Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM INFORMASI REKAM MEDIK PADA RUMAH SAKIT Nama Kelompok : • Agusto Prasisto (09121003034) • Oppy D Octary Andi (09121003018) • Syahrizal Dwi Nata (09121003032)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM INFORMASI REKAM MEDIK PADA RUMAH SAKIT Nama Kelompok : • Agusto Prasisto (09121003034) • Oppy D Octary Andi (09121003018) • Syahrizal Dwi Nata (09121003032)"— Transcript presentasi:

1 SISTEM INFORMASI REKAM MEDIK PADA RUMAH SAKIT Nama Kelompok : • Agusto Prasisto ( ) • Oppy D Octary Andi ( ) • Syahrizal Dwi Nata ( )

2 Latar Belakang Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya teknologi informasi memiliki peran yang sangat penting baik di perusahaan, institusi, rumah sakit, dan lainnya. Penggunaan teknologi informasi ini dapat menunjang aktivitas yang di gunakan untuk menyimpan, mengolah, maupun menyajikan data. Rumah sakit merupakan salah satu bagian dalam pelayanan kesehataan yang digunakan melalui rencana pembangunan kesehatan. Kebutuhan akan kesehatan yang sangat vital membuat peran rumah sakit menjadi amat penting. Semakin lama peran rumah sakit pun mulai mengalami pergeseran seiring dengan perkembangan yang terus menerus terjadi pada rumah sakit yang semula cenderung bermotif sosial kini mulai banyak yang memiliki motif mencari keuntungan. Apapun motifnya semua rumah sakit memiliki satu kesamaan peran, yakni memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

3 Pengolaan data di rumah sakit merupakan salah satu komponen yang penting dalam mewujudkan suatu sistem informasi di rumah sakit. Pengolaan data secara manual mempunyai banyak kelemahan, selain membutuhkan waktu yang lama, keakuratannya juga kurang dapat di terima, karena kemungkinan kesalahan yang sangat besar. Dengan dukungan teknologi informasi yang ada sekarang pekerjaan pengelolaan data dengan cara manual dapat diganti dengan suatu sistem informasi dengan menggunakan komputer. Selain lebih cepat dan mudah pengelolaan data menjadi lebih akurat (Handoyo, 2008:1). Salah satu bentuk pelayanan rumah sakit yang berperan dalam usaha peningkatan kepuasan pasien adalah kecepatan dan ketepatan dalam penyajian data informasi. Semakin cepat data pasien di temukan maka semakin cepat dianalisis sehingga semakin mudah untuk menemukan pengobatan yang tepat.

4 Skema alur … Komponen PasienDokterRegistrasi Jenis Pelayanan Hasil PeriksaAdministrasi

5 Aturan/Prosedur  Pasien Prosedur :  Makhluk hidup berjenis manusia  Memiliki keluhan / penyakit yang diderita  Registrasi Prosedur :  Mendapatkan / memiliki nomor antrian  Membawa / menyerahkan / mengisi berkas yang diperlukan  Jenis pelayanan  Rawat jalan  Prosedur : ○ Mempunyai nomor katru pasien ○ Memilih Poli yang akan dituju ○ Mendapatkan katru berobat pasien ○ Mendapatkan penanganan dari dokter yang bersangkutan ○ Mendapatkan rekam medik  Rawat inap  Prosedur : ○ Mendapat persetujuan dari pasien ataupun pihak yang bertanggung jawab kepada pasien ○ Memiliki jaminan untuk rawat inap berupa KTP /SIM, dll Mengisi pernyataan pembayaran

6  Dokter Prosedur :  Berpendidikan minimal lulusan sarjana kedokteran umum  Lulus tes ukdi  Memiliki gelar spesialis penyakit tertentu /khusus  Memiliki surat izin praktik  Hasil periksa Prosedur :  Terdapat diagnosa penyakit dari pasien tersebut  Pemeriksaan dilakukan oleh dokter  Administrasi  mendapatkan slip biaya perawatan  melengkapi berkas-berkas yang diperlukan

7 Terima Kasih


Download ppt "SISTEM INFORMASI REKAM MEDIK PADA RUMAH SAKIT Nama Kelompok : • Agusto Prasisto (09121003034) • Oppy D Octary Andi (09121003018) • Syahrizal Dwi Nata (09121003032)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google