Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Bentuk muka bumi sangatlah beragam.  Ada yang berbentuk dataran rendah,datran tinggi,pegunungan, parairan,padang rumput,hutan,padang pasir,dll.  Untuk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Bentuk muka bumi sangatlah beragam.  Ada yang berbentuk dataran rendah,datran tinggi,pegunungan, parairan,padang rumput,hutan,padang pasir,dll.  Untuk."— Transcript presentasi:

1  Bentuk muka bumi sangatlah beragam.  Ada yang berbentuk dataran rendah,datran tinggi,pegunungan, parairan,padang rumput,hutan,padang pasir,dll.  Untuk memahami berbagai macam bentuk muka bumi dalam area yang luas maka kita dapat menggunakan Peta.

2  Peta > Gambaran permukaan bumi pada bidang datar,dengan skala tertentu dan dilihat dari atas.  Unsur-unsur penting pada peta : 1. Judul peta5. Garis astronomis 2. Orientasi6. tahun dan sumber 3. Skala pembuatan 4. legenda

3  Jenis-Jenis peta : 1. Peta umum > - Peta yang menggambarkan seluruh obyek kenampakan.  2. Peta tematik(khusus) >  Peta yang hanya menggambarkan salah satu obyek kenampakan.

4 1. Deteksi > Pengamatan terhadap sebuah peta sehingga mendapatkan jenis-jenis obyek yang tergambarkan dalam peta tersebut. 2. Identifikasi > memberi ciri-ciri (karakter)terhadap obyek yang telah di deteksi. 3. Interpretasi > pengumpulan keterangan /penjelasan yang berkaitan dengan obyek yang sedang di amati.

5  Peta Topografi > Peta yang menggambarkan relief muka bumi.  Peta Kontur > Peta yang menggambarkan tinggi rendahnya permukaan bumi dengan menggunakan garis-garis kountour.  Peta Bathymetri > peta yang menggambar kan relief dasar laut dengan menggunakan garis isobath.

6  Garis kontur > Garis yang menghubungkan tempat dengan ketinggian yang sama.  Garis Isobath > garis yang menghubungkan tempat denga kedalaman yang sama.  Garis Isoline > Garis yang menghubungkan tempat dengan nilai yang sama.  Contoh : garis isobar,isoterm,isoyet.

7  Jarak antara satu garis kontur ke garis kontur berikutnya.  Rumus kontur interval : 1/2000 X Penyebut skala : Sebuah peta kontur dengan skla 1 : maka kontur intervalnya adalah…. = 1/2000 X = 250 m

8

9

10

11


Download ppt " Bentuk muka bumi sangatlah beragam.  Ada yang berbentuk dataran rendah,datran tinggi,pegunungan, parairan,padang rumput,hutan,padang pasir,dll.  Untuk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google