Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRAKTIS MENULIS BERITA PENGERTIAN BERITA TEKNIK MENULIS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRAKTIS MENULIS BERITA PENGERTIAN BERITA TEKNIK MENULIS."— Transcript presentasi:

1 PRAKTIS MENULIS BERITA PENGERTIAN BERITA TEKNIK MENULIS

2 PENGERTIAN BERITA  EARL ENGLISH DAN CLARENCE HACH “ NEWS IS DIFFICULT TO DIFINE, BECAUSE IT INVOLVES MANY VARIABLE FACTORS”  BERITA ADALAH LAPORAN TERCEPAT DARI SUATU PERISTIWA ATAU KEJADIAN YANG FACTUAL, PENTING DAN MENARIK BAGI SEBAGIAN BESAR MASYARAKAT, SERTA MENYANGKUT KEPENTINGAN MEREKA.

3 UNSUR BERITA CEPAT : AKTUAL ATAU CEPAT WAKTU, MENGANDUNG MAKNA BERITA (NEWS). AL HESTER : TULISAN JURNALISTIK ADALAH TULISAN YANG MEMBERI PEMBACA PEMAHAMAN ATAU INFORMASI YANG TIDAK IA KETAHUI SEBELUMNYA. NYATA (FACTUAL) YAITU INFORMASI TENTANG SEBUAH FAKTA (FACT) BUKAN FIKSI ATAU KARANGAN. FAKTA TERDIRI DARI KEJADIAN YANG NYATA (REAL EVENT), PENDAPAT (OPINION) DAN PERNYATAAN (STATEMENT) SUMBER BERITA. PENTING : ARTINYA MENYANGKUT KEPENTINGAN ORANG BANYAK. MENARIK : ARTINYA MENGUNDANG ORANG UNTUK MEMBACA BERITA ATAU MENDENGAR DAN MELIHAT YANG KITA TAYANGKAN.

4 TEKNIK REPORTASE MENCARI BAHAN BERITA •PERENCANAAN BERITA ADALAH KEGIATAN RAPAT REDAKSI, SURVAI DAN EVENT. •MENCARI BAHAN BERITA ADALAH MELIPUT BAHAN BERITA (NEWS GATHERING) •MENULIS NASKAH BERITA ADALAH MENUANGKAN BAHAN KEDALAM NASKAH BERITA •MENYUNTING BERITA. ADALAH MEMENDEKKAN, MENGGATI KATA ATAU KALIMAT UNTUK MEMPERTAJAM ATAU MEMPERJELAS INFORMASI.

5 REPORTASE REPORTASE ADALAH KEGIATAN PENGUMPULAN FAKTA DAN DATA SEKITAR PERISTIWA. FAKTA DAN DATA HARUS MEMENUHI UNSUR BERITA 5 W + 1 H.

6 PANDUAN/RAMBU •KODE ETIK JURNALISTIK DLL. •FAIRNESS DOCTRINE (KEJUJURAN). •COVER BOTH SIDE atau NEWS BALANCE. YAITU PERLAKUAN ADIL SEMUA PIHAK YANG MENJADI OBYEK BERITA. •CEK DAN RICEK. YAITU MENELITI KEBENARAN SEBUAH FAKTA/DATA BEBERAPA KALI SEBELUM DISIARKAN.

7 WAWANCARA  WAWANCARA BERMAKSUD UNTUK MENGGALI INFORMASI, KOMENTAR, OPINI, FAKTA ATAU DATA TENTANG SUATU MASALAH/PERISTIWA.  RISET PUSTAKA : STUDI LITERATUR, KLIPPING DAN JUGA SEARCH ENGINE DI INTERNET.

8 MACAM WAWANCARA WAWANCARA JURNALISTIK, disiarkan kepada umum, dengan sasaran : 1. Golongan ahli (pakar) dan penguasa. 1. Golongan ahli (pakar) dan penguasa. 2. Golongan politisi, budayawan, tokoh masyarakat, ekonom, olahragawan dll. 2. Golongan politisi, budayawan, tokoh masyarakat, ekonom, olahragawan dll. 3. Golongan awam (man in the street). 3. Golongan awam (man in the street). WAWANCARA NON JURNALISTIK, yaitu wawancara bukan untuk disiarkan (dokter kepada pasien, polisi kepada penjahat dll).

9 SIFAT WAWANCARA Cohen  Wawancara sangat resmi (very formal)  Wawancara tidak terlalu resmi (moderately formal).  Wawancara yang tidak formal (informal)  Robin Day : pewawancara tidaklah bekerja sebagai tukang debat, penuntut umum, penyelidik, psikiater, atau the third degree expert, tetapi sebagai beritawan yang mencari informasi atas nama khalayak penonton.

10 JENIS DAN STRUKTUR BERITA  STRAIGHT NEWS : BERITA LANGSUNG, DITULIS SINGKAT DAN LUGAS, (KORAN BIASANYA HEADLINE).  DEPTH NEWS ; BERITA MENDALAM YANG DIKEMBANGKAN DENGAN FAKTA/DATA DIBAWAH PERMUKAAN.  INVESTIGATION NEWS : BERITA YANG DIKEMBANGKAN BERDASARKAN PENELITIAN ATAU PENYELIDIKAN DARI BERBAGAI SUMBER  INTERPRETATIVE NEWS : BERITA YANG DIKEMBANGKAN DARI PENDAPAT ATAU PENILAIAN WARTAWAN.  OPINION NEWS : BERITA MENGENAI PENDAPAT SESEORANG (PAKAR, AHLI DLL)

11 STRUKTUR BERITA  JUDUL (HEAD)  DATELINE, YAITU TEMPAT ATAU WAKTU BERITA ITU DIPEROLEH ATAU DISUSUN. CONTOH : JAKARTA: KOMPAS. JAKARTA: REPUBLIKA DLL.  TERAS BERITA (LEAD).  ISI BERITA (BODY).

12 TERAS BERITA (LEAD)  SUMMARY LEAD atau CONCLUSION LEAD. ( TERAS BERITA YANG MENYIMPULKAN DAN DIPADATKAN)  STATEMENT LEAD.( TERAS BERITA PERNYATAAN)  QUOTATION LEAD.( TERAS BERITA BERUPA KUTIPAN)  CONTRAST LEAD ( TERAS BERITA KONTRAS DENGAN KEADAAN SEHARI-HARI).  EXCLAMATION LEAD (TERAS BERITA YANG MENJERIT) CONTOH “TIDAK!” DEMIKIAN DIKATAKAN ……

13 FEATURE  FEATURE MENGANDUNG INFORMASI YANG LEBIH, KETIMBANG BERITA BIASA (NEWS).  FEATURE MERUPAKAN KARANGAN KHAS YANG MENUTURKAN FAKTA, PERISTIWA, BACKGROUND, DUDUK PERKARANYA, PROSES PEMBENTUKANNYA DAN CARA KERJANYA.  FEATURE UMUMNYA MENGEDEPANKAN UNSUR WHY DAN HOW SEBUAH PERISTIWA.

14 KANDUNGAN FEATURE  MENGANDUNG SISI HUMAN INTEREST. BERISI FAKTA YANG MAMPU MENGGUGAH EMOSI.  MENGANDUNG UNSUR SASTRA. DITULIS DENGAN GAYA MENULIS FIKSI, MIRIP CERPEN.

15 JENIS FEATURE FEATURE BERITA. BERHUBUNGAN DENGAN PERISTIWA AKTUAL YANG MENJADI PERHATIAN KHALAYAK. FEATURE ARTIKEL. BIASANYA DIKEMBANGKAN DARI BERITA YANG TIDAK AKTUAL.

16 TYPE FEATURE FEATURE HUMAN INTEREST. MEMANCING KEHARUAN, KEGEMBIRAAN, KEJENGKELAN, SIMPATI, ANTIPATI DLL. FEATURE BIOGRAFI. MENAMPILKAN PRIBADI- PRIBADI MENARIK FEATURE PERJALANAN MENAMPILKAN KUNJUNGAN KEBERBAGAI TEMPAT FEATURE SEJARAH. MENAMPILKAN TEMPAT- TEMPAT BERSEJARAH. PRACTICAL GUIDANCE FEATURE. FEATURE PETUNJUK PRAKTIS, YANG MENGAJARKAN KEAHLIAN (HOW TO DO IT)

17 STRUKTUR FEATURE EXPOSITION :INTRODUCTION YAITU PENGENALAN TOKOH, LOKASI DLL. COMPLICATION : DIMULAINYA PERTENTANGAN/BENTURAN KEPENTINGAN DLL. RISING ACTION : BERLANJUTNYA KONFLIK. TURNING POINT : KLIMAKS ATAU TERURAINYA SEGALA MASALAH, BISA HAPPY ATAU UNHAPPY ENDING.

18 NEWS GATHERING MELVIN MENCHER : 3 LAPISAN FAKTA/DATA UNTUK BAHAN BERITA. LAPISAN PERTAMA : FAKTA PERMUKAAN berupa KLIPPING, LIBRARY, HAND OUT, REKAMAN, PRESS RELEASE DLL. LAPISAN KEDUA : WAWANCARA, INTERPRETASI, OPINI, DISKUSI DLL. LAPISAN KETIGA : SEMINAR, PENDAPAT PAKAR, PENELITIAN DLL.

19 TIME DIMENSION •WHAT HAVE HAPPENED YESTERDAY •WHAT IS HAPPENING TODAY? •WHAT WILL MAY HAPPEN TOMORROW?

20 FAKTA DAN PERISTIWA  FAKTA adalah semua kenyataan atau realitas.  FACTUM (bhs Latin) berarti perbuatan.  OPINI atau pendapat berupa benda abstrak tetapi dalam hubungan ini dianggap sebagai fakta.  HARDFACT adalah fakta yang benar-benar terjamin kebenarannya (terdapat bukti kuat)  SOFTFACT adalah fakta yang diragukan keabsahannya.

21 FACTS LIST  ANALISIS SELURUH FACT LIST.  PERTIMBANGAN :  1. MOST IMPORTANT ?  2. MOST UNUSUAL ?  3. MORE UNIQUE ?  4. WHO SAID ?  5. WHO DID ?.

22 PIRAMIDA TERBALIK  FAKTA/DATA TERPENTING (MOST IMPORTANT) DIDAHULUKAN.  FAKTA PENTING DAN KURANG PENTING MENGIKUTI MOST IMPORTANT.  DIIKUTI FAKTA/DATA TIDAK PENTING SEBAGAI BACKGROUND INFORMATION.  P.T (PIRAMIDA TERBALIK) TIDAK COCOK UNTUK BERITA TELEVISI YANG ADA VISUAL AIDS NYA.  P.T (PIRAMIDA TERBALIK) HANYA COCOK UNTUK BERITA RADIO DAN KORAN.

23 HOT NEWS TELEVISI  FAKTA/DATA TERPENTING (MOST IMPORTANT) DISAMPAIKAN SEKILAS SEBAGAI VISION STORY (DIBACA PENYIAR SEBAGAI PENGANTAR).  TAYANGAN GAMBAR ADALAH YANG TERPENTING.  NASKAH MENGOMENTARI GAMBAR SEBAGAI PENUNJANG/PELENGKAP INFORMASI GAMBAR.  SELURUH RANGKAIAN GAMBAR ADALAH PENTING.

24 FEATURE TELEVISI  RANGKAIAN GAMBAR ADALAH PENTING.  NASKAH FEATURE DITULIS SETELAH RANGKAIAN GAMBAR FINAL (HASIL EDITING).  NASKAH TIDAK BOLEH PANJANG (LEBIH PANJANG DARI GAMBARNYA).  NASKAH BERFUNGSI SEBAGAI PELENGKAP GAMBAR.

25 LEADS FEATURE LEADS ATAU TERAS BERITA UNTUK FEATURE TIDAK SELALU DIDAHULUKAN. LEADS FEATURE BISA DISEBUT SEBAGAI HIDDEN LEADS, atau DELAYED LEADS

26 PENEKANAN KALIMAT •KATA YANG DIPENTINGKAN HARUS MENDAPAT TEKANAN ATAU HARUS DITONJOLKAN DARI UNSUR- UNSUR LAIN.

27 MERUBAH POSISI DALAM KALIMAT •PRINSIP AWAL KALIMAT ADALAH YANG DIPENTINGKAN.

28 REPETISI •PENGULANGAN KATA YANG DIANGGAP PENTING. •“HARAPAN KITA DEMIKIANLAH DAN DEMIKIAN JUGA HARAPAN SETIAP PEJUANG”.

29 PERTENTANGAN •PERTENTANGAN UNTUK MENEKAN SUATU GAGASAN •“IA TIDAK MENGHENDAKI PERBAIKAN TAMBAL SULAM TETAPI PERBAIKAN YANG MENYELURUH”

30 PARTIKEL PENEKAN •MENGGUNAKAN PARTIKEL UNTUK MENONJOLKAN SEBUAH KATA ATAU IDE. •“SAUDARALAH YANG HARUS BERTANGGUNGJAWAB”

31 PARALELISME •PARALELISME MEMBANTU MEMBERI KEJELASAN DALAM UNSUR GRAMATIKAL DENGAN MEMPERTAHANKAN BAGIAN-BAGIAN YANG SEDERAJAD DALAM KONSTRUKSI YANG SAMA.

32 PENALARAN ATAU LOGIKA •JALAN PIKIRAN PEMBICARA TURUT MENENTUKAN BAIK TIDAKNYA KALIMAT SESEORANG.

33 DEFINISI •DEFINISI ATAU BATASAN YANG TEPAT MERUPAKAN KUNCI DARI CIRI BERPIKIR LOGIS.

34 DEFINISI BERUPA SINONIM KATA •PENDIDIKAN = PENGAJARAN •KEMERDEKAAN = KEBEBASAN

35 DEFINISI BERDASARKAN ETIMOLOGI •ETIMOLOGI ADALAH ASAL USUL KATA ATAU ARTI YANG ASLI

36 DEFINISI FORMAL (RIIL) ATAU DEFINISI LOGIS. •POKOK – KELAS/GENUS – DIFERENSIASI. •BIS – ALAT ANGKUT DARAT BERODA- DIGUNAKAN UNTUK ANGKUTAN UMUM DAN BISA MEMUAT SEKITAR 20 – 50 ORANG.

37 VARIASI •VARIASI ADALAH HAL YANG BERTOLAK BELAKANG DENGAN REPETISI. •VARIASI ADALAH MENGANEKA- RAGAMKAN BENTUK-BENTUK BAHASA AGAR TETAP TERPELIHARA MINAT DAN PERHATIAN ORANG.

38 JENIS VARIASI •VARIASI SINONIM KATA.”SERIBU PUSPA DITAMAN BUNGA SERIBU WANGI MENYEGAR CITA”. •VARIASI PENDEK-PANJANG KALIMAT. •VARIASI PENGGUNAAN ME- DAN DI-. •VARIASI DENGAN MERUBAH POSISI DALAM KALIMAT.

39 PRAKTEK •PENULISAN NASKAH BERITA : RADIO, KORAN, DAN TELEVISI. •PENULISAN NASKAH FEATURE. •PRAKTEK PAKET BERITA DAN FEATURE untuk KORAN, RADIO dan TELEVISI (SHOOTING, EDITING, PENULISAN NARASI, DUBBING DAN SIARAN).


Download ppt "PRAKTIS MENULIS BERITA PENGERTIAN BERITA TEKNIK MENULIS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google