketat  Sektor ekonomi bergeser dari penghasil barang ke pelayanan jasa.  Interaksi langsung antara penyedia dan pemakai  Kualitas SDM ditentukan pada kemampuan meramu informasi  Kepercayaan dan kepuasan customer menjadi tujuan utama  Pengambilan keputusan berbasis pada Teknologi Informasi  Terbentuknya komunitas masyarakat maya.

5 Dampak Positif Era Informasi  Efisiensi  Produktivitas a. Pelayanan Publik/Pemerintah b. Bisnis/Komersial c. Media Massa d. Pendidikan e. Masyarakat  Kenyamanan  Borderless  Kecepatan

6 Dampak Negatif Era Informasi  Rasa Takut  Keterasingan  Kelompok Miskin Informasi  Individualistik  Kompleksitas tinggi  Pelanggaran privacy  Rentannya organisasi  Pengangguran  Kaburnya Citra Manusia

7 Kunci Keberhasilan Era Informasi  Creativity  Customizability  Convenience (Total Customer Satisfaction)  Human Resource (Siapkan! Bukan mencari…)

8 Gambaran Umum Masyarakat Informasi  Masyarakat dapat membuat kemungkinan terbaik dalam menggunakan informasi dan teknologi komunikasi baru. (ICT).  Pengertian Masyarakat Informasi secara umum : Suatu keadaan masyarakat dimana produksi, distribusi dan manipulasi suatu informasi menjadi kegiatan utama.

9 Ciri Masyarakat Informasi  Adanya level intensitas informasi yang tinggi (kebutuhan informasi yang tinggi) dalam kehidupan masyarakatnya sehari – hari pada organisasi – organisasi yang ada, dan tempat– tempat kerja.  Penggunaan teknologi informasi untuk kegiatan sosial, pengajaran dan bisnis, serta kegiatan– kegiatan lainnya.  Kemampuan pertukaran data digital yang cepat dalam jarak yang jauh.

10 Perbedaan Masyarakat Agraris, Masyarakat Industri, Masyarakat Informasi KategoriMasyarakat AgrarisMasyarakat IndustriMasyarakat Informasi Sumber daya yang diolahSDA (angin, air, tanah,..), manusia Membuat tenaga (listrik, bhn bakar) Informasi (transmisi data dan komputer) Sumber daya yang dibutuhkan Bahan mentah/alamModalPengetahuan Keahlian SDM yang dibutuhkan Petani, pekrja tanpa skill tertentu Ahli mesin, pekerja dg skill khusus Pekerja profesional (dg skill tinggi) TeknologiAlat-alat manualTeknologi mesinTeknologi cerdas Prinsip perkembanganTradisionalPertumbuhan ekonomiPenerapan pengetahuan dalam teknologi Mode ProduksiPertanian, pertambangan, perikanan, perkebunan, peternakan Produksi, distribusi barang, konstruksi berat Transportasi, perdagangan, asuransi, real-estate, kesehatan, rekreasi, penelitian, pendidikan, pemerintahan.

11 SUDUT PANDANG MASYARAKAT INFORMASI  Ada 5 faktor yang mendefinisikan masyarakat informasi menurut Frank Webster dalam bukunya Theories of Information Society (2002): a. Teknologi b. Ekonomi c. Pekerjaan d. Spasial e. Budaya

12 Masyarakat Informasi dari Sudut Pandang Teknologi  Konsepsi teknologi berpusat pada serangkaian inovasi yang telah muncul sejak tahun 1970-an.  Revolusi teknologi informasi menyebabkan tersebarnya teknologi komunikasi dan hal tersebutlah yang dapat menginsiprasi terciptanya masyarakat baru (Webster, 2002: 10).  Internet sebagai sebuah hasil dari inovasi teknologi informasi dapat memunculkan masyarakat baru dimana internet sebagai alat untuk demokratisasi, pendidikan, dan lain sebagainya.  Banyak yang keberatan mengenai konsep teknologi dalam masyarakat informasi dalam hal : a. Pernyataan bahwa, di era tertentu, teknologi yang pertama ditemukan dan kemudian berdampak pada masyarakat, sehingga menggerakkan orang-orang untuk merespon dengan menyesuaikan ke yang baru (Webster, 2002: 11). b. Adanya pendekatan teknologi dimana teknologi dianggap sebagai dinamika sosial utama. Secara demonstratif teknologi tidak menjauhkan diri dari ranah sosial sebaliknya, teknologi adalah bagian integral dari sosial itu sendiri.

13 Masyarakat Informasi dari Sudut Pandang Ekonomi  Teknologi dan ekonomi saling berhubungan.  Pesatnya pertumbuhan internet terutama, dengan kapasitas untuk secara bersamaan mempromosikan keberhasilan ekonomi, pendidikan dan proses demokrasi.  Dengan berkembangnya informasi menimbulkan kemudahan dalam perdagangan, dan tentu saja menimbulkan keberhasilan ekonomi.  Suatu masyarakat informasi dapat dilihat dengan keberhasilan ekonominya.  Selain itu, dalam masyarakat informasi juga terjadi perubahan ekonomi, dari old economy menjadi new economy.

14 Masyarakat Informasi dari Sudut Pandang Pekerjaan  Terdapat perubahan struktur jenis pekerjaan akibat dari berubahnya jenis ekonomi, dari old ke new.  Dalam masyarakat informasi jenis pekerjaan berganti menjadi informational work yang mana membuat penurunan pekerjaan manufaktur dan meningkatnya pekerjaan pada sektor jasa yang mana ini berarti hilangnya pekerjaan manual digantikan dengan kerja kantoran.  Karena bahan dasar dari pekerjaan non-manual adalah informasi, dan kemudian dususul dengan meningkatnya informational work maka hal ini dapat dikatakan bahwa ini merupakan kedatangan dari masyarakat informasi (Webster, 2002: 14).  Fokus pada perubahan pekerjaan adalah salah satu yang menekankan kekuatan transformatif dari informasi itu sendiri daripada pengaruh teknologi informasi, informasi terjadi dan dihasilkan dalam pekerjaan atau terwujud dalam masyarakat melalui pendidikan dan pengalaman (Webster, 2002: 14).

15 Masyarakat Informasi dari Sudut Pandang Spasial  Konsep ini berkaitan dengan geografis suatu tempat dan konsep ruang.  Penekanan utamanya adalah pada jaringan informasi yang menghubungkan lokasi dan akibatnya dapat memiliki efek mendalam pada pengorganisasian ruang dan waktu (Webster, 2002: 17).  Jaringan informasi membuat jarak menjadi tak terlihat. Orang yang berada di belahan dunia lain dapat dengan cepat mengetahui informasi yang terjadi pada belahan dunia yang lain, tanpa harus berpergian ke tempat tersebut. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa jaringan informasi mempunyai peran yang signifikan dalam masyarakat informasi.

16 Masyarakat Informasi dari Sudut Pandang Budaya  Budaya dalam masyarakat infromasi dapat berubah seiring dengan perkembangan informasi, dan biasanya budaya ini sudah tercampur dengan budaya yang lain sehingga dalam masyarakt informasi terdapat pencampuran budaya, sehingga budaya asli masyarakat tersebut tidak hilang namun terkolaborasi dengan budaya lain yang dibawa oleh informasi tersebut.

17 Warintek  Warung Informasi dan Teknologi (WARINTEK) - Program atau upaya pemberdayaan unit-unit informasi dan dokumentasi, melalui peningkatan teknologi informasi untuk memberi kemudahan akses informasi ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), peningkatan sumber daya manusia, membina sumber daya informasi lokal termasuk akses terhadap modal pembiayaan. - Salah satu kegiatan Kementrian Negara Riset dan Teknologi dalam pengembangan suatu sistem basis Iptek terpadu untuk mendorong program pemberdayaan dan pengembangan masyarakat berwawasan informasi dengan memberikan kemudahan, layanan dan pendidikan pada masyarakat luas dalam mengakses informasi.  Latar Belakang Program WARINTEK : a. Perubahan dari masyarakat industri ke masyarakat informasi, sehingga aktivitas dan cara berkomunikasi masyarakat dalam kehidupan sosial, perdagangan, ekonomi, penelitian dan pendidikan telah berubah secara mendasar sejalan dengan kemajuan teknologi, informasi dan telekomunikasi. b. Informasi IPTEK harus secara mudah, cepat, akurat dan terjangkau bagi seluruh golongan masyarakat. Untuk itu diperlukan suatu usaha mendapatkan kemudahan akses dalam memperoleh informasi yang terpadu. Pada dasarnya informasi teknologi harus dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat tanpa adanya diskriminasi, baik golongan maupun kelompok intelektual.

18

19 Layanan Elektronis (e-Services) - 1  Penyediaan layanan melalui internet. - e-Commerce  cth : jual beli online - e-Government  cth : pelayanan publik melalui internet - e-Library  cth : layanan perpustakaan digital -e-Ticketing  pembelian tiket elektronis /online -e-Learning  cth : pembelajaran dengan media internet  Kata “Layanan” secara implisit menunjuk pada hal berikut : a. Penyediaan layanan oleh penyedia (provider) b. Pemanfaatan dan akses layanan oleh pihak yang memerlukan (pemakai) c. Penyampaian (delivery) layanan dari penyedia ke pemakai

20 Layanan Elektronis (e-Services) - 2 Sumber : Modul Komputer dan Masyarakat Drs. Wimmie Handiwidjojo, MIT – Universitas Kristen Duta Wacana

21 Sejarah Layanan Elektronis

22 Sejarah ( Tahun ) Konsep layanan elektronis diawali dari pengembangan program aplikasi untuk berbagai keperluan.  Sebuah aplikasi dirancang untuk suatu keperluan tertentu dan melakukan fungsi-fungsi tertentu. Contoh: Aplikasi akuntansi digunakan untuk mengelola data keuangan perusahaan, dan dapat memroses neraca, cashflow, serta menghasilkan laporan-laporan.  Tujuan aplikasi adalah untuk mengotomasikan berbagai proses.  Hampir semua aplikasi bersifat stand-alone (berdiri sendiri), tidak terhubung ke jaringan.

23 Sejarah ( Tahun ) Seiring dengan perkembangan teknologi jaringan komputer dan Internet, karakteristik program aplikasi pun berubah :  Aplikasi berjalan di atas jaringan dan memanfaatkan potensi jaringan untuk memperluas kemampuannya.  Mulai muncul konsep tentang layanan: ada pihak yg memerlukan sesuatu, dan ada pihak lain yang menyediakannya.  Antara penyedia dan pemakai layanan tidak perlu ada keterkaitan sebelumnya (prior association). Hubungan antara penyedia dan pemakai layanan :  Masih sederhana, hanya melibatkan 2 pihak saja  Dalam berbagai bidang aplikasi: e-commerce (mis: toko on-line), e-learning (mis: digital library), e- government (mis: layanan informasi pemda). Sumber : Modul Komputer dan Masyarakat Drs. Wimmie Handiwidjojo, MIT – Universitas Kristen Duta Wacana

24 Contoh E-Goverment

25 Sejarah ( 2000-sekarang…) Perubahan karakteristik layanan on-line  Jenis semakin bervariasi  semakin banyak layanan di berbagai bidang yang juga terus bertambah  Melibatkan semakin banyak pihak dengan interaksi yang semakin kompleks • Toko on-line Amazon • Sistem pemesanan (reservasi) tiket pesawat  Layanan-layanan yang bersifat kontemporer (baru)

26 Layanan-layanan kontemporer, kombinasi dari inovasi ide, dukungan teknologi, dan ketersediaan infrastruktur (terutama bandwidth Internet)

27 Interaksi Penyedia - Pemakai Internet memungkinkan penyedia dan pemakai berhubungan secara langsung (direct communication)  Menghilangkan pihak-pihak “perantara” (distributor, penyalur, dsb)  Mengurangi biaya, waktu, dan usaha bagi kedua belah pihak  Dapat menimbulkan “konflik saluran” (channel conflicts)  sebuah saluran komunikasi menghalangi saluran komunikasi yang lain. • Contoh: penjualan on-line mengurangi omzet penjualan off-line

28 Hubungan Satu-Satu  Meskipun penyedia layanan dapat melayani banyak pemakai, tetapi tetap terjadi model komunikasi satu-satu (one-to-one) antara penyedia dan masing- masing pemakai. Sumber : Modul Komputer dan Masyarakat Drs. Wimmie Handiwidjojo, MIT – Universitas Kristen Duta Wacana

29 Hubungan Satu-Satu dan Loyalitas  Mempertahankan hubungan yang bersifat personal/individual sangat tergantung pada loyalitas pemakai kepada penyedia layanan.  Loyalitas dalam dunia virtual sangat rentan terhadap kepercayaan (trust) – sekali pemakai tidak percaya, sangat mudah baginya untuk berpindah ke penyedia yang lain - Kepercayaan  kesediaan pemakai untuk tetap berinteraksi dengan penyedia layanan

30 Kepercayaan Pemakai Kebenaran (correctness) informasi  Informasi yang disampaikan sesuai fakta  “Ibukota Indonesia adalah Bandung”  tidak benar Akurasi informasi  Informasi yang disampaikan memiliki derajad ketelitian yang cukup  “Bandung terletak di Jawa Barat” lebih akurat drpd “Bandung terletak di Indonesia” Keterbaruan (update) informasi  Dalam era informasi, informasi yg terlalu lama tidak diperbarui juga dapat menurunkan kepercayaan, meskipun kebenaran dan akurasinya masih terjaga Keamanan informasi  Terkait dengan nilai ekonomis informasi

31 Hubungan Just In-Time  Dengan kemudahan dan kecepatan berkomunikasi, hubungan pemakai – penyedia layanan sering bersifat just-in-time  interaksi berlangsung secara ad-hoc, mendadak, dan tidak berkelanjutan (once-only)/  Konsekuensi hubungan just-in-time – Perlu kecepatan respons – Perlu fleksibilitas dalam memenuhi permintaan secara just-in-time

32 Referensi  Sumber Utama : Modul Komputer dan Masyarakat Drs. Wimmie Handiwidjojo, MIT – Universitas Kristen Duta Wacana       Webster, Frank “The Idea of an Information Society”, dalam Theories of the Information Society. London: Routledge 


Download ppt "MASYARAKAT INFORMASI Pertemuan ke 5 – Komputer dan Masyarakat Viska Armalina, ST.,M.Eng Dikutip dari berbagai sumber."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google