Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB 10 ASPEK ERGONOMIK Aspek Ergonomik Ergonomik adalah faktor kenyamanan kerja yang mempunyai pengaruh nyata dalam hal peningkatan maupun penurunan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB 10 ASPEK ERGONOMIK Aspek Ergonomik Ergonomik adalah faktor kenyamanan kerja yang mempunyai pengaruh nyata dalam hal peningkatan maupun penurunan."— Transcript presentasi:

1

2 BAB 10 ASPEK ERGONOMIK

3 Aspek Ergonomik Ergonomik adalah faktor kenyamanan kerja yang mempunyai pengaruh nyata dalam hal peningkatan maupun penurunan efisiensi dan efektifitas kerja. Beberapa Aspek yang berhubungan dengan Ergonomik yaitu : 1.Pengukuran dan Antropometrik 2.Aspek Ergonomik dari stasiun kerja 3.Pencahayaan 4.Suhu dan Kualitas Udara 5.Gangguan Suara 6.Kesehatan dan Keamanan Kerja 7.Kebiasaan Dalam Bekerja

4 Beberapa Aspek yang berhubungan dengan Ergonomik yaitu : 1.Pengukuran dan Antropometrik  Antropometrik : Bidang ilmu yang berhubungan dengan pengukuran tubuh manusia. Misal: tinggi badan dan jangkauan tangan.  Tujuan dari mempelajari antropometrik adalah untuk memperoleh keseimbangan antara teori yang diperoleh dari sejumlah acuan dan suasana kerja yang sebenarnya sehingga kenyamanan kerja dapat dicapai yang pada gilirannya akan meningkatkan efisiensi kerja.

5 2. Aspek Ergonomik dari stasiun kerja a. Pemasukan data. Pekerjaan berorientasi pada hardcopy, lebih banyak memerlukan pengetikan daripada melihat ke layar tampilan. Operator membutuhkan kursi yang baik dan dapat diatur, papan ketik yang dapat diatur, posisi dokumen yang tepat dan kualitas dokumen sumber yang baik.

6 b. Akuisisi data dan Pengolahan Kata Pekerjaan yang lebih banyak menatap layar tampilan. User sebaiknya disediakan layar tampilan dengan kualitas karakter yang baik, kontrat karakter ke layar yang tinggi serta kendali kilau yang memadai. c. Pekerjaan Interaktif. Pekerjaan yang variatif, user tidak diam ditempat tetapi bergerak dalam pekerjaannya.

7 3. Pencahayaan •Untuk menghindari adanya kilau yang ditimbulkan oleh layar monitor adalah dengan memasang filter anti kilau dan pengaturan pencahayaan. •Tujuan utama dari perancangan pencahayaan mengenai peletakkan layar monitor antara lain : a.Menghindarkan user dari cahaya terang langsung maupun pantulannya yang mengenai layar monitor. b.Menghindari adanya kecerahan pada bagian depan user yang berlebihan dibandingkan kecerahan layar monitor. c.Memberikan keyakinan bahwa adanya pencahayaan yang cukup untuk pekerjaan yang tidak menggunakan layar monitor.

8 Cahaya dalam sebuah ruangan dapat berupa : a.Cahaya tak langsung b.Cahaya langsung Contoh letak layar monitor yang menyebabkan silau :

9 4. Suhu dan Kualitas Udara  Suhu dan kelembaban merupakan faktor yang sangat penting dalam kualitas udara.  Suhu udara yang panas dapat membuat berkurangnya konsentrasi kerja.  Solusinya adalah dengan pemasangan pengontrol udara dalam ruangan.  Letak pengontrol udara harus diatur sedemikian rupa sehingga arah aliran udara yang dihasilkan tidak langsung mengenai user.

10 5. Gangguan Suara  Manusia sebenarnya sangat sensitif terhadap perubahan suara yang kecil sekalipun.  Manusia seringkali tidak sadar dengan adanya suatu suara yang tetap asalkan suara tersebut tidak berlebihan (kebiasaan).  Kepekaan masing-masing orang terhadap gangguan suara tidaklah sama.  Tetapi orang cenderung tidak menyukai adanya suara yang selalu mengalami perubahan keras dan tinggi-rendah secara tidak beraturan.

11 6. Kesehatan dan Kenyamanan Kerja  Aspek keamanan dan kenyamanan kerja dapat dipengaruhi oleh kondisi umum kesehatan seseorang.  Rutinitas pekerjaan juga dapat menyebabkan penurunan kondisi kesehatan seseorang.  Sebagai contoh adalah pekerjaan seorang sekretaris yang mengharusnya duduk lama untuk melakukan tugas pengetikan dan pengecekan dokumen, sehingga lambat laun ia akan mengalami kelelahan otot dan persendian.

12 7. Kebiasaan dalam Bekerja  Bekerja dalam keadaan se-santai mungkin dan dalam kondisi yang benar,  Mengubah posisi duduk secara periodik untuk mencegah kelelahan otot,  Berdiri dan mengambil beberapa menit untuk mengendurkan ketegangan otot dan lakukan olahraga ringan beberapa kali sehari.  Mengusahakan untuk tidak mengetik dalam jangka waktu yang lama tanpa diselingi istirahat beberapa saat.  Mengambil istirahat sejenak secara periodik. Agar seseorang selalu merasa nyaman dalam bekerja, sebaiknya membiasakan diri untuk selalu :

13 1. Faktor yang berhubungan dengan kenyamanan kerja biasa disebut dengan : a. Ergonomikd. Estetika b. GUIe. Antronomik c. Antropometrik 2. Aspek penting yang perlu dipertimbangkan yang berhubungan dengan kenyamanan kerja, kecuali a. Aspek Ergonomik b. Pencahayaan c. Kualitas udara d. Jenis Komputer e. Kebiasaan Dalam Bekerja Latihan Soal IMK

14 2. Aspek penting yang perlu dipertimbangkan yang berhubungan dengan kenyamanan kerja, kecuali a. Aspek Ergonomik b. Pencahayaan c. Kualitas udara d. Jenis Komputer e. Kebiasaan Dalam Bekerja 3. Suatu bidang ilmu yang berhubungan dengan pengukuran tubuh manusia a. Ergonomik b. Antropometrik c. Statistik d. Estetik e. Antrometrik

15 4.Tipe pekerjaan yang perlu dipertimbangkan yang berhubungan dengan ergonomik adalah : a. Pengolahan Informasi b. Pengolahan data c. Pekerjaan non interaktif d. Perencanaan data e. Pemasukkan data

16 4.Tipe pekerjaan yang perlu dipertimbangkan yang berhubungan dengan ergonomik adalah : a. Pengolahan Informasi b. Pengolahan data c. Pekerjaan non interaktif d. Perencanaan data e. Pemasukkan data 5.Tujuan dari Antropometrik a. Keseimbangan teori dengan yang sebenarnya b. Menghasilkan GUI yang baik c. Tampilan program yang bagus d. Agar tidak terjadi kebosanan kerja e. Supaya semangat dalam bekerja

17 1.Faktor yang berhubungan dengan kenyamanan kerja biasa disebut dengan : a. Ergonomikd. Estetika b. GUIe. Antronomik c. Antropometrik


Download ppt "BAB 10 ASPEK ERGONOMIK Aspek Ergonomik Ergonomik adalah faktor kenyamanan kerja yang mempunyai pengaruh nyata dalam hal peningkatan maupun penurunan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google