Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Hal Ihwal Bahasa Baku. Huruf Kapital Huruf kapital dipakai sebagai berikut. Huruf kapital dipakai sebagai berikut. Huruf pertama kata pada awal kalimat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Hal Ihwal Bahasa Baku. Huruf Kapital Huruf kapital dipakai sebagai berikut. Huruf kapital dipakai sebagai berikut. Huruf pertama kata pada awal kalimat."— Transcript presentasi:

1 Hal Ihwal Bahasa Baku

2 Huruf Kapital Huruf kapital dipakai sebagai berikut. Huruf kapital dipakai sebagai berikut. Huruf pertama kata pada awal kalimat Huruf pertama kata pada awal kalimat Huruf pertama petikan langsung Huruf pertama petikan langsung Ungkapan yang berhubungan dengan nama Tuhan, kitab suci, termasuk kata ganti Ungkapan yang berhubungan dengan nama Tuhan, kitab suci, termasuk kata ganti Gelar kehormatan, keturunan, d an keagamaan yang diikuti nama orang. Gelar kehormatan, keturunan, d an keagamaan yang diikuti nama orang. Nama jabatan, pangkat yang diikuti nama or ang atau yang dipakai sebagai pengganti nama orang tertentu, nama instansi, atau nama tempat. Nama jabatan, pangkat yang diikuti nama or ang atau yang dipakai sebagai pengganti nama orang tertentu, nama instansi, atau nama tempat. Huruf pertama unsur-unsur nama orang Huruf pertama unsur-unsur nama orang Huruf pertama nama bangsa, suku bangsa, dan bahasa. Huruf pertama nama bangsa, suku bangsa, dan bahasa. Huruf pertama nama tahun, bula n, hari, hari raya, dan peristiwa bersejarah. Huruf pertama nama tahun, bula n, hari, hari raya, dan peristiwa bersejarah. Huruf pertama nama geografi. Huruf pertama nama geografi.

3 Huruf Kapital Huruf pertama semua unsur nama negara, lembaga pemerintah dan ketatanegaraan, serta nama dokumen resmi kecuali kata depan atau kata hubung. Huruf pertama semua unsur nama negara, lembaga pemerintah dan ketatanegaraan, serta nama dokumen resmi kecuali kata depan atau kata hubung. Huruf pertama setiap unsur bentuk ulang sempurna yang terdapat pada nama badan, lembaga pemerintah dan ketatanegaraan, serta dokumen resmi. Huruf pertama setiap unsur bentuk ulang sempurna yang terdapat pada nama badan, lembaga pemerintah dan ketatanegaraan, serta dokumen resmi. Huruf pertama nama buku, majalah, surat kabar, dan judul karangan, kecuali kata depan dan kata hubung yang berada di tengah kata. Huruf pertama nama buku, majalah, surat kabar, dan judul karangan, kecuali kata depan dan kata hubung yang berada di tengah kata. Huruf pertama unsur singkatan nama gelar, pangkat, dan sapaan. Huruf pertama unsur singkatan nama gelar, pangkat, dan sapaan. Huruf pertama kata penunjuk hubungan kekerabatan yang dipakai sebagai sapaan. Huruf pertama kata penunjuk hubungan kekerabatan yang dipakai sebagai sapaan. Huruf pertama kata ganti Anda. Huruf pertama kata ganti Anda.

4 Cetak Miring Menuliskan nama buku, majalah, koran. Menuliskan nama buku, majalah, koran. Menuliskan istilah asing, daerah, ilmiah yang ditulis dengan ejaan aslinya. Menuliskan istilah asing, daerah, ilmiah yang ditulis dengan ejaan aslinya. Menegaskan huruf, kata, atau frasa yang dipentingkan/dikhususkan. Menegaskan huruf, kata, atau frasa yang dipentingkan/dikhususkan.

5 Ketepatan Pilihan Kata Kata Bermakna Denotatif dan Bermakna Konotatif. Kata Bermakna Denotatif dan Bermakna Konotatif. Makna denotatif adalah makna yang menunjukkan adanya hubungan konsep dengan kenyataan. Makna denotatif adalah makna yang menunjukkan adanya hubungan konsep dengan kenyataan. Makna konotatif atau asosiatif muncul akibat asosiasi perasaan atau pengalaman kita terhadap apa yang diucapkan atau apa yang didengar. Makna konotatif atau asosiatif muncul akibat asosiasi perasaan atau pengalaman kita terhadap apa yang diucapkan atau apa yang didengar. Kata Bersinonim Kata Bersinonim Kata bersinonim adalah kata yang memiliki makna yang sama atau hampir sama. Contoh: mati, meninggal, wafat, gugur, mangkat, mampus, dan berpulang memiliki makna denotasi yang sama, yaitu nyawa lepas dari raga, tetapi makna konotasinya berbeda. Kata bersinonim adalah kata yang memiliki makna yang sama atau hampir sama. Contoh: mati, meninggal, wafat, gugur, mangkat, mampus, dan berpulang memiliki makna denotasi yang sama, yaitu nyawa lepas dari raga, tetapi makna konotasinya berbeda. Kata Bermakna Umum dan Bermakna Khusus Kata Bermakna Umum dan Bermakna Khusus Kata bermakna umum digunakan dalam mengungkapkan gagasan yang bersifat umum, sedangkan kata bermakna khusus digunakan untuk menyatakan gagasan yang bersifat khusus atau terbatas. Contoh: kendaraan. Kata bermakna umum digunakan dalam mengungkapkan gagasan yang bersifat umum, sedangkan kata bermakna khusus digunakan untuk menyatakan gagasan yang bersifat khusus atau terbatas. Contoh: kendaraan. Kata yang mengalami perubahan makna. Contoh: sarjana. Kata yang mengalami perubahan makna. Contoh: sarjana.

6 Kesesuaian Pilihan Kata Kata baku dan takbaku Kata baku dan takbaku Kata ilmiah dan kata populer Kata ilmiah dan kata populer Kata percakapan dan kata/ungkapan usang. Kata percakapan dan kata/ungkapan usang.

7 Kata baku dan takbaku BakuTakbaku ijazahijasah kualitas, kuantitas, kuitansi kwalitas, kwantitas, kwitansi karierkarir hakikathakekat mengapakenapa asas azas seksi sie pascapanen pasca panen

8 Kata ilmiah dan kata populer Kata Ilmiah Kata Populer dampakakibat kendala hambatan formasisusunan pasien orang sakit volumeisi komasekarat

9 Kata percakapan dan kata/ungkapan usang Kata percakapan sebaiknya dihindari dalam penulisan ilmiah. Kata percakapan sebaiknya dihindari dalam penulisan ilmiah. Misalnya, nggak, ngerti, dapet, sikon, gini, gitu. Misalnya, nggak, ngerti, dapet, sikon, gini, gitu.

10 Kalimat Efektif Ciri-ciri kalimat efektif: Ciri-ciri kalimat efektif: Kesepadanan (antara pikiran/gagasan dengan struktur bahasa yang dipakai). Kesepadanan (antara pikiran/gagasan dengan struktur bahasa yang dipakai). Keparalelan Keparalelan Kehematan, dilakukan dengan cara: Kehematan, dilakukan dengan cara: menghilangkan pengulangan subjek. menghilangkan pengulangan subjek. menghindarkan pemakaian superordinat pada hiponimi kata. menghindarkan pemakaian superordinat pada hiponimi kata. menghindarkan kesinoniman dalam satu kalimat. menghindarkan kesinoniman dalam satu kalimat. tidak menjamakkan kata-kata yang berbentuk jamak. tidak menjamakkan kata-kata yang berbentuk jamak. Kecermatan (tidak menimbulkan tafsir ganda) Kecermatan (tidak menimbulkan tafsir ganda) Ketepatan dalam struktur kalimat. Contoh: Mahasiswa perguruan tinggi yang terkenal itu menerima beasiswa. Ketepatan dalam struktur kalimat. Contoh: Mahasiswa perguruan tinggi yang terkenal itu menerima beasiswa. Pemilihan kata. Pemilihan kata. Penggunaan ejaan. Penggunaan ejaan.

11 Kalimat Efektif Kepaduan/ Koherensi. Adanya kepaduan pernyataan dalam kalimat sehingga informasi yang disampaikannya tidak terpecah-pecah. Kepaduan/ Koherensi. Adanya kepaduan pernyataan dalam kalimat sehingga informasi yang disampaikannya tidak terpecah-pecah. Kelogisan. Contoh: Mayat wanita yang di temukan itu sebelumnya sering mondar- mandir di daerah tersebut. Kelogisan. Contoh: Mayat wanita yang di temukan itu sebelumnya sering mondar- mandir di daerah tersebut.

12 Selesai


Download ppt "Hal Ihwal Bahasa Baku. Huruf Kapital Huruf kapital dipakai sebagai berikut. Huruf kapital dipakai sebagai berikut. Huruf pertama kata pada awal kalimat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google