Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bab IX HUKUM. Hukum A. Pengantar D. Tanggung jawab umat kristen terhadap hukum dan perintah Allah c. Hubungan hukum dengan perintah Tuhan B. Pandangan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bab IX HUKUM. Hukum A. Pengantar D. Tanggung jawab umat kristen terhadap hukum dan perintah Allah c. Hubungan hukum dengan perintah Tuhan B. Pandangan."— Transcript presentasi:

1 Bab IX HUKUM

2 Hukum A. Pengantar D. Tanggung jawab umat kristen terhadap hukum dan perintah Allah c. Hubungan hukum dengan perintah Tuhan B. Pandangan Kristen

3 Apa itu HUKUM ?? Hukum adalah kaidah atau norma kehidupan bersama yang bertujuan untuk melindungi kepentingan bersama.  Dalam kepentingan bersama itu telah tercakup kepentingan pribadi… Berkaitan dengan HAMHukum Taurat

4 Apa itu HAM (Hak Asasi Manusia) ?? Adalah suatu hak yang diperoleh manusia sejak dia dilahirkan Hak ini bukan pemberian dan bukan pula hasil perjuangan seseorang. Setiap orang harus memperolehnya dan menghormatinya dan tidak ada orang yang berhak untuk menghilangkannya…

5 Hukum Taurat •D•Dasa titah ini terdapat dalam kitab Keluaran 20 dan Ulangan 5 (10 Hukum Allah) adalah semua perintah Tuhan dalam Perjanjian Lama (Titah), yang umumnya juga dianggap sebagai ringkasan dan sari pati segala perintah Tuhan (Matius 23:37-40).  Yesus menjawab, “Cintailah Tuhan Allahmu dengan sepenuh hatimu, dengan segenap jiwamu, dan dengan seluruh akalmu. Itulah perintah yang utama dan terpenting.  cintailah sesamamu seperti engkau mencintai dirimu sendiri. (seluruh hukum agama yang diberikan oleh Musa dan ajaran para nabi berdasarkan pada kedua perintah itu). Inilah perintah yang kedua. Apa fungsi hukum tersebut ?? Hukum diciptakan untuk melindungi kepentingan dan mengatur bagaimana manusia memenuhi kepentingannya itu.. GOAL Manusia dapat hidup tentram..

6 Nilai-nilai Alkitab dan Hukum  Alkiab berbicara “Hanya Allah yang baik” (Markus 10:18). “Mengapa engkau mengatakan Aku baik ?” tanya Yesus. “Tidak ada yang baik selain Allah sendiri.  Hanya Dia yang dapat menjadi pusat dan sumber dari segala yang baik. Karena itu, segala hukum yang bertujuan untuk menghasilkan kebaikan bagi manusia haruslahmengacu kepada kehendak Tuhan, yang memang menghendaki yang terbaik bagi semua orang.

7 A. Pengantar Kepentingan yang ada pada setiap manusia terkadang dpt menimbulkan pertentangan, membuat kepetingan manusia itu selalu terancam bahaya, baik bahaya yang datang dari dalam maupun yang datamg dari luar. Misalnya : pencurian, perusakan, penculikan, pembunuhan dan perzinahan. Sehingga memerlukan perlindungan untuk kepentingan masing-masing. Roscoe Pound “Hukum sebagai sekumpulan penuntun yang berwibawa atau dasar-dasar ketetapan yang dikembangkan dan ditetapkan oleh suatu teknik yang berwenang atas latar belakang cita-cita tentang ketertiban masyarakat dan hukum yang sudah diterima. Pada dasarnya hukum adalah perlindungan kepentingan manusia yang berbentuk kaidah atau norma. Setiap manusia pasti mempunyai kepentingan baik yang bersifat individual maupun kolektif. Kepentingan manusia berupa : • Harta kekayaan • Keluarga • Nama baik golongannya

8 B. Pandangan Kristen Tentang Hukum Hukum Tuhan diantaranya :  Amanat kebudayaan Amanat kebudayaan  Hukum Taurat Hukum Taurat  Hukum Kasih Hukum Kasih

9 Amanat Kebudayaan Manusia berdosa dan diperbaharui Hal yang menyebabkan manusia jatuh adalah karena ia ingin Menjadi seperti Allah. Sejak saat itu manusia tidak hanya taat kepada Tuhan tetapi juga pada kehendaknya sendiri atau pengaruh-pengaruh lain. Kelemahan karena dosa ini manusia membutuhkan Juruselamat untuk membebaskannya dari kuasa dosa, dengan demikian manusia dibaharui dan dipulihkan.

10  Hukum Tuhan (Taurat) Hukum Tuhan ( Taurat ) Berperan sebagai penolong yang membimbing. Oleh sebab itu orang kristen membutuhkan hukum, aturan, pedoman atau kaidah dalam kehidupannya. Bukan untuk membebaskan dari dosa, tetapi untuk melaksanakan kehendakNya. • Tuhan Yesus datang untuk menggenapi Hukum Taurat bukan untuk meniadakannya (Mat 5:17) “Janganlah menganggap bahwa aku datang untuk menghapuskan hukum Musadan ajaran nabi-nabi. Aku datang bukan untuk menghapuskannya, tetapi untuk mewujudkan arti yang sesungguhnya. • Galatia 3:13 Tetapi Yesus membebaskan kita dari kutukan hukum agama. Ia melakukan itu dengan membiarkan diriNya terkutuk karena kita. Sebab didalam Alkitab tertulis, “Terkutuklah orang yang matidigantung ditiang kayu.”

11  Hukum Kasih (ringkasan kesepuluh Firman) Matius 23:37-40, Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. 22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama 22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu ialah : Kasihilan sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Kasih terhadap Tuhan Allah Mengasihi Allah dengan total dengan segala keberadaan kita, bukan hanya melaksanakan hukum hukum Allah tetapi membangun Hubungan yang hidup (eksitensial) dengan Tuhan. Kasih terungkap dalam ketaatan sehari-hari, melakukan perintah-perintahNya. Kasih terhadap sesama manusia Kasih ditetapkan oleh Allah untuk menjalin hubungan yang indah dengan sesama.

12 C. Hubungan Hukum dengan Perintah Tuhan Perintah Tuhan : Ialah sesuatu yang harus dijalankan dan ditaati oleh seluruh umat manusia Hukum (negara) Harus dijalankan dan ditaati oleh seluruh warganya. Dibuat oleh suatu lembaga perundang-undangan dalam negara dan disahkan oleh suatu pemerintahan dan hukum ini dapat diubah sewaktu-waktu. Kesimpulan : Baik Taurat (Perintah Tuhan) maupun hukum negara sama- sama mempunyai sanksi bagi yang melanggarnya

13 D. Tanggung Jawab Umat Kristen terhadap Hukum dan Perintah Allah • Dari sudut pandang hukum (negara), kita turut bertanggung jawab untuk terciptanya hukum- hukum yang adil dan benar dibumi Indonesia ini. • Perintah Allah – umat kristen dalam hubungannya dengan sesama manusia dan Tuhan Allah harus menjalankan apa yang tertulis dalam Hukum Tuhan Allah, tidak dapat ditawar- tawar lagi karena hukum Tuhan Allah bersifat tetap dan selama-lamanya.

14 TERIMA KASIH TUHAN YESUS MEMBERKATI


Download ppt "Bab IX HUKUM. Hukum A. Pengantar D. Tanggung jawab umat kristen terhadap hukum dan perintah Allah c. Hubungan hukum dengan perintah Tuhan B. Pandangan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google