Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Komputer Masyarakat. Pengertian E-government adalah penggunaan teknologi informasi dan telekomunikasi untuk administrasi pemerintahan yang efisien dan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Komputer Masyarakat. Pengertian E-government adalah penggunaan teknologi informasi dan telekomunikasi untuk administrasi pemerintahan yang efisien dan."— Transcript presentasi:

1 Komputer Masyarakat

2 Pengertian E-government adalah penggunaan teknologi informasi dan telekomunikasi untuk administrasi pemerintahan yang efisien dan efektif, serta memberikan pelayanan yang transparan dan memuaskan kepada masyarakat

3 Clay G. Wescott (Pejabat Senior Asian Development Bank), mencoba mendefinisikannya sebagai berikut: E-government adalah menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk mempromosikan pemerintahan yang lebih effisien dan penekanan biaya yang efektif, kemudahan fasilitas layanan pemerintah serta memberikan akses informasi terhadap masyarakat umum, dan membuat pemerintahan lebih bertanggung jawab kepada masyarakat

4 4 tingkatan e-gov Tingkat pertama adalah pemerintah mempublikasikan informasi melalui website. Tingkat kedua adalah interaksi antara masyarakat dan kantor pemerintahan melalui . Tingkat ketiga adalah masyarakat pengguna dapat melakukan transaksi dengan kantor pemerintahan secara timbal balik.

5 Level terakhir adalah integrasi di seluruh kantor pemerintahan, di mana masyarakat dapat melakukan transaksi dengan seluruh kantor pemerintahan yang telah mempunyai pemakaian data base bersama.

6 Menurut Wescott (2001), dari berbagai langkah dan strategi yang dilaksanakan oleh negara-negara tersebut, secara umum tahapan pelaksanaan e-gov yang biasanya dipilih adalah (1Membangun sistem dan jaringan; (2) Meningkatkan kemampuan organisasi dan publik dalam mengakses informasi; (3) Menciptakan komunikasi dua arah antar pemerintah dan masyarakat; (4) Memulai pertukaran value antar pemerintah dan masyarakat; dan (5)Menyiapkan portal yang informatif.

7 Pembayaran Pajak Online di California Menyediakan formulir aplikasi online, bisa didownload, diisi dan diproses scr online Menyediakan akses informasi dan komunikasi secara online sehingga memudahkan pembayar pajak utuk berkonsultasi dan bertanya Transaksi dapat dilakukan secara online Mengirimkan informasi kepada pembayar pajak secara online melalui dan newsletter dikirim secara rutin

8 Upaya yg dilakukan Membangun konsep yg aman dengan otorisasi tanda tangan digital kepada dan untuk pembayar pajak Membuat aplikasi yg memungkinkan semua formulir pajak dpt diakses melalui web site Melayani permintaan secara online untuk berlangganan pembayaran pajak secara otomatis Pemberian PIN (Personal Identification Number) sebagai password utk otentikasi pembayaran online.

9 Langkah Revitalisasi e-gov di Indonesia Pertama, mensikronkan target-target pembangunan nasional dalam sektor telematika dengan beberapa program egov yang akan dilaksanakan di seluruh lembaga dan departemen. Langkah ini sekaligus sebagai proses evaluasi program egov yang pernah dijalankan di semua tingkatan.

10 Kedua, meningkatkan pemahaman masyarakat, pelaku ekonomi swasta, termasuk pejabat pemerintahan atas potensi yang dapat disumbangkan program egov dalam mencapai target pembangunan nasional dan sektor telematika.

11 Ketiga, menyelesaikan berbagai program utama egov yang belum berhasil dilaksanakan, dan menyusun prioritas program egov yang dapat menciptakan lapangan kerja serta membantu penegakan praktek good governance dalam berbagai pelayanan publik

12 Keempat, menambah akses dan jangkauan infrastruktur telematika bagi semua kalangan untuk mengutamakan pemanfaatan egov dalam segala aktifitas sosial ekonomi masyarakat. Termasuk dalam hal ini adalah menetapkan struktur tarif yang transparan dan terjangkau buat semua kalangan. Jika perlu dapat saja diberlakukan diferensiasi tarif untuk semua aplikasi egov.

13 Berikutnya adalah alokasi dana egov perlu ditingkatkan yang disesuaikan dengan tahapan yang telah dicapai. Dana bisa berasal dari RAPBN, kerjasama internasional atau juga dari swasta nasional.

14 Terakhir, menetapkan hanya beberapa aplikasi egov pilihan –sebagai contoh sukses- yang menjadi prioritas pembangunan dan pengembangan sehingga terjadi efisiensi dalam pemberian pelayanan publik.

15 Menurut Kabani (2006) Evaluasi dan revitalisasi egov juga sangat diperlukan mengingat bahwa adalah suatu keharusan untuk melakukan proses perencanaan secara hati-hati dan untuk melakukan streamlining berbagai proses off-line sebelum melanjutkannya menjadi proses on-line.

16 Tugas Mengangkat contoh aplikasi sistem keberhasilan e- government baik di Indonesia atau juga luar negeri (boleh analisis+ditampilkan situsnya) Dipresentasikan sabtu jam 9


Download ppt "Komputer Masyarakat. Pengertian E-government adalah penggunaan teknologi informasi dan telekomunikasi untuk administrasi pemerintahan yang efisien dan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google