Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

YUNIASIH KALIMAT EFEKTIF. Hakikat Kalimat Efektif Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mewakili secara tepat isi pikiran atau perasaan pengarang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "YUNIASIH KALIMAT EFEKTIF. Hakikat Kalimat Efektif Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mewakili secara tepat isi pikiran atau perasaan pengarang."— Transcript presentasi:

1 YUNIASIH KALIMAT EFEKTIF

2 Hakikat Kalimat Efektif Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mewakili secara tepat isi pikiran atau perasaan pengarang dan sanggup menarik perhatian pembaca dan pendengar terhadap apa yang disampaikan

3 Hakikat Kalimat Efektif Kalimat yang efektif memiliki kemampuan atau tenaga untuk menimbulkan kembali gagasan- gagasan pada pikiran pendengar atau pembaca identik dengan apa yang dipikirkan pembicara atau penulis.

4 Hakikat Kalimat Efektif kalimat efektif selalu tetap berusaha agar gagasan pokok selalu mendapat tekanan atau penonjolan dalam pikiran pembaca atau pendengar.

5 Syarat Kalimat Efektif Secara tepat dapat mewakili gagasan atau perasaan pembicara atau penulis Sanggup menimbulkan gagasan yang sama tepatnya dalam pikiran pendengar atau pembaca seperti yang dipikirkan oleh pembicara atau penulis

6 Syarat Kalimat Efektif kesatuan gagasan, setiap kalimat harus jelas memperlihatkan kesatuan gagasan, mengandung satu ide pokok koherensi atau kepaduan yang baik dan kompak adalah hubungan timbale balik yang jelas antar unsur (kata atau kelompok kata) yang membentuk kalimat itu, hub. antara S,P,O, dan K

7 Syarat Kalimat Efektif penekanan, Inti pikiran yang terkandung dalam kalimat (gagasan utama) harus dibedakan dari sebuah kata yang dipentingkan, misal dengan merubah posisi dalam kalimat variasi, menganekaragamkan bentuk bahasa agar tetap terpelihara minat dan perhatian orang (variasi sinonim kata, panjang pendek kalimat, bentuk me-, di-, merubah posisi kalimat)

8 Syarat Kalimat Efektif pararelisme, menempatkan gagasan-gagasan yang sama penting dan sama fungsinya ke dalamsuatu struktur/konstruksi gramatikal yang sama. penalaran. mempertanggungjawabkan kalimat- kalimat dari segi akal yang sehat atau sesuai dengan penalaran (definisi, generalisasi)

9 CIRI KALIMAT 1. Minimal ada S-P (harus jelas S dan P-nya) Anak itu tersenyum. S P Bagi saya, belajar itu sangat penting. K S P

10 Kesejajaran Dalam penggunaan bentukan kata atau frase imbuhan harus memiliki kesamaan baik dalam fungsi maupun bentuknya. Jika bagian kalimat itu menggunakan kata kerja berimbuhan di-, bagian kalimat yang lain pun harus menggunakan di- pula. Setelah ketela dikupas, dicuci, dan diparut, kemudian dicampur dengan gula halus.

11 Kehematan Kalimat efektif tidak boleh menggunakan kata-kata yang tidak perlu. Setiap kata haruslah memiliki fungsi yang jelas. Penggunaan kata-kata yang berlebihan justru akan memperlemah dan mengaburkan maksud dari kalimat itu. Ia menyukai bunga-bunga mawar, melati, anyelir, dan tulip. Ia menyukai mawar, melati, anyelir, dan tulip.

12 Kelogisan Kalimat efektif harus mudah dipahami. Dalam hal ini, unsur-unsur dalam sebuah kalimat harus memiliki hubungan yang logis atau dapat diterima akal sehat. Waktu dan tempat kami persilakan. waktu dan tempat  benda mati Bapak … saya persilakan.

13 BENAR SALAH membahayakan negara berbahaya bagi negara membicarakan suatu masalah berbicara tentang suatu masalah membahayakan bagi Negara membicarakan tentang suatu masalah Cermati!

14 BENAR SALAH mengharapkan belas kasihan berharap akan belas kasihan menceritakan peristiwa itu bercerita tentang peristiwa itu mengharapkan akan belas kasihan menceritakan tentang peristiwa itu Cermati!

15 BENAR SALAH saling membantu bantu-membantu Saya sudah membaca buku itu hingga tamat Sudah saya baca buku itu hingga tamat saling bantu- membantu Saya sudah baca buku itu hingga tamat Cermati!

16 BENAR SALAH Rumah adalah tempat tinggal manusia yang dibuat…. Rumah adalah di mana orang-orang tinggal manusia yang dibuat…. Cermati!

17 BENAR SALAH Tahap terakhir dari penyelesaian gedung itu adalah pengecatan seluruh temboknya, pemasangan penerangan, dan pengaturan tata ruangnya. (atau mengecat …, memasang…, mengatur…) Tahap terakhir dari penyelesaian gedung itu adalah pengecatan seluruh temboknya, memasang penerangan, dan pengaturan tata ruangnya. Cermati!

18 Soal 1. Kita pun juga harus mematuhi semua peraturan-peraturan itu. 2. Masalah keadilan sosial ia selalu kemukakan dalam pidato-pidatonya. 3. Dalam pertemuan yang mana dihadiri Wakil Gubernur telah memutuskan besarnya pajak penghasilan. 4. Melalui penelitian ini akan memberikan manfaat yang besar bagi pembangunan. 5. Bagi warga yang akan mendirikan bangunan wajib memiliki IMB.

19 6. Hakim menjelaskan tentang faktor-faktor yang memberatkan terdakwa. 7. Banyak para guru-guru yang hadir dalam pertemuan itu. 8. Dengan penuh semangat Ia melangkah maju ke depan. 9. Dalam menjalani kehidupan, kita harus saling tolong-menolong. 10. Kami mengharap atas kehadiran Saudara tepat pada waktunya.

20 JAWABAN 1. Kita pun harus mematuhi semua peraturan itu. Atau Kita pun harus mematuhi peraturan- peraturan itu. Atau Kita juga harus mematuhi peraturan- peraturan itu. Atau Kita juga harus mematuhi semua peraturan itu. Atau 1. Masalah keadilan sosial ia selalu kemukakan dalam pidato-pidatonya. 2. Dalam pertemuan yang mana dihadiri Wakil Gubernur telah memutuskan besarnya pajak penghasilan. 3. Melalui penelitian ini akan memberikan manfaat yang besar bagi pembangunan. 4. Bagi warga yang akan mendirikan bangunan wajib memiliki IMB.

21 2. Keadilan sosial selalu ia kemukakan dalam pidatonya. 3. Dalam pertemuan yang dihadiri Wakil Gubernur telah diputuskan besarnya pajak penghasilan. Atau Pertemuan yang dihadiri Wakil Gubernur telah menetapkan besarnya pajak penghasilan.

22 4. Penelitian ini memberi manfaat yang besar bagi pembangunan. 5. Warga yang mendirikan bangunan wajib memiliki IMB

23 6. Hakim menjelaskan faktor-faktor yang memberatkan terdakwa. 7. Banyak guru yang hadir dalam pertemuan itu. 8. Dengan semangat Ia melangkah ke depan. Atau Dengan semangat Ia melangkah maju. 9. Dalam menjalani kehidupan, kita harus tolong-menolong. Atau Dalam menjalani kehidupan, kita harus saling menolong. 10. Kami mengharap atas kehadiran Saudara tepat pada waktunya.

24 9. Dalam menjalani kehidupan, kita harus tolong-menolong. Atau Dalam menjalani kehidupan, kita harus saling menolong. 10. Kami mengharapkan kehadiran Saudara tepat pada waktunya.


Download ppt "YUNIASIH KALIMAT EFEKTIF. Hakikat Kalimat Efektif Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mewakili secara tepat isi pikiran atau perasaan pengarang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google