Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Masyarakat Informasi Komputer Masyarakat Pertemuan 11.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Masyarakat Informasi Komputer Masyarakat Pertemuan 11."— Transcript presentasi:

1 Masyarakat Informasi Komputer Masyarakat Pertemuan 11

2 Perbedaan Masyarakat Agraris, Masyarakat Industri, dan Masyarakat Informasi Sumber daya yang diolah: - SDA (angin, air, tanah, manusia) masyarakat agraris - Membuat tenaga(listrik, bahan bakar) masyarakat industri - Informasi (transmisi data dan komputer) masyarakat informasi Sumber daya yang dibutuhkan: - Bahan mentah / alam masyarakat agraris - Modal masyarakat industri - Pengetahuan masyarakat informasi Keahlian SDM yang dibutuhkan: - Petani, pekerja tanpa skill tertentu masyarakat agraris - Ahli mesin, pekerja dengan skill khusus masyarakat industri - Pekerja profesional (dengan skill tinggi) masyarakat informasi

3 Teknologi: - Alat-alat manual masyarakat agraris - Teknologi mesin masyarakat industri - Teknologi cerdas masyarakat informasi Prinsip perkembangan: - Tradisional masyarakat agraris - Pertumbuhan ekonomi masyarakat industri - Penerapan pengetahuan dalam teknologi masyarakat informasi Mode produksi dalam bidang ekonomi: - Pertanian, pertambangan, perikanan, peternakan. masyarakat agraris - Produksi, distribusi barang; konstruksi berat. masyarakat industri - Transportasi, perdagangan, asuransi, real estate, kesehatan, rekreasi, penelitian, pendidikan, pemerintahan. masyarakat informasi

4 unsur dari masyarakat informasi infrastruktur jaringan telekomunikasi pita lebar yang harganya terjangkau oleh masyarakat, masyarakat pemakai dan penyedia informasi, sumberdaya-sumberdaya manusia terampil dalam teknologi informasi yang demikian besar varian-nya, industri-industri teknologi informasi yang demikian beragam dan sangat luas, dan otoritas (regulator) yang mengatur tentang teknologi informasi dan bersifat sebagai katalisator yang efisien.

5 Memulai Masyarakat Informasi Dr. Arifin Nugroho, IPM bekerja di PT Telkom sebagai Kepala Proyek Satelit TELKOM-1. Dalam Mewujudkan Masyarakat Informasi Indonesia Sumber: kom9.html Deparpostel dan jajarannya telah menampung isu ini dalam suatu visi yang disebut Nusantara-21

6 Pertama jaringan telekomunikasi yang sudah ada dioptimalkan Jaringan telepon juga dimanfaatkan untuk internet

7 Yang kedua, perlunya dibuat trial N-21 yang mengikut sertakan kalangan industri, pendidikan dan penelitian. Yang dituju dalam upaya semacam ini ialah terbentuknya semacam jaringan contoh berikut jasa-jasa yang dapat diberikan kepada masyarakat pengguna informasi, sebelum nantinya dapat diterapkan untuk masyarakat yang lebih luas

8 Ketiga, sektor-sektor swasta maupun BUMN menjadi pemain utama N-21 sehingga mereka harus mau terjun di dalam trial N-21, dengan membuat semacam konsorsium dan upaya ini harus mendapat dukungan dari pemerintah. Perusahaan-perusahaan itulah sebenarnya yang dapat menjadi pionir dalam memasyarakatkan penggunaan teknologi informasi serta jaringan internet. Konsorsium ini akan menjadi cikal bakal pengelola jaringan N-21.

9 Keempat, N-21 akan merupakan pasar raksasa bagi industri telekomunikasi dan karenanya merupakan kesempatan yang baik bagi industri dalam negeri untuk dapat memanfaatkannya.

10 Kelima, infrastruktur jaringan informasinya menuju kepada teknologi ATM tetapi dapat menampung evolusi teknologi IP. Untuk pencapaiannya perlu pentahapan pentahapan.

11 Keenam, mengingat geografi yang amat luas, penggunaan jaringan hybrid yang terdiri atas sistem terrestrial dan wireless serta satelit pada khususnya adalah merupakan keharusan. Jadi semuanya akan dapat dikerahkan untuk dapat menjawab kebutuhan jaringan N-21 dengan mutu yang baik dan harga dalam jangkauan pemakai secara proporsional.

12 Ketujuh, perhatian atas information content ditujukan pertama-tama kepada kedua sektor yang sangat membutuhkan komunikasi multi- media, yaitu sektor pendidikan jarak jauh dan kesehatan jarak jauh.


Download ppt "Masyarakat Informasi Komputer Masyarakat Pertemuan 11."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google