Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Rancang Bangun Aplikasi Reminder Medical Check-Up Memanfaatkan Teknologi SMS pada Prodia Sidoarjo Oleh : Firmansyah Catur K (05410100282)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Rancang Bangun Aplikasi Reminder Medical Check-Up Memanfaatkan Teknologi SMS pada Prodia Sidoarjo Oleh : Firmansyah Catur K (05410100282)"— Transcript presentasi:

1 Rancang Bangun Aplikasi Reminder Medical Check-Up Memanfaatkan Teknologi SMS pada Prodia Sidoarjo Oleh : Firmansyah Catur K ( )

2 Latar Belakang Abstract : Prodia Sidoarjo is one of the medical clinics laboratories that maintain and enhance customer relationships. In the process of delivering information to remind customers to conduct medical check-ups, Prodia Sidoarjo require separate treatment and innovations so there is no reduction in customer interest. During this information to remind customers to conduct medical check-ups just delivered orally. Other than that officers should look for customer data who do not check-up into the system, then the officer is contacting customers one by one using the phone. Besides complicate the officers, the use of information passing over the phone can cost quite a bit. Based on the above issues then made application reminder medical check-up by utilizing SMS (Short message service). Implementation of application systems can be used to estimate the time of check-ups and automation customers remind customers to conduct medical check-up through SMS (Short message service). And evaluation of the implementation process, the application is made to show the estimated results of the check-up schedule automated customer and send SMS reminders to customers to conduct medical check-ups without an error or mistake. Key words: Estimation, Automation, Reminder, Short message service (SMS)

3 Prodia Sidoarjo merupakan laboratorium klinik medis dengan jumlah pelanggan sekitar 750 setiap bulannya. Dari jumlah pelanggan tersebut, yang harus kembali untuk melakukan check-up medis berkala sekitar 560 pelanggan, tetapi fakta yang ada hanya sekitar 310 pelanggan yang datang kembali untuk melakukan check-up medis berkala. Akibatnya Prodia Sidoarjo mengalami penurunan animo pelanggan atau pasien setiap bulannya. Saat ini untuk mengingatkan pelanggan agar melakukan check-up medis berkala, bagian marketing harus melakukan pengecekan kedalam Sistem Informasi Prodia (SISPRO) dan harus menghubungi pelanggan satu demi satu menggunakan telepon. Dilihat dari proses layanan tersebut, tentu saja layanan tersebut tidak efektif dan akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini dikarenakan tidak adanya suatu aplikasi yang mendukung untuk mengingatkan pelanggan agar melakukan check-up medis berkala. Berdasarkan permasalahan tersebut maka Prodia Sidoarjo ingin membuat suatu aplikasi yang dapat mengestimasi waktu check-up medis pelanggan secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi SMS (Short message service). Dengan membuat aplikasi reminder medical check-up memanfaatkan teknologi SMS ini diharapkan agar dapat mengolah data pelanggan yang belum melakukan check-up medis secara otomatis dan informasi yang didapat bisa lebih efektif jika dibandingkan dengan mengingatkan pelanggan untuk melakukan check-up medis melalui telepon.

4 Medical check-up Medical check-up berkala adalah kegiatan rutin yang dilakukan seorang pasien atau pelanggan dalam memantau keadaan kesehatannya. Medical check-up ini dilaksanakan dengan melakukan pemeriksaan badan langsung serta pengumpulan sampel sesuai dengan jenis pemeriksaan yang diinginkan pasien. Dari hasil pemeriksaan baik itu langsung atau sampel, akan dihasilkan laporan kesehatan bagi pelanggan tentang kondisi badan mereka. Berdasarkan laporan kesehatan tersebut seorang pelanggan dapat mengetahui secara persis kondisi badan mereka dan mendapatkan saran pelayanan kesehatan oleh pihak pemeriksa. Sehingga didapatkan penanganan kesehatan secara tepat jika diindikasikan seorang pelanggan terkena suatu penyakit tertentu. (Wijaya, Andi, 1990)

5 Short message service (SMS) Menurut Baharuddin (2008) short message service (SMS) merupakan sebuah layanan yang banyak diaplikasikan pada system komunikasi nirkabel, memungkinkan dilakukannya pengiriman pesan dalam bentuk alphanumeric antara terminal pelanggan atau antara terminal pelanggan dengan sistem eksternal seperti, , paging, voice mail dan lain- lain. Isu SMS pertama kali muncul di belahan Eropa sekitar tahun 1991 bersama sebuah teknologi wireles yang saat ini banyak penggunanya yaitu Global System for Mobile Communication (GSM).

6 Karakteristik SMS Menurut Baharuddin (2008) SMS point-to-point menyediakan mekanisme untuk mengirimkan pesan pendek (short message) ke dan dari piranti bergerak. Layanan ini menggunakan SMS Center (SMSC) yang bertindak sebagai sistem simpan dan terusan (store and forward) untuk pesan pendek. Keberhasilan dan popularitas SMS antara lain disebabkan oleh : Harga per kirim tetap/ konstan. Apabila beban biaya telepon/ percakapan bervariasi, maka beban biaya kiriman SMS tetap. Keamanan dan kesopanan. Apabila kita hendak menggunakan telepon seluler di tempat umum, maka berbicara menggunakannya dirasakan tidak sopan dan kurang aman. Namun sebaliknya berkirim pesan dengan menggunakan SMS adalah lebih sopan dan privacy lebih terjaga. Tidak Mengganggu Penerima.

7 Cara Kerja SMS Menurut Baharuddin (2008) Short Messaging Service (SMS) merupakan salah satu fitur dari GSM yang dikembangkan dan distandarisasi oleh ETSI. Pada saat kita mengirim pesan SMS dari handphone, maka pesan SMS tersebut tidak langsung dikirim ke handphone tujuan, akan tetapi terlebih dahulu dikirim ke SMS Center (SMSC) dengan prinsip Store and Forward, setelah itu baru dikirimkan ke handphone yang dituju. Mekanisme utama yang dikerjakan dalam sistem SMS adalah melakukan pengiriman short message dari satu terminal pelanggan ke terminal yang lain. Hal ini dapat dilakukan berkat adanya sebuah entitas dalam sistem SMS yang bernama Short Message Sevice Center (SMSC) atau disebut juga message center (MC). SMSC merupakan sebuah perangkat yang melakukan tugas store and forward trafik short message. Di dalamnya termasuk penentuan atau pencarian rute tujuan akhir dari short message. Sebuah SMSC biasanya didesain untuk dapat menangani short message dari berbagai sumber seperti Voice Mail System (VMS), Web-Bassed Messaging, Integration, External Short Messaging Entities (ESME), dan lain-lain. Dalam interkoneksi dengan entitas dalam

8 Block Diagram SMS Reminder

9 Context Diagram

10 ERD

11 Program

12 KESIMPULAN Berdasarkan hasil evaluasi dari pembuatan sistem aplikasi reminder medical check-up memanfaatkan teknologi SMS, aplikasi dapat mengolah data dari sistem check-up pada Sistem Informasi Prodia (SISPRO) dan menghasilkan estimasi jadwal check-up medis berkala untuk pelanggan atau pasien. Dengan memanfaatkan teknologi Short message service (SMS) pada Aplikasi Reminder Medical check-up, hasil estimasi jadwal yang diperoleh dapat digunakan untuk mengingatkan pelanggan agar melakukan check-up medis berkala melalui SMS. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem aplikasi telah berhasil berfungsi sebagai alat bantu untuk mengingatkan pelanggan dalam melakukan check-up medis berkala melalui teknologi SMS. •

13 SARAN Adapun saran-saran yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang telah dibuat adalah sebagai berikut Aplikasi untuk mengirim SMS kepada pelanggan belum dapat mengetahui delivery report, sehingga dapat ditambahkan dengan metode yang dapat mengetahui delivery report dari pesan yang telah dikirim kepada pelanggan. Estimasi yang dikirim kepada pelanggan melakukan check-up medis berkala hanya dilakukan dengan menggunakan teknologi SMS saja, sehingga dapat dimungkinkan aplikasi dikembangkan dengan mengingatkan pelanggan untuk melakukan check-up medis berkala melalui . Hasil uji coba pengiriman SMS yang dilakukan pada BAB IV, dapat digunakan oleh Prodia Sidoarjo sebagai dasar pertimbangan dalam memilih operator telepon/handphone yang akan digunakan sebagai server. Untuk pengembangan aplikasi Reminder Medical check-up Memanfaatkan Teknologi SMS selanjutnya, disarankan agar ditambahkan modul clustering, yang berfungsi untuk mengirim pesan kepada pelanggan dengan menggunakan operator telepon yang sama dengan operator telepon pelanggan yang bersangkutan. Karena dengan mengirim operator yang sama, diharapkan SMS akan lebih cepat diterima pelanggan dan mengurangi potensi kegagalan dalam pengiriman pesan. Agar hasil estimasi lebih valid, disarankan agar proses update data dari SISPRO ke dalam aplikasi Reminder Medical check-up Memanfatkan Teknologi SMS dilakukan setiap ada perubahan history check-up medis pelanggan.

14 DAFTAR RUJUKAN Baharuddin, Layanan Penyedia Informasi Kredit UKM Berbasis SMS Gatway, Laporan Tugas Akhir, Tidak diterbitkan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. Gunawan, Ferry, Membuat Aplikasi SMS Gateway Server dan Client dengan Java dan PHP, Elex Media Komputindo, Jakarta. Herlambang, Soendoro dan Tanuwijaya, Haryanto, 2005, Sistem Informasi: Konsep, Teknologi, dan Manajemen, Graha Ilmu, Yogyakarta. Mursalin, Personal Reminder Jadual Mengajar Dosen PENS-ITS Menggunakan SMS Gatway, Laporan Tugas Akhir, Tidak diterbitkan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. Ramakrishnan, R. dan Gehrke, J., 2003, Sistem Manajemen Database, edisi ke tiga, Penerbit Andi, Yogyakarta. Rangkuti Freddy. Measuring Customer Satisfaction, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, Rulianto Heppy, Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Makanan Untuk Restoran Waralaba Cepat Saji Berbasis SMS Gateway, Laporan Tugas Akhir, Tidak diterbitkan, STIKOM Surabaya, Surabaya. Wijaya, Andi, Diagnosis Laboratik Penyakit Hati, Laboratorium Klinik Prodia. Jakarta.


Download ppt "Rancang Bangun Aplikasi Reminder Medical Check-Up Memanfaatkan Teknologi SMS pada Prodia Sidoarjo Oleh : Firmansyah Catur K (05410100282)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google