Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENYEDIAAN REFERENSI DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI PENGANTAR Apa ICT/TIK? - Information and Communication Technology (ICT) - Teknologi Informasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENYEDIAAN REFERENSI DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI PENGANTAR Apa ICT/TIK? - Information and Communication Technology (ICT) - Teknologi Informasi."— Transcript presentasi:

1

2 PENYEDIAAN REFERENSI DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI PENGANTAR Apa ICT/TIK? - Information and Communication Technology (ICT) - Teknologi Informasi dan Komunikasi - Hakikatnya: kompetensi untuk menggali, menyeleksi, mengolah dan mengkomunikasikan informasi (المعلومات) mengkomunikasikan informasi (المعلومات) Apa Fungsinya? -Alat/sarana/tools/devices untuk mengkomunikasikan informasi Perlukah sarana itu bagi dakwah Islam (الدعوة الإسلامية)? -Ya, karena: penyampaian tidak cukup hanya dengan “talk” dan “chalk” penyampaian tidak cukup hanya dengan “talk” dan “chalk” penyampaian menuntut akselerasi, akurasi dan otomasisasi penyampaian menuntut akselerasi, akurasi dan otomasisasi ilmu pengetahuan selalu berkembang ilmu pengetahuan selalu berkembang zaman sekarang adalah era globalisasi zaman sekarang adalah era globalisasi pemanfaatan fasilitas secara positif pemanfaatan fasilitas secara positif cerminan aktualisasi diri pendakwah cerminan aktualisasi diri pendakwah kejumudan (obsolescence) pendakwah kejumudan (obsolescence) pendakwah kemiskinan rujukan kemiskinan rujukan dll. dll.

3 PENYEDIAAN REFERENSI DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI PERLUNYA REFERENSI KEISLAMAN Keperluan akan referensi/rujukan yang berkualitas - rujukan dalam bahasa asli, bukan terjemahan - rujukan berupa karya ahli ilmu yang kompeten, dulu dan atau sekarang - rujukan diakui di dunia Islam - ketersediaan rujukan - keterjangkauan rujukan - kemudahan dalam penyampaian Pengelompokan bidang kajian yang memadai - Kajian keislaman meliputi banyak bidang keilmuan: tauhid, fiqih, ushulfiqih, akhlak, hadits, musthalah hadis, sirah, tarikh, adab (sastra), ilmu lughah (linguistik), nahwu, sharaf, balaghah, manthiq (logika), dll. - Bidang-bidang kajian dikelompokkan untuk pemula (المبتدئ), menengah (المتوسط) dan lanjut (المتقدم), atau pengelompokan lain sesuai dengan jenjang pendidikan - Diperlukan penyeleksian materi kajian oleh para ahli

4 PENYEDIAAN REFERENSI DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI KETERSEDIAAN RUJUKAN DI SITUS INTERNET Banyak WEBSITE penyedia rujukan: 1. مكتبة المشكاة ملتقى أهل الحديث صيد الفوائد طريق الإسلام جامعة الأزهر موقع المكتبة الشاملة صوت العرب روح الإسلام بوابة العرب الجامعة الإسلامية بالمدينة المنورة الإسلام للجميع المجروح المكتبة الوقفية المحدّث 15. dll.

5 PENYEDIAAN REFERENSI DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI PERPUSTAKAAN LENGKAP DIGITAL Program Perpustaan Lengkap Digital (المكتبة الشاملة), karya Dr. Nafi’, adalah program perpustakaan digital gratis, terbesar (mencapai 12,5 GB), dan terlengkap di antara semua rujukan yang tersedia di Internet. Versi terakhir, 2.11, telah saya pak dan kompilasi menjadi 5 CD installer, sehingga bisa diinstal dengan mudah di komputer, desktop atau laptop, pada pertengahan bulan Desember 2007 ini. Konten Maktabah Syamilah yang dikompilasi: buku rujukan lengkap dan sebagian besarnya diberi indeks (untuk yang 5 CD), untuk rincian klik di sini buku rujukan dan sebagian besarnya belum diberi indeks (untuk yang 3 CD), untuk rincian klik di sini rujukan (untuk yang 1 CD) Maktabah ini dapat ditambah isinya dengan buku-buku baru.

6 PENYEDIAAN REFERENSI DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI SEKILAS TENTANG SHAMELA 2.11 Tampilan yang ditayangkan di sini adalah Maktabah Syamilah V 2.11 yang 5 CD. Tampilan pertama pada waktu kita membuka


Download ppt "PENYEDIAAN REFERENSI DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI PENGANTAR Apa ICT/TIK? - Information and Communication Technology (ICT) - Teknologi Informasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google