Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

JARINGAN DAN TELEKOMUNIKASI NAMA KELOMPOK: 1. FITRI RACHMAD K.H(01112033) 2. SUCI RACHMAWATI(01112021) 3. TRI HENDRA MULJONO(01212015)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "JARINGAN DAN TELEKOMUNIKASI NAMA KELOMPOK: 1. FITRI RACHMAD K.H(01112033) 2. SUCI RACHMAWATI(01112021) 3. TRI HENDRA MULJONO(01212015)"— Transcript presentasi:

1 JARINGAN DAN TELEKOMUNIKASI NAMA KELOMPOK: 1. FITRI RACHMAD K.H( ) 2. SUCI RACHMAWATI( ) 3. TRI HENDRA MULJONO( )

2 PENDAHULUAN Komunikasi memegang peranan penting dalam kehidupan kita contohnya saja percakapan melalui telepon, melihat televise, mendengarkan radio dan sekarang ini masuk kedalam internet.jaman dahulu komunikasi hanya menggunakan tambur, kentongan dan binatang(merpati pos).Sedangkan sekarang informasi dapat disampaikan dengan menggunakan sinyal listrik ataupun cahaya. Beberapa alas an yang membuat telepon merupakan bentuk yang paling umum dipakai dan berkembang dengan pesat sekali :  Sifatnya dua arah sehingga pengiriman dan penerimaan informasi dapat di;akukan sekaligus.  Jaringan telepon merupakan bentuk jaringan komunikasi yang paling besar.kita dapat saling berkomunikasi melewati batas Negara, waktu, dan lain-lain.  Biaya yang dibutuhkan relative tidak terlalu mahal dilihat dari manfaat yang diperoleh.

3 PENGGOLONGAN JENIS KOMUNIKASI  KOMUNIKASI UDARA Merupakan bentuk komunikasi yang paling umum.contohnya - komunikasi radio siaran (radio broadcasting) - Komunikasi radio amatir - komunikasi radio 2 arah - komunikasi telepon  KOMUNIKASI PESAN DAN GAMBAR Komunikasi yang dikirimkan berita tertulis maupun gambar.contohnya - komunikasi telegrap - komunikasi telex - komunikasi facsimile - komunikasi radio panggil - komunikasi siaran televisi

4 KOMPONEN SISTEM KOMUNIKASI a) Sumber ( source ) ialah pihak yang mengirim informasi mis. Pesawat telepon, telex, terminal, dll. b) Media transmisi misalnya saluran kabel, gelombang elektronimagnetik, dll. c) Penerima ( receiver ) bertugas menerima berita yang dikirimkan oleh suatu sumber informasi

5 JARINGAN TELEKOMUNIKASI Perangkat telekomunikasi bertugas menghubungkan pemakaiannya dengan pemakai lain. Jaringan telekomunukasi terdiri dari 3 bagian yaitu:  Perangkat transmisi  Perangkat Penyambungan ( switching )  Terminal Topologi Jaringan secara fisik dibagi menjadi 4 yaitu : 1. Jaringan Mata Jala 2. Jaringan Bintang 3. Jaringan Bus 4. Jaringan Ring

6 STRUKTUR JARINGAN Berdasarkan cara pencatuan saluran dari sentral kepesawat pelanggan jaringan kabel local dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu :  JARINGAN CATU LANGSUNG Pada jaringan catu langsungini, pesawat pelanggan dicatu dari KP 9 kotak Pembagi )terdekat yang langsung dihubungkan dengan RPU ( Rangka Pembagi Utama ) tanpa melalui RK ( Rumah Kabel ).  JARINGAN CATU TIDAK LANGSUNG yaitu jaringan kabel local dengan pesawat pelanggan dicatu dari KP terdekat yang dihubungkan terlebih dahulu ke RK baru kemudian dihubungkan ke RPU.  JARINGAN CATU KOMBINASI Jaringan local dimana pesawat pelanggan dicatu melalaui dua cara yakni sebagian dengan catu langsung dan sebagian lagi dengan catu tak langsung.

7 SWITHCHING Swithching ialah system penyambungan yang memungkinkan sebuah terminal ( telepon, faksimil, dan sebagainya ) dapat memberikan informasi ke arah terminal lain yang dipakai oleh pemanggil.Untuk menghubungkan suatu call diperlukan beberapa fungsi sebagai barikut : 1. Fungsi Supervisi ( pengawasan ) 2. Fungsi Pensinyalan 3. Fungsi Routing  Beberapa karakteristik kedua titik swithching yaitu : 1. Circuit Switching 2. Packet Swithching

8 PENOMORAN  Penomoran terbuka Pada penomoran terbuka ini prefix atau kode wilayah hanya diputar untuk interlokal saja.Jadi dalam hal ini prefix = directory number dari wilayah local tempat langganan berada.  Penomoran tertutup Sistem penomoran dinamakan system penomoran tertutup jika prefix dan directory number bergabung menjadi satu dan menjadi nomor panggilan dari pesawat langganan.

9 Proses routing adalah proses pencarian jalan yang dipergunakan pada penyelenggaraan penyambungan jarak jauh ketujuan yang dimaksud oleh langganan pemanggil di dalam jaringan SLJJ ( Sambungan Langsung Jarak Jauh ) atau Area.Jadi routing merupakan proses yang berjalan dari sentral awal sampai dengan sentral akhir. Jalan yang ditempuh dan dpilih dikatakan baik jika :  Jalan yang ditempuh sependek mungkin.  Alat penyambungan dan saluran yang dipergunakan sedikit mungkin.

10 TERIMA KASIH


Download ppt "JARINGAN DAN TELEKOMUNIKASI NAMA KELOMPOK: 1. FITRI RACHMAD K.H(01112033) 2. SUCI RACHMAWATI(01112021) 3. TRI HENDRA MULJONO(01212015)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google