Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Aplikasi Pelacakan Lokasi Rute Perjalanan Mobil dengan GPS via SMS ANDREAS HANDOJO(1), FENNY HENDRAWATI(1),RESMANA LIM(2) (1)Jurusan Teknik Informatika.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Aplikasi Pelacakan Lokasi Rute Perjalanan Mobil dengan GPS via SMS ANDREAS HANDOJO(1), FENNY HENDRAWATI(1),RESMANA LIM(2) (1)Jurusan Teknik Informatika."— Transcript presentasi:

1 Aplikasi Pelacakan Lokasi Rute Perjalanan Mobil dengan GPS via SMS ANDREAS HANDOJO(1), FENNY HENDRAWATI(1),RESMANA LIM(2) (1)Jurusan Teknik Informatika (2)Jurusan Teknik Elektro Universitas Kristen Petra Siwalankerto 121 – 131, Surabaya. Fax :

2 Permasalahan Kebutuhan akan alat komunikasi yang memiliki fasilitas komunikasi dan penunjuk lokasi. Kebutuhan akan alat bantu untuk pemantauan rute perjalanan mobil, guna keperluan sekuriti transportasi.

3 Aplikasi Pelacakan Lokasi Rute Perjalanan Mobil dengan GPS via SMS Untuk keperluan penunjuk lokasi digunakan GPS Untuk keperluan alat komunikasi yang memiliki fasilitas komunikasi digunakan Hand Phone (menggunakan fasilitas SMS). Aplikasi Pelacakan Lokasi Perjalanan Mobil

4 Desain Sistem

5 Implementasi Hardware yang digunakan :   GPS receiver : GPS Garmin25 produksi Garmin International.   Notebook Toshiba Satellite : processor Intel Pentium4 1.7GHz, memory 256 MB, Sistem operasi Windows XP.   Handphone : Nokia   Koneksi antara GPS receiver dengan Notebook : kabel data serial (RS-232).   Koneksi antara PC dengan Handphone : kabel data Nokia standart.

6 Implementasi Software yang digunakan :   Aplikasi Sistem : Borland Delphi 7 dengan komponen TOxygenSMS.   Database Sistem : Microsoft Access XP. Peta yang digunakan : Peta Surabaya buatan PT. Enrique Indonesia 1999/2000 dengan skala 1:15.000

7 Implementasi Peta Surabaya PT. Enrique Indonesia Daerah uji coba aplikasi adalah daerah 45 dan daerah 55 (Surabaya Selatan).

8 Map Acquisition

9 Kotak Batas Jalan yang nantinya disimpan dalam database jalan

10 Fasilitas Aplikasi GPS Main Menu File Settings ViewAbout System Project Exit Log InLog Out Position Acquisition Map Calibration GPS Simulation GPS Communication Mapping

11 Map Calibration Rute Definition

12 Pengujian Penunjuk Posisi Terakhir Mobil Rute Jalan yang telah dilalui Mobil

13 Pengujian SMS SMS Response Informasi Posisi Mobil

14 Pengujian SMS SMS Response Warning Posisi Mobil Keluar Jalur Rute yang Ditentukan

15 Kesimpulan   Pengakuisisian dan pengkalibrasian batas-batas dari peta yang digunakan telah mampu dilakukan.   Aplikasi mampu menggabungkan fungsi alat komunikasi dan alat pelacak lokasi yaitu dengan data GPS, kemudian diproses untuk mendapatkan lokasi mobil dan mengkonfersikan lokasi mobil ke bentuk nama jalan dari lokasi mobil yang kemudian dikirimkan kepada handphone pengguna.   Sistem dapat mengirimkan lokasi mobil berupa nama jalan ke handphone pengguna secara berkala sesuai inputan dari pengguna.

16 Kesimpulan   Sistem dapat merespon dengan baik SMS request yang dikirimkan oleh handphone pengguna dengan mengirimkan SMS response.   Rute perjalanan dapat didefinisikan terlebih dahulu oleh administrator. Dan bila mobil keluar dari jalur rute yang telah didefinisikan, sistem dapat mengirimkan SMS warning ke handphone pengguna.   Kelemahan dari aplikasi adalah pengiriman SMS melalui operator GSM maka sukses tidaknya dan lama pengiriman SMS tergantung pada lalu lintas operator GSM yang digunakan. Hal ini coba ditengahi dengan cara tetap menyimpan data rute yang telah dilewati mobil pada database.


Download ppt "Aplikasi Pelacakan Lokasi Rute Perjalanan Mobil dengan GPS via SMS ANDREAS HANDOJO(1), FENNY HENDRAWATI(1),RESMANA LIM(2) (1)Jurusan Teknik Informatika."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google