Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan ke-2. Pasar tradisional : merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandaidengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan ke-2. Pasar tradisional : merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandaidengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan ke-2

2 Pasar tradisional : merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandaidengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung dan biasanya ada proses tawar-menawar, bangunan biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai, los dan dasaran terbuka yangdibuka oleh penjual maupun suatu pengelola pasar.

3  Selain itu, Pasar Tradisional adalah : pasar yang dibangun dan dikelola oleh Pemerintah, Swasta, Koperasi atau Swadaya Masyarakat dengan tempat usaha berupa toko, kios, los dan tenda yang dimiliki/dikelola oleh Pedagang Kecildan Menengah dan Koperasi, dengan usaha skala kecil dan modal kecil, dan dengan proses jual beli tawar menawar.

4  Keberadaan pasar tradisional memiliki jangkauan pelayanan yangtidak terlalu luas. Untuk jangkauan pelayanan pasar tradisional adalah penduduk yang tinggaltidak lebih dari 5 km dari lokasi pasar tersebut

5  Berdasarkan Peraturan Daerah Kotamadya Daerah Tingkat II Surabaya Nomor 2 Tahun1999 tentang pengurusan pasar di kotamadya daerah tingkat II Surabaya., pasar daerah(Tradisional) dibedakan menjadi beberapa klasifikasi, yaitu :

6 1.Pasar induk  Pasar induk adalah pasar yang berfungsi sebagai tempat pengumpulan, pelelangan,penyimpanan, penyaluran barang sehari-hari anatara lain pasar induk sayur, buah-buahandan beras.

7 2.Pasar grosir  Pasar grosir adalah pasar yang menjual berbagai jenis barang dalam jumlah besar.Misalnya perkwintal, perton, pergros, perlosin, dan lain-lain.

8 3.Pasar eceran  Pasar eceran adalah pasar yang menjual berbagai jenis barang dalam jumlah kecil.Misalnya : perbuah, perbatang, per kilogram dan lain-lain.

9 4.Pasar khusus  Pasar yang memperjualbelikan jenis barang tertentu miasalnya : suku cadang, alat-alat tehnik, binatang ternak, tanaman, dan lain-lain  Bagaimana dengan Pasar “RB” pernang – Pasar ikan “Kiri !” – Pasar “Beras” Lombok ????

10 E - Com  E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E- commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

11 BAGAIMANA PERBEDAAN PERAN PERANTARA/BROOKER/CALO DIANTARA KEDUA JENIS PASAR TERSEBUT ?  di dalam e-commerce, para pihak yang melakukan kegiatan perdagangan/perniagaan hanya berhubungan melalui suatu jaringan publik (public network) yang dalam perkembangan terakhir menggunakan media internet. E-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen (consumers), manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang perantara (intermediaries) dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer (komputer networks) yaitu internet.


Download ppt "Pertemuan ke-2. Pasar tradisional : merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandaidengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google