Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Modul ke: Fakultas Program Studi PRIVASI DAN KEBEBASAN INFORMASI Dr. Ir. Eliyani 09 ILMU KOMPUTER Teknik Informatika.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Modul ke: Fakultas Program Studi PRIVASI DAN KEBEBASAN INFORMASI Dr. Ir. Eliyani 09 ILMU KOMPUTER Teknik Informatika."— Transcript presentasi:

1 Modul ke: Fakultas Program Studi PRIVASI DAN KEBEBASAN INFORMASI Dr. Ir. Eliyani 09 ILMU KOMPUTER Teknik Informatika

2 INFORMASI PRIBADI Dengan era teknologi internet seperti sekarang ini, ada rasa kekhawatiran bahwa informasi- informasi yang beredar di dunia maya, bukan kita banget, atau justru informasi tersebut membahayakan kita.

3 Perlindungan Privasi merupakan hak individu atau sekelompok individu untuk mengendalikan penggunaan informasi tentang identitas pribadinya baik oleh dirinya sendiri maupun oleh pihak lain. merupakan kemampuan satu atau sekelompok individu untuk mempertahankan kehidupan dan urusan personalnya dari publik, atau untuk mengontrol arus informasi mengenai diri merekapublikinformasi

4 Freedom of Information, that is, the freedom to predure and receive information and otherwise acquaint with the utterance of others. 1.Keamanan raja/ratu 2.Suplai logistik di dalam negeri 3.Keamanan dan keselamatan umum 4.Integritas individual 5.Privasi 6.pencegahan dan penuntutan suatu kejahatan

5 UU Di Indonesia, perlindungan privasi ini sebetulnya sudah dijamin pasal 28 ayat 1 UUD Berikutnya Pasal 29 UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Yang lebih baru adalah Pasal 29 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik yang disahkan pada tahun 2008

6 Pengertian Privasi tertera pada ayat 19 Privasi adalah hak individu untuk mengendalikan penggunaan informasi tentang identitas pribadi baik oleh dirinya sendiri atau oleh pihak lainnya.

7 Peraturan Bank Indonesia No. 7/6/PBI/2005 tentang Transparansi Informasi Produk Bank dan Perlindungan Data Pribadi Nasabah, yang mewajibkan persetujuan dari nasabah jika bank hendak menggunakan data pribadi nasabah, khususnya untuk kegiatan komersil.

8 Belajar dari Google Mengapa perusahaan senang mengiklankan produknya di Google padahal jasa mereka adalah search engine? Semua data mengenai pengguna didapatkan Google secara otomatis melalui kueri yang kita tulis saat meminta Google mencarinya. Lantas Google dapat mengetahui history Web pengguna, video yang dilihat di Youtube, status atau informasi yang pengguna klik di Google+, sistem operasi maupun model perangkat keras yang digunakan, lokasi pengguna, dan lain-lain yang kita masukkan di produk-produk Google yang lain. Jika menggunakan Android, Google dapat melihat aktivitas keseharian kita, log telepon, bahkan nomer kontak. Bisnisnya pada tahun 2011 menghasilkan sebesar US $36 milyar.

9 Kebebasan Memperoleh Informasi Menurut Toby Mendel (2004), ciri kebebasan informasi Keterbukaan maksimum Kewajiban untuk mengumumkan informasi Memajukan pemerintahan yang terbuka Pembatasan cakupan kekecualian Proses-proses untuk mempermudah pemerolehan informasi Biaya (untuk memperoleh informasi) Rapat (lembaga pemerintah) yang terbuka Keterbukaan informasi adalah prioritas Perlindungan untuk pengungkap (whistle blower)

10 Unsur masyarakat informasi infrastruktur jaringan telekomunikasi pita lebar yang harganya terjangkau oleh masyarakat, masyarakat pemakai dan penyedia informasi, sumberdaya manusia terampil dalam teknologi informasi industri teknologi informasi yang beragam dan luas, d otoritas (regulator) yang mengatur tentang teknologi informasi dan bersifat sebagai katalisator yang efisien.

11 Nusantara-21 (N-21) (Dr. Arifin Nugroho (PT Telkom) 1.jaringan telekomunikasi yang sudah ada dioptimalkan; Jaringan telepon juga dimanfaatkan untuk internet 2.perlunya dibuat trial N-21 yang mengikut sertakan kalangan industri, pendidikan dan penelitian. Yang dituju dalam upaya semacam ini ialah terbentuknya semacam jaringan contoh berikut jasa-jasa yang dapat diberikan kepada masyarakat pengguna informasi, sebelum nantinya dapat diterapkan untuk masyarakat yang lebih luas

12 N sektor-sektor swasta maupun BUMN menjadi pemain utama N-21 sehingga mereka harus mau terjun di dalam trial N-21, dengan membuat semacam konsorsium dan upaya ini harus mendapat dukungan dari pemerintah. Perusahaan-perusahaan itulah sebenarnya yang dapat menjadi pionir dalam memasyarakatkan penggunaan teknologi informasi serta jaringan internet. Konsorsium ini akan menjadi cikal bakal pengelola jaringan N-21.

13 N N-21 akan merupakan pasar raksasa bagi industri telekomunikasi dan karenanya merupakan kesempatan yang baik bagi industri dalam negeri untuk dapat memanfaatkannya. 5. infrastruktur jaringan informasinya menuju kepada teknologi ATM tetapi dapat menampung evolusi teknologi IP. Untuk pencapaiannya perlu pentahapan- pentahapan.

14 N mengingat geografi yang amat luas, penggunaan jaringan hybrid yang terdiri atas sistem terrestrial dan wireless serta satelit pada khususnya adalah merupakan keharusan. Jadi semuanya akan dapat dikerahkan untuk dapat menjawab kebutuhan jaringan N-21 dengan mutu yang baik dan harga dalam jangkauan pemakai secara proporsional.

15 N perhatian atas konten informasi ditujukan pertama-tama kepada kedua sektor yang sangat membutuhkan komunikasi multi-media, yaitu sektor pendidikan jarak jauh dan kesehatan jarak jauh.

16 Kasus Akhir-akhir ini marak kasus yang menyangkut perlindungan informasi pribadi seperti yang terbaru adalah kasus penyadaopan telepon para pemimpin negara oleh Amerika dan Australia. Bahkan ada Pemerintah yang belum mau minta maaf setelah diminta oleh negara yang dirugikan untuk minta maaf. Coba bahas bagaimana perlindungan terhadap hak sebuah negara untuk dilindungi informasi pribadinya? Adakah peraturan internasional yang mengatur hal ini? Apakah terdapat jalur hukum untuk melindungai hak privasi ini. Bagaimana pula perlindungan terhadap para whistle Blower yang berani mengungkapkan kecurangan ini? Simak pula bagaimana perlindungan terhadap para whistle blower di Indonesia seperti seperti Susno Duaji danNazarudin.

17 BACAAN Wahyudidjafar. Selasa, 09 Juli Kita Perlu UU Perlindungan Data Pribadi. hk51da54d24bb82.html. hk51da54d24bb82.html Dr. Arifin Nugroho, IPM bekerja di PT Telkom sebagai Kepala Proyek Satelit. Memulai Masyarakat Informasi. Dalam Mewujudkan Masyarakat Informasi Indonesia. Sumber:

18 Terima Kasih YA Allah, tambahkanlah aku ilmu dan kepahaman.. AAMIIN


Download ppt "Modul ke: Fakultas Program Studi PRIVASI DAN KEBEBASAN INFORMASI Dr. Ir. Eliyani 09 ILMU KOMPUTER Teknik Informatika."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google