Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AKTIVITAS BISNIS  Aktivitas bisnis: Aktivitas yang dilakukan secara reguler dengan tujuan mendapatkan laba.  Memroduksi barang dan atau jasa  Membeli.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AKTIVITAS BISNIS  Aktivitas bisnis: Aktivitas yang dilakukan secara reguler dengan tujuan mendapatkan laba.  Memroduksi barang dan atau jasa  Membeli."— Transcript presentasi:

1

2 AKTIVITAS BISNIS  Aktivitas bisnis: Aktivitas yang dilakukan secara reguler dengan tujuan mendapatkan laba.  Memroduksi barang dan atau jasa  Membeli atau menjual barang/jasa

3 KLASIFKASI BISNIS Klasifikasi bisnis didasarkan atas ukuran: 1. Jumlah modal yang diinvestasikan. 2. Jumlah karryawan yang dipekerjakan. 3. Jumlah/volume transaksi 4. Luas area operasinya Atas dasar keempat hal tersebut, bisnis bisnis diklasifikasi lebih lanjut ke dalam:  Bisnis berskala besar  Bisnis berskala kecil

4 DI INDONESIA Bisnis diklasifikasikan ke dalam:  Mikro  Kecil  Menengah  Besar

5 KLASIFIKASI ATAS DASAR PEMILIKAN  Private sector (swasta)  Public sector (pemerintah – BUMN, BUMD)

6 KLASIFIKASI ATAS DASAR FUNGSI  Industri  Perdagangan

7 INDUSTRI  Industri primer  Industri sekunder  Industri tertier

8 INDUSTRI PRIMER  Industri yang berkaitan dengan ekstraksi, produksi dan pemrosesan sumber- sumber alam seperti bahan tambang, oli, produk agrikultur, pertanian, peternakan:  Ekstraktif  Genetik

9  Industri ekstraktif  ekstraksi bahan- bahan tambang, minyak dan gas alam, ikan dari laut, kayu dari hutan, dsb.  Industri genetik  peternakan ayam, binatang ternak, tanaman untuk dijual. Agrikultura, pisikultura (pembibitan ikan), holtikultura, penggemukan.

10 INDUSTRI SEKUNDER  Produksi atau pemrosesan hasil yang diperoleh dari industri primer.  Menggunakan hasil industri primer sebagai bahan baku dan memroduksi berbagai macam barang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.  Meliputi: industri manufaktur dan industri konstruksi.

11 INDUSTRI TERTIER  Industri yang menyediakan jasa untuk dikonsumsi.  Termasuk didalamnya, seperti layanan medis, keperawatan, pendidikan; atau, seperti, transportasi, perbankan, asuransi, dsb.  Termasuk didalamnya, layanan personal, seperti layanan medis, keperawatan, pendidikan; atau komersial, seperti, transportasi, perbankan, asuransi, dsb.

12 PERDAGANGAN (COMMERCE)  Perdagangan meliputi aktivitas-aktivitas yang memfasilitasi barang/jasa dari satu tempat ke tempat lain atau dari satu orang ke orang lain.  Perdagangan meliputi aktivitas-aktivitas yang memfasilitasi transfer barang/jasa dari satu tempat ke tempat lain atau dari satu orang ke orang lain.  Merupakan gerakan perpindahan barang dari produsen ke konsumen.  Sehingga, perdagangan (commerce) diasrtikan sebagai” ”.  Sehingga, perdagangan (commerce) diasrtikan sebagai” total aktivitas removal of hindrances di dalam pertukaran baran/jasa dan memfasilitasi tersedianya barang untuk dikonsumsi”.  Commerce meliputi:  Commerce meliputi: Trade dan auxiliary to trade

13 TRADE  Pembelian dan penjualan barang/jasa secara reguler.  Pertukaran barang/jasa dapat dilakukan secara tunai atau kredit.  Orang yang membeli barang untuk dijual kembali disebut “”.  Orang yang membeli barang untuk dijual kembali disebut “trader”.  Trader dapat membeli dalam jumlah besar dan menjualnya dalam jumlah besar atau membeli di dalam negeri untuk dijual di pasar internasional.

14  Trader dapat meliputi: Home trade dan.  Trader dapat meliputi: Home trade dan foreign trade.  Home trade meliputi: Whole sale (pedagang besar) (pengecer).  Home trade meliputi: Whole sale (pedagang besar) retailer (pengecer).  Foreign trade meliputi:  Foreign trade meliputi: Import trade, export trade, dan entreport trade.   Entreport – tempat penggudangan sebelum di distribusi atau pengolahan sebelum di ekspor.

15 AUXILIARIES TO TRADE  Aktivitas tambahan di dalam perdagangan.  Perdagangan tidak hanya membeli atau menjual barang/jasa saja, namun  Perdagangan tidak hanya membeli atau menjual barang/jasa saja, namun termasuk juga beberapa aktivitas yang memfasilitasi distribusi barang/jasa.   Auxiliary to trade meliputi: ◊Transportasi ◊Pergudangan (warehousing) ◊Assuransi ◊Perbankan ◊Komunikasi

16 E-COMMERCE (ELECTRONIC COMMERCE)  Proses transaksi bisnis (penjualan, pembelian, perbankan, pengiklanan,dan layanan-layanan lain melalui media elektronik (website dan ).

17 MANFAAT E-COMMERCE  Pilihan lebih banyak.  Pelayanan kepada customer meningkat.  Respon terhadap kebutuhan customer cepat.  Biaya operasi lebih murah dan potongan harga.  Jangkauan informasi pasar lebih luas.


Download ppt "AKTIVITAS BISNIS  Aktivitas bisnis: Aktivitas yang dilakukan secara reguler dengan tujuan mendapatkan laba.  Memroduksi barang dan atau jasa  Membeli."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google