Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAHASA INDONESIA Nyoman Lia Susanthi, S.S., M.A..

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAHASA INDONESIA Nyoman Lia Susanthi, S.S., M.A.."— Transcript presentasi:

1 BAHASA INDONESIA Nyoman Lia Susanthi, S.S., M.A.

2 APA ITU BAHASA?

3 BAHASA ADALAH komunikasi yang paling lengkap dan efektif untuk menyampaikan ide, pesan, maksud, perasaan dan pendapat kepada orang lain (Wibowo dalam Walija,1996) kode yang diterima secara sosial atau sistem konvensional untuk menyampaikan konsep melalui kegunaan simbol-simbol yang dikehendaki dan kombinasi simbol-simbol yang diatur oleh ketentuan (Owen dalam Stiawan 2006:1)

4 SEJARAH BAHASA INDONESIA Bahasa daerah yang jumlahnya bisa sampai sebanyak 360. Sebagai jati diri bangsa bermula dari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 Dipilihnya bahasa untuk menghindari diskriminasi dan bahasa yang mudah digunakan.

5 FENOMENA SOSIAL

6

7

8

9

10 PEMAKAIAN HURUF KAPITAL  Huruf pertama kata pada awal kalimat. Contoh: Mahasiswa berkumpul di lapangan.  Huruf pertama petikan langsung. Contoh: Ayah berkata, “Jangan pergi jauh- jauh.”  Huruf pertama dalam ungkapan yang berhubungan dengan nama Tuhan dan kitab suci, termasuk kata ganti untuk Tuhan. Contoh: Ku berserah kepada-Nya

11 PEMAKAIAN HURUF KAPITAL  Huruf pertama nama gelar kehormatan, keturunan, dan keagamaan yang diikuti nama orang. Contoh: Dalam surat terungkap bahwa Patih Gadjah Mada harus melindungi raja.  Huruf pertama unsur nama jabatan dan pangkat yang diikuti nama orang atau yang dipakai sebagai pengganti nama orang tertentu, nama instansi, atau nama tempat. Contoh: Tadi pagi saya dipanggil oleh Rektor ISI Denpasar

12 PEMAKAIAN HURUF KAPITAL  Huruf pertama unsur-unsur nama orang. Contoh: Namanya Ketut Evilia Wijayanthi.  Huruf pertama nama bangsa, suku, bangsa, dan bahasa. Contoh: Mereka berasal dari suku Dravida  Huruf pertama nama tahun, bulan, hari, hari raya, dan peristiwa sejarah. Contoh: Besok umat hindu merayakan hari raya Galungan.

13 PEMAKAIAN HURUF KAPITAL  Huruf pertama nama geografi. Contoh:Kemarin Gunung Agung meletus.  Huruf pertama semua unsur nama negara, lembaga pemerintahan dan ketatanegaraan, serta nama dokumen resmi kecuali kata seperti dan. Contoh: Sebaiknya mereka mendatangi kantor Kejaksaan Tinggi Bali.

14 PEMAKAIAN HURUF KAPITAL  Huruf pertama semua kata di dalam nama buku, majalah, surat kabar, dan judul karangan, kecuali kata seperti di, ke, dari, dan, yang, dan untuk yang tidak terletak pada posisi awal. Contoh:Karangannya yang berjudul Dari Sabang ke Jalan Maria.  Huruf pertama unsur singkatan nama gelar, pangkat, dan sapaan. Contoh: Ketika taman nanti gelar kalian adalah Sarjana Seni atau S.Sn.

15 PEMAKAIAN HURUF KAPITAL  Huruf pertama kata penunjuk hubungan kekerabatan seperti bapak, ibu, saudara, kakak, adik, dan paman yang dipakai dalam penyapaan dan pengacuan. Contoh: Besok Adik dan Paman akan datang.  Huruf pertama kata ganti Anda. Contoh: Itu siapa, Pak?

16 H URUF M IRING DALAM CETAKAN DIPAKAI UNTUK :  Menuliskan nama buku, majalah, dan surat kabar yang dikutip dalam tulisan. Contoh: Setiap pagi saya membaca koran Bali Post  Mengaskan atau mengkhususkan huruf, bagian kata, kata, atau kelompok kata. Contoh: Huruf pertama kata benci adalah b.  Menuliskan kata nama ilmiah atau ungkapan asing kecuali yang telah disesuaikan ejaannya. Contoh: Oryzasativa adalah nama latin dari tanaman padi.


Download ppt "BAHASA INDONESIA Nyoman Lia Susanthi, S.S., M.A.."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google