Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KALIMAT EFEKTIF. Kalimat efektif adalah kalimat yang memiliki kemampuan untuk menimbulkan kembali gagasan-gagasan pada pikiran pendengar dan pembaca seprti.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KALIMAT EFEKTIF. Kalimat efektif adalah kalimat yang memiliki kemampuan untuk menimbulkan kembali gagasan-gagasan pada pikiran pendengar dan pembaca seprti."— Transcript presentasi:

1 KALIMAT EFEKTIF

2 Kalimat efektif adalah kalimat yang memiliki kemampuan untuk menimbulkan kembali gagasan-gagasan pada pikiran pendengar dan pembaca seprti apa yang ada dalam pikiran pembicara atau penulis.

3 Ciri-ciri Kalimat Efektif 1.Kesepadanan Ialah keseimbangan antara pikiran(gagasan) dan struktur bahasa yang dipakai Dalam kesepadanan memiliki ciri-ciri a.Kalimatitu mempunyai subjek dan predikat yang jelas Contoh Bagi semua siswa harus membayar uang sekolah.(kalimat salah) Semua siswa harus membayar uang sekolah.(kalimat benar)

4 b. Tidak terdapat subjek yang ganda Contoh Penyusunan laporan itu kami dibantu oleh para dosen.(kalimat salah) Dalam menyusun laporan itu, kami dibantu oleh para dosen.(kalimat benar) c. Kata penghubung intra kalimat tidak dipakai pada kalimat tunggal. Contoh Mereka datang agak terlambat. Sehingga mereka tidak dapat mengikuti acara pertama.(kalimat salah) Mereka datang agak terlambat. Oleh karena itu, mereka tidak dapat mengikuti acara pertama.

5 d. Predikat kalimat tidak didahului oleh kata yang Contoh Bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa melayu (salah) Bahasa Indonesia berasal dari bahasa melayu.(benar) 2. Kepararelan adalah kesamaan bentuk kata yang digunakan dalam kalimat itu. Contoh Harga BBM dibekukan atau kenaikan secara luwes. (salah) Harga BBM dibekukan atau dinaikkan secara luwes. (benar)

6 3. Ketegasan adalah suatu perlakuan penonjolan pada ide poko kalimat. Ada berbagai cara untuk membentuk penekanan dalam kalimat. a. Peletakan kata yang ditonjolkan itu di awal kalimat Contoh Harapan Presiden ialah agar rakyat membangun bangsa dan negaranya. b. Membuat urutan kata yang bertahap Contoh Bukan seribu, bukan sejuta, atau seratus, tetapi berjuta-juta rupiah, telah disumbangkan kepada anak-anak terlantar.(salah) bukan seratus, seribu,atau sejuta, tetapi berjuta-juta rupiah, telah disumbangkan kepada anak-anak terlantar.(benar)

7 c. Melakukan pengulangan kata Contoh saya suka akan kecantikan dia, saya suka akan kelembutan dia. d. Melakukan pertetangan terhadap ide yang ditonjolkan. Contoh jaenab tidak malas dan curang, tetapi rajin dan jujur. e. Mempergunakan partikel penekanan (penegasan) Contoh Kamulah yang bertanggungjawab

8 4. Kehematan Ialah hemat memperhunakan kata, frasa, atau bentuk lain yang dianggap tidak perlu. Ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan 1)Penghematan dapat dilakukan dengan cara menghilangkan pengulangan subjek. Contoh Hadirin serentak berdiri setelah mereka mengetahui bahwa Walikota datang. Hadirin serentak berdiri setelah mengetahui bahwa Walikota datang.

9 2) Penghematan dapat dilakukan dengan cara menghindarkan pemakaian superordinat pada hiponimi kata. Kata kuning sudah mencakup kata warna Contoh Ia memakai baju warna kuning.(kalimat salah) Ia memakai baju kuning.(kalimat benar)

10 3) Penghematan dapat dilakukan dengan cara menghindarkan persinonoman dalam satu kalimat. Kata hanya bersinonim dengan kata saja. Contoh Dia hanya membawa bukunya saja.(kalimat salah) Dia hanya membawa bukunya.(kalimat benar)

11 4) Penghematan dapat dilakukan dengan cara tidak menjamakkan kata-kata yang berbentuk jamak. Contoh Para siswa-siswa(salah) Para siswa(benar)

12 5. Kecermatan Dengan ciri kalimat tidak menimbulkan tafsiran danda dan tepat dalam pilihan kata. Contoh Mahasiswa perguruan tunggi yang terkenal itu menerima beasiswa.

13 6. Kepaduan Ialah kepaduan pernyataan dalam kalimat itu sehingga informasi yang disampaikannya tidak terpecah-pecah. Contoh Mereka membicarakan daripada kehendak masyarakat. (kalimat salah) Mereka membicarakan kehendak masyarakat.(kalimat benar) 7. Kelogisan dengan ciri ide kalimat itu dapat diterima oleh akal dan penulisannya sesuai denngan ejaan yang berlaku. Contoh Untuk mempersingkat waktu, kita teruskan acara ini. (kalimat salah) Untuk menghemat waktu kita teruskan acara ini. (kalimat benar)

14 Contoh Soal 1.Halamannya sangat luas, rumah paman saya di Jakarta seharusnya : Halaman rumah paman saya di Jkarta sangat luas 2.Kami menyelenggarakan atas pesta ini dengan penuh tanggung jawab. seharusnya Kami menyelanggarakan pesta ini dengan penuh tanggung jawab


Download ppt "KALIMAT EFEKTIF. Kalimat efektif adalah kalimat yang memiliki kemampuan untuk menimbulkan kembali gagasan-gagasan pada pikiran pendengar dan pembaca seprti."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google